Diskop-UKM Jatim Beri Pelatihan Optimalisasi Penggunaan WA Bisnis dan Tiktok

  • 4352 view
  • setda

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan untuk meningkatkan wawasan para pelaku K-UKM terkait strategi pengembangan usaha, Kamis (17/11/2022), di kantor Diskop-UKM Jatim. 

Pelatihan tersebut berupa pelatihan singkat IT entrepeneur dengan tema “Optimalisasi Penggunaan WA Bisnis dan Tiktok". Peserta yang hadir ada sebanyak 25 orang dari pusat Koperasi Purna Wirawan Republik Indonesia (PWRI) Jawa Timur dan pelaku K-UKM yang telah mendaftar secara daring. 

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Dian Natale bersama Tim-East Java Super Coridor di Bakorwil III Malang. Ia menjelaskan kiat-kiat pemanfaatan Whatsapp dan TikTok untuk menunjang pemasaran secara digital. Dian memberikan tips Fitur WA Bisnis, yaitu Profil Bisnis, Katalog Produk, Salam, Pesan di Luar Jam Kerja, serta Balas Cepat dan Label.

Mewakili Kepala Diskop-UKM Jatim, Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop-UKM Jatim, Susanti Widyastuti menuturkan bahwa saat pandemi Covid-19 berlangsung di 2 (dua) tahun terakhir, UKM yang terdampak cukup berat masih tetap bisa melakukan kegiatan dengan baik, dengan melakukan pemasaran melalui online tanpa harus membuka lapak ataupun offline. 

Ia menerangkan, kontribusi UMKM pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur sebesar 57,81 persen. Ini memberikan peluang Jawa Timur untuk semakin bangkit dan perekonomian kembali pulih. 

“Untuk itu, kegiatan yang merupakan wujud sinergitas Diskop-UKM Jatim dan DPRD Jatim ini diharapkan memberikan manfaat bagi para peserta dan mengantarkan UKM Jawa Timur semakin naik kelas,” terangnya.

Adapun Analis Kebijakan Ahli Muda, Diskop-UKM Jatim, Dwi Setyawati, menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk mengembangkan usaha koperasi. Peserta juga dapat memahami manfaat pengenalan media sosial dalam pengembangan usaha. 

“Peserta pun bisa memahami strategi dalam meningkatkan produk, cara pemasaran digital, menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas, serta sebagai sarana efektif dan mampu mempromosikan produk,” kata Dwi. (idc/n)



Berita Terkait
Sendra Tari ‘Panji Sumirang’, Jadi Puncak The ASEAN Panji Festival 2023
Sendra Tari ‘Panji Sumirang’, Jadi Puncak The ASEAN Panji Festival 2023

23 Oktober 2023
#Sekdaprov Jatim,ASEAN,Disbudpar Jatim,budaya,Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur,Setdaprov Jatim,Panji,budaya panji,ASEAN Panji Festival

Selengkapnya
Daging Ayam Ras, Sumbang Deflasi Terbesar di Januari 2023
Daging Ayam Ras, Sumbang Deflasi Terbesar di Januari 2023

10 Februari 2023
#setda,jatim,bpsjatim

Selengkapnya
10 Besar Komoditas Penyumbang Inflasi Jatim, dari Bensin hingga Sewa Rumah
10 Besar Komoditas Penyumbang Inflasi Jatim, dari Bensin hingga Sewa Rumah

10 Februari 2023
#setda,jatim,bpsjatim

Selengkapnya
BLK Surabaya Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi
BLK Surabaya Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

10 Februari 2023
#setda,disnakertrans

Selengkapnya
Kepala BPS Jatim Bandingkan Inflasi Januari 2023 dengan Ibu Kota Lain di Jawa
Kepala BPS Jatim Bandingkan Inflasi Januari 2023 dengan Ibu Kota Lain di Jawa

10 Februari 2023
#setda,jatim,bpsjatim

Selengkapnya