Rakornas KPI 2023, KPID Terus Wujudkan Siaran Sehat Bagi Masyarakat Jawa Timur

  • 3795 view
  • KPID Jatim

Jatim Newsroom - Komisioner Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Jawa Timur menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPI 2023 yang di laksanakan pada 10 - 13 Agustus 2023 di Bintan, Kepulauan Riau. 

Ketua KPID Jawa Timur, Immanuel Yosua, Minggu (13/8/2023) mengungkapkan, bahwa rakornas KPI kali ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang menghasilkan beberapa kebijakan dalam rangka penguatan kelembagaan dan fungsi KPI baik Pusat maupun Daerah. KPI dinilai memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan penyiaran di Indonesia di era digital.

Lebih lanjut mengenai tindak lanjut dari Rakornas yang diikuti, Yosua menyatakan, hasil dari rakornas ini menjadi dasar dan penguatan kelembagaan bagi KPID Jatim dan juga optimalisasi peran KPID Jatim dalam mewujudkan siaran sehat bagi masyarakat Jawa Timur.

Selain itu, pengawasan penyiaran saat ini tidak sederhana karena digitalisasi sudah masuk ke segala segmen kehidupan. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari saat memberikan arahan dalam pembukaan Rakornas). 

Menurut Abdul Kharis, lembaga penyiaran yang bekerja dengan keras dalam rangka memajukan penyiaran di Indonesia. Namun, saat ini lembaga penyiaran mendapat tantangan hebat dari platform digital dan juga layanan over the top (OTT), yang kita kenal sebagai penyiaran media baru.

“Mereka bekerja dengan sangat simple dan sederhana tapi mampu masuk dalam dunia siaran Indonesia dengan demikian masif,” ujarnya.

Dalam pembukaan, Ketua KPI Pusat, Ubaidillah, sempat menyampaikan pesan sastra melayu Gurindam Dua Belas yang menceritakan kemampuan Raja Ali Haji dalam meneropong jauh ke depan atas kehidupan bermasyarakat. Merefleksikan Gurindam Dua Belas pada penyelenggaraan penyiaran, ujar Ubaidillah, penyiaran harus dapat membentuk karakter bangsa lewat konten hiburan dan juga pengayaan wawasan. 

“Sehingga isi siaran tidak sekadar tontonan tapi juga dapat menjadi tuntunan bagi kehidupan masyarakat,” pungkasnya.

Rakornas KPI 2023 juga dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad yang menjadi tuan rumah rangkaian Rakornas KPI 2023. Ansar turut mengucapkan apresiasi atas kepercayaan KPI Pusat memilih Kepri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakornas KPI dan Rangkaian Harsiarnas ke-90 dengan tema "Dari Perbatasan Wujudkan Siaran Ramah, Bermartabat, dan Berbudaya".

"Tentunya bagi kami ini menjadi suatu keberkahan untuk memperkenalkan Kepri lebih jauh dan luas ke seluruh pelosok Tanah Air," ujar Ansar.

Untuk informasi, kegiatan Rakornas KPI 2023 di hadiri oleh seluruh komisoner KPI pusat dan 33 KPID se-Indonesia. Seluruh komisioner Jawa Timur hadir dalam perhelatan nasional tersebut. 

Selain Ketua KPID Jatim Immanuel Yosua, ada pula Wakil Ketua KPID Jatim Dian Ika Riani, Koordinator Bidang Pengelolaan Sistem dan Struktur Sistem Penyiaran Afif Amrullah (PS2P), Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran (PIS) Sundari, Koordinator Bidang Kelembagaan Royin Fauziana, Komisioner Bidang PS2P Habib M. Rohan, dan Komisioner  Bidang PIS Romel Masykuri.(red)

#KPID Jatim



Berita Terkait
Jelang Pemilu 2024, KPID Jatim Ingatkan Banyaknya Jebakan di Media Sosial
Jelang Pemilu 2024, KPID Jatim Ingatkan Banyaknya Jebakan di Media Sosial

22 September 2023
#KPID Jatim

Selengkapnya
Perkuat Lembaga Penyiaran, KPID Jawa Timur Gelar Akademi P3SPS
Perkuat Lembaga Penyiaran, KPID Jawa Timur Gelar Akademi P3SPS

15 September 2023
#KPID Jatim

Selengkapnya
Kadis Kominfo Jatim: Lembaga Penyiaran Penting untuk Diseminasi Hasil Pembangunan
Kadis Kominfo Jatim: Lembaga Penyiaran Penting untuk Diseminasi Hasil Pembangunan

14 September 2023
#Kadis Kominfo Jatim,KPID Jatim,sherlita,Lembaga penyiaran

Selengkapnya
KPID dan Relawan TIK Siap Dukung Program Pemprov Jatim
KPID dan Relawan TIK Siap Dukung Program Pemprov Jatim

12 September 2023
#Diskominfo Jatim,KPID Jatim,relawan TIK,sherlita

Selengkapnya
Kadis Kominfo Jatim: Lembaga Penyiaran Perlu Lakukan Transformasi Digital
Kadis Kominfo Jatim: Lembaga Penyiaran Perlu Lakukan Transformasi Digital

13 Juli 2023
#Diskominfo Jatim,transformasi digital,KPID Jatim,relawan TIK,Lembaga penyiaran

Selengkapnya