Gubernur Soekarwo Terima Special Award PWI Jatim

  • 26 view

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meraih penghargaan kategori Special Award dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jatim. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat, H Margiono, dengan disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Penghargaan ini diberikan dalam puncak acara Peringatan Hari Pers Nasional dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jatim ke-71 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/3).
    Penghargaan “Special Award” ini diberikan kepada Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim, atas perannya memimpin Jatim sehingga provinsi ini berhasil meraih berbagai prestasi tingkat nasional, baik dari pemerintah pusat maupun lembaga-lembaga swasta. Beberapa penghargaan yang diterima Pemprov Jatim diantaranya Juara Umum dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016, dan lima penghargaan berhasil diraih dalam Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016.
    Dalam penghargaan inovasi pelayanan publik tersebut, secara keseluruhan, Pemprov Jatim berhasil menjadi yang terbaik dari total 2.476 inovasi yang dilombakan. Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras Gubernur Soekarwo membawa Pemprov Jatim untuk terus berinovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik.
    Penghargaan lainnya adalah BKN Award 2016, dimana Jatim meraih Juara II kategori pemerintahan provinsi sebagai pengelola kepegawaian terbaik instansi pusat dan daerah. Selain itu, pada awal Tahun 2017 ini, Pakde Karwo juga berhasil meraih penghargaan Astha Brata Madya Utama Pamong Praja dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Penghargaan ini diberikan karena kepemimpinan Pakde Karwo yang berhasil membawa kemajuan di Jatim.
    Menerima penghargaan ini, Pakde Karwo sangat terharu hingga sempat menitikkan air mata. “Tidak ada lagi yang bisa saya sampaikan selain ucapan terima kasih, terima kasih untuk semua, terima kasih juga untuk isteri saya,” ucapnya sambil terbata-bata usai menerima penghargaan itu.
    Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga menerima penghargaan Anugerah Prapanca Agung yang diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang pertama kalinya diberikan oleh PWI Jatim kepada tokoh nasional.
    Sebagai putera asli Jatim, SBY dinilai memiliki konsistensi dalam menerapkan nilai-nilai prinsip demokrasi dan kebebasan pers. SBY juga dinilai konsisten, telaten, dan sabar dalam memimpin negara ini. Selain itu, SBY mampu menjalin komunikasi yang baik dengan insan pers.
    “Saya sungguh bangga, bersyukur dan berbahagia menerima penghargaan dari PWI Jatim ini. Semoga penghargaan ini menjadi bagian dari perjalanan hidup saya, anak Pacitan, yang ingin berbuat terbaik bagi bangsa dan negara. Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan karena berkenan mengundang saya. Semoga media makin dedikatif dan kontributif bagi negara tercinta ini”, katanya.
    Dalam sambutannya, SBY menekankan pentingnya demokrasi. Menurutnya banyak definisi tentang demokrasi, tapi secara sederhana, demokrasi itu kekuatan, kedaulatan, suara dan kemerdekaan rakyat. Demokrasi yang baik adalah dimana rakyatnya sungguh berdaulat, suaranya didengar dan rakyat tidak takut berbicara. Kemudian demokrasi yang membuat Indonesia makin maju, adil, aman, damai dan stabil. “Semua ini untuk kepentingan rakyat. Untuk itu dalam konteks ini semboyan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat juga berlaku,” katanya.
    Pers dan media, lanjut SBY, adalah pilar demokrasi, penegak kebenaran dan keadilan. Pers meyuarakan suara rakyat, mengontrol jalannya pemerintahan dan menyejahterakan rakyat. Agar demokrasi makin hidup dan berkualitas, maka pemberitaan pers harus obyektif dan faktual, bukan hoax dan fake news. “Tidak ada pers yang bebas dari partisan, selalu ada keberpihakan, tapi jangan terlalu partisan,” pesannya.
    Di akhir, SBY mengingatkan bahwa ada Pekerjaan Rumah atau PR yang harus diselesaikan. Yakni mengembalikan marwah pers sebagai pilar demokrasi. “Saya yakin setiap ada kesulitan selalu ada solusi. Yang diperlukan saat ini adalah kesadaran, kemauan dan keberanian kita untuk melakukan kebaikan bagi bangsa dan negara ini,” tuturnya.
    PWI Jatim setiap tahun memberikan penghargaan berupa PWI Jatim Award kepada mereka yang dinilai memiliki prestasi terbaik di bidangnya masing-masing.
    Khusus tahun ini, tokoh nasional yang mendapat penghargaan tersebut adalah pengusaha sukses asal Surabaya sekaligus pemilik Mayapada Group Dato Sri Tahir, serta anggota DPR RI asal Fraksi Partai Golkar Ridwan Hisjam.
    Sementara itu, PWI Jatim juga memberi apreasiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh Jatim dari kalangan pemerintah daerah, koorporasi dan perusahaan, tokoh pers dan sosial budaya.
    Nama tokoh yang mendapat penghargaan adalah Gubernur Jatim Soekarwo, Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Heru Tjahjono, Kepala SKK Migas Jabanusa Ali Masyhar, Ketua APTRI Arum Sabil, mantan Ketua PITI Bambang Suyanto, CEO Surabaya Pagi Tatang Istiawan, dan wartawan senior Amak Syariffudin.(sti)



Berita Terkait
Indeks SPBE Capai 3,62, Pemprov Jatim Terus Geliatkan Pelayanan Publik yang Cepat, Efisien, Berbasis Digital
Indeks SPBE Capai 3,62, Pemprov Jatim Terus Geliatkan Pelayanan Publik yang Cepat, Efisien, Berbasis Digital

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Apresiasi Gudang Biomassa PT Ajinomoto dan Dorong Percepatan Transisi Energi
Gubernur Khofifah Apresiasi Gudang Biomassa PT Ajinomoto dan Dorong Percepatan Transisi Energi

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Kendalikan Inflasi, Gubernur Khofifah Terus Gelar Pasar Murah di Berbagai Daerah
Kendalikan Inflasi, Gubernur Khofifah Terus Gelar Pasar Murah di Berbagai Daerah

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Sepanjang 2021-2023, Angka Kecelakaan Kerja di Jatim Menurun
Sepanjang 2021-2023, Angka Kecelakaan Kerja di Jatim Menurun

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Festival Mangrove Jatim

Selengkapnya