Sapa Masyarakat Madiun dan Sekitarnya, Gubernur Khofifah Serahkan Bansos kepada 519 PM

  • 4766 view
  • dinsos jatim

Jatim Newsroom - Setelah menyapa masyarakat di sejumlah kabupaten/kota, kini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, menyapa masyarakat Madiun dan sekitarnya di Kantor Bakorwil Madiun, Jl. Pahlawan No.31, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Selasa (19/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Provinsi Jatim itu menyerahkan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada 519 penerima manfaat (PM). Rinciannya, bansos Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) dan alat bantu mobilitas berupa kursi roda kepada 10 orang penyandang disabilitas, bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Plus untuk 10 PM lansia, bansos kemiskinan ekstrem bagi 138 PM dari Kab. Madiun dan 54 PM dari Kab. Magetan, bansos wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) kepada 10 PM, dan bansos Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kepada 10 PM. 

Diserahkan pula BLT DBHCHT (Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) kepada 30 buruh pabrik rokok lintas wilayah di Jatim dari Nganjuk dan Ngawi, serta bantuan zakat produktif kepada 100 orang pengusaha ultra mikro. Semua bansos tersebut disalurkan secara cash transfer melalui Bank Jatim.

Selanjutnya, sebagai apresiasi kepada pilar sosial serta dukungan untuk penanganan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), Gubernur Khofifah didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Dra Restu Novi Widiani MM juga menyerahkan tali asih kepada 18 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan 20 orang Tagana, serta bantuan transportasi kepada 89 Pendamping Sosial PKH Plus Kab. Madiun.

Dalam kesempatan yang sama, diserahkan pula BLT Dana Desa secara simbolis kepada perwakilan warga Kab. Madiun. Selain menerima bansos dan tali asih, semua PM dan pilar sosial juga menerima paket sembako dari Gubernur Jatim.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Anggota Komisi E DPRD Jatim, Walikota Madiun, Bupati Madiun, Kepala Bakorwil Madiun, Kepala OPD Pemprov Jatim, Bank Jatim, pimpinan BUMD Provinsi Jatim, Forkopimda Kabupaten/Kota Madiun, serta perwakilan PT HM Sampoerna.

Gubernur Khofifah menyampaikan, pihaknya ingin memaksimalkan penyaluran bansos bisa tuntas di bulan September. Kepada masyarakat yang hadir, Gubernur Khofifah berpesan untuk tetap menjaga persaudaraan.  “Tolong tetap dijaga seduluran,” pesannya. 

Sunarsih Fatmawati, orang tua dari Nazwa Aulia Hasana (10), salah satu penerima bantuan kursi roda merasa sangat terharu menerima bantuan ini. Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat untuk mendukung mobilitas anaknya sehari-hari.

Biasanya, saat dia mengajar mengaji di musala, Sunarsih hanya bisa membaringkan putrinya. Tapi, dengan adanya kursi roda ini putrinya bisa duduk dengan nyaman.

“Terima kasih banyak, Ibu Gubernur, atas bantuannya. Selain kursi roda, kami juga menerima bantuan ASPD dari Gubernur. Semoga Ibu Gubernur diberikan keberkahan dalam hidupnya dan mendapatkan rezeki yang banyak,” tuturnya penuh haru. 

Rasa bahagia juga dirasakan Juair (73), penerima bantuan PKH Plus dari Kab. Madiun. “Remen sanget (senang sekali, red),” ujarnya sambil tersenyum.

Juair menjelaskan, bantuan PKH Plus ini sangat membantu dirinya dan keluarga. Apalagi dia sudah tidak bisa bekerja dan harus merawat istrinya yang menderita gangguan jiwa.

“(Bantuannya) akan saya gunakan untuk membeli beras, bayar listrik, dan kebutuhan rumah tangga lainnya,” ungkapnya.

Usai menyerahkan bansos, Gubernur Khofifah mengadakan pasar murah di halaman Kantor Bakorwil Madiun. Pasar murah yang digelar kali ke-17 ini pun diserbu masyarakat. Gubernur Khofifah menyebut, pasar murah ini merupakan upaya sinergis Pemerintah Provinsi Jatim untuk stabilisasi harga sembako.

“Di pasar murah kami menyediakan sembako dengan harga di bawah harga pasar untuk memberikan bantalan sosial kepada masyarakat agar kebutuhan pokok mereka bisa terjangkau. Ini kami lakukan di beberapa titik, berseiring dengan program kami. Karena di malam ini ada sosialisasi untuk ASN Pemprov Jatim di Bakorwil Madiun,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim itu.(her/s)

#dinsos jatim



Berita Terkait
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial
Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya