BPS Jatim Catat Statistik Ekspor Impor 2022

  • 5767 view
  • ekspor,impor,BPS Jatim

Jatim Newsroom - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat Statistik Ekspor dan Impor Provinsi Jawa Timur 2022. Publikasi rutin tahunan ini diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan data ekonomi khususnya data statistik ekspor dan impor Provinsi Jawa Timur.

Mengutip laman resmi BPS Jatim, Jumat (11/8/2023), mengenai ekspor, memuat data ekspor barang yang dimuat di pelabuhan-pelabuhan Provinsi Jawa Timur pada tahun 2022.

Kepala BPS Jatim, Zulkipli menerangkan, data ekspor disajikan berdasarkan sektor migas dan non migas, pelabuhan muat, kelompok barang dan jenis barang, negara tujuan, serta dirinci berdasarkan berat bersih (kilogram/kg) dan nilai Free On Board (USD).

Kelompok dan jenis barang pada publikasi ini, lanjutnya, digolongkan berdasarkan Harmonized System (HS) yang dikeluarkan oleh World Customs Organization (WCO).

Data yang disajikan merupakan hasil pengolahan Badan Pusat Statistik dari dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan dokumen non PEB.

Adapun mengenai statistik impor, kondisi impor Provinsi Jawa Timur dapat dipergunakan untuk membuat suatu analisis ekonomi, sehingga menghasilkan berbagai kebijakan yang bermanfaat.

Kepala BPS Jatim menjelaskan, publikasi ini memuat data impor Provinsi Jawa Timur tahun 2022, yang disajikan menurut negara asal, pelabuhan utama, kelompok barang dan jenis barang, serta berat bersih dan nilai Cost Insurance Freight (CIF).

Dalam publikasi ini, katanya, jenis barang digolongkan berdasarkan Harmonized System (HS). Data yang disajikan merupakan hasil pengolahan Badan Pusat Statistik RI dari dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB).

"Kepada semua pihak yang telah membantu penerbitan publikasi ini disampaikan terima kasih. Kami masih mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan publikasi ini di masa mendatang," ujar Kepala BPS Jatim.

Sebagai informasi, selengkapnya dapat diakses di laman resmi BPS Jatim https://jatim.bps.go.id/publication.html. (idc/s)

#ekspor #impor #BPS Jatim



Berita Terkait
BPS Jatim Catat Data Manufaktur hingga Ekspor Impor di September 2023
BPS Jatim Catat Data Manufaktur hingga Ekspor Impor di September 2023

23 Oktober 2023
#ekspor,impor,BPS Jatim,data manufaktur

Selengkapnya
Ekspor dan Impor Jatim Didominasi Perdagangan Barang dan Jasa Antarnegara
Ekspor dan Impor Jatim Didominasi Perdagangan Barang dan Jasa Antarnegara

19 Juli 2022
#ekspor,impor,BPS Jatim

Selengkapnya