Diskop-UKM Jatim Beri Pelatihan Optimalisasi Penggunaan WA Bisnis dan Tiktok

  • 619 view
  • setda

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan untuk meningkatkan wawasan para pelaku K-UKM terkait strategi pengembangan usaha, Kamis (17/11/2022), di kantor Diskop-UKM Jatim. 

Pelatihan tersebut berupa pelatihan singkat IT entrepeneur dengan tema “Optimalisasi Penggunaan WA Bisnis dan Tiktok". Peserta yang hadir ada sebanyak 25 orang dari pusat Koperasi Purna Wirawan Republik Indonesia (PWRI) Jawa Timur dan pelaku K-UKM yang telah mendaftar secara daring. 

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Dian Natale bersama Tim-East Java Super Coridor di Bakorwil III Malang. Ia menjelaskan kiat-kiat pemanfaatan Whatsapp dan TikTok untuk menunjang pemasaran secara digital. Dian memberikan tips Fitur WA Bisnis, yaitu Profil Bisnis, Katalog Produk, Salam, Pesan di Luar Jam Kerja, serta Balas Cepat dan Label.

Mewakili Kepala Diskop-UKM Jatim, Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop-UKM Jatim, Susanti Widyastuti menuturkan bahwa saat pandemi Covid-19 berlangsung di 2 (dua) tahun terakhir, UKM yang terdampak cukup berat masih tetap bisa melakukan kegiatan dengan baik, dengan melakukan pemasaran melalui online tanpa harus membuka lapak ataupun offline. 

Ia menerangkan, kontribusi UMKM pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur sebesar 57,81 persen. Ini memberikan peluang Jawa Timur untuk semakin bangkit dan perekonomian kembali pulih. 

“Untuk itu, kegiatan yang merupakan wujud sinergitas Diskop-UKM Jatim dan DPRD Jatim ini diharapkan memberikan manfaat bagi para peserta dan mengantarkan UKM Jawa Timur semakin naik kelas,” terangnya.

Adapun Analis Kebijakan Ahli Muda, Diskop-UKM Jatim, Dwi Setyawati, menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk mengembangkan usaha koperasi. Peserta juga dapat memahami manfaat pengenalan media sosial dalam pengembangan usaha. 

“Peserta pun bisa memahami strategi dalam meningkatkan produk, cara pemasaran digital, menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas, serta sebagai sarana efektif dan mampu mempromosikan produk,” kata Dwi. (idc/n)



Berita Terkait
Sekdaprov Adhy Karyono Ajak Samakan Persepsi dan Gerak Langkah Wujudkan PRB di Jatim
Sekdaprov Adhy Karyono Ajak Samakan Persepsi dan Gerak Langkah Wujudkan PRB di Jatim

28 November 2022
#setda

Selengkapnya
Diskominfo Jatim Raih Penghargaan Anugerah Media Humas 2022
Diskominfo Jatim Raih Penghargaan Anugerah Media Humas 2022

28 November 2022
#setda

Selengkapnya
Sekdaprov Adhy Apresiasi Capaian Keberhasilan Kabupaten/Kota Dalam Penanganan PMK
Sekdaprov Adhy Apresiasi Capaian Keberhasilan Kabupaten/Kota Dalam Penanganan PMK

28 November 2022
#setda

Selengkapnya
Diskominfo Jatim Adakan Rapat Budaya Kerja Keamanan Informasi bagi Perangkat Daerah
Diskominfo Jatim Adakan Rapat Budaya Kerja Keamanan Informasi bagi Perangkat Daerah

28 November 2022
#setda

Selengkapnya
BPS Jatim Catat Perkembangan Impor Nonmigas dari Beberapa Negara Asal
BPS Jatim Catat Perkembangan Impor Nonmigas dari Beberapa Negara Asal

28 November 2022
#setda

Selengkapnya