Peksos Dinsos Jatim Sinau Bareng Suko Widodo

  • 14924 view
  • dinsos jatim

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan semangat pekerja sosial (Peksos) sebagai garda terdepan penanganan permasalahan sosial, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan  Membingkai Praktik Baik (Pekerja Sosial) melalui Komunikasi Publik. Kegiatan ini diikuti oleh 120 pekerja sosial, dengan pemateri Pakar Komunikasi Universitas Airlangga, Suko Widodo, Kamis (7/9/2023). 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Restu Novi Widiani, mengatakan, para peksos perlu dibekali motivasi dan pesan moral agar kembali menggairahkan pekerjaan yang mereka jalani serta menjawab tantangan permasalahan sosial saat ini. 

"Ini pertama kali saya sampaikan ke mereka dan saya ingin memberikan motivasi pada  mereka agar bekerja lebih dibandingkan sebelumnya. Seiring pengalaman saya, peksos harus ada rasa penasaran, harus selalu ada perubahan, hingga harus memiliki pencapaian dan rasa kepuasan, " kata Novi. 

Ia juga menyampaikan, dengan melihat peta sumberdaya manusia di Dinsos Jatim, maka banyak yang akan purna dan banyak lowongan untuk mengisinya. Maka, kini saatnya meregenerasi pada mereka (pekerja sosial) untuk bisa mengisi pekerjaan yang lowong. 

"Saat pekerja sosial menduduki pada pekerjaan itu, maka saya ingin mereka mendapatkan dengan profesionalisme yang terjaga dan mengajak Dinsos menjadi lembaga yang diperhitungkan. Sesuai tagline yang disampaikan Pakar Komunikasi Unair Suko Widodo, kita tidak hanya dikenal sebagai penyalur bantuan tetapi juga dikenal sebagai penyalur nilai," paparnya. 

Novi juga mengapresiasi adanya peksos yang sudah mulai terlihat dari karyanya yang turut dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Provinsi Jawa Timur.  "Terbukti juga peksos dibawah arahan Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (RSBG) Tuban berhasil meraih  Juara Ill Ideathon, yang merupakan kompetisi ide terhadap pelayanan publik nasional yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB dan USAID Indonesia. UPT RSBG Tuban berhasil usai bersaing dengan 608 Ideathon hebat dari seluruh Indonesia, " katanya. 

Adanya pencapaian yang diraih Peksos UPT RSBG Tuban Dinsos Jatim ini, Novi berencana akan memberikan apresiasi agar nantinya peksos lainnya juga lebih bersemangat. "Jika semua peksos bisa seperti itu dalam pencapaiannya, maka  mereka akan membawa Dinsos Jatim sebagai lembaga yang diperhitungkan dan lebih berdampak pada masyarakat," imbuhnya. 

Di sisi lain, Novi juga mengatakan, Peksos tidak harus menghabiskan waktu di dalam seperti ASN, PTT, tenaga kasar dan lainnya. "Peksos lebih diharapkan untuk  bekerja di luar panti, dimana akan banyak masalah yang  memerlukan penanganan hingga penyelesaian permasalahan. Jadi  tidak hanya  bertugas di UPT, melalui Jatim Sosial Care maka peksos menjadi komandan dalam penjangkauan penanganan, pemulihan dan pemberdayaa, " tuturnya. 

Sedangkan Pengamat Sosial Universitas Airlangga, Suko Widodo, mengatakan, problem sosial akan selalu meningkat eskalasinya. "Sehingga penyelesaiannya tidak bisa menggunakan cara lama atau biasa. Namun caranya harus luar biasa dan kreatif, " katanya. 

Ia juga mengatakan, perhatian negara harus lebih serius terhadap solusi problema sosial. "Penyelesaian tidak hanya melalui Dinsos saja, namun seluruh lapis seperti pentahelix harus mampu mengkonstruksi  problema sosial agar hasilnya mendukung  terhadap penyelesaian problema sosial, " katanya. 

Ia juga berpesan agar peksos harus merevolusi diri dan mau selalu belajar tiada henti seta percaya diri, sehingga nantinya mereka bisa memaksimalkan kemampuannya menyelesaikan  permasalahan sosial. 

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Kepala UPT dilingkungan Dinsos Jatim beserta peksos Selain itu juga hadir Sekretaris Dinsos Jatim Yusmanu. (her/s)

#dinsos jatim



Berita Terkait
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial
Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya