Wagub Emil Serap Aspirasi Warga Tenggir Lumbang

  • 14255 view
  • Emil Elestianto Dardak,Wakil Gubernur Jatim

Jatim Newsroom - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, bersilaturahmi dengan warga masyarakat Dusun Tenggir, Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Senin (24/4/2023) malam.

Pada kesempatan tersebut Wagub Emil panggilan akrabnya itu secara langsung berdialog dengan masyarakat dan menyerap beberapa aspirasi yang datang langsung dari masyarakat.

"Ini pulang bawa PR yang harus saya kerjakan. Mohon doanya semoga bisa diselesaikan, walaupun tidak langsung tuntas tapi harus dicicil supaya kita semakin baik pelayanan masyarakat dan ekonomi setempat," Kata Wagub Emil di akhir dialognya bersama warga.

Ia ini menjelaskan, di daerah yang merupakan jalur wisata Gunung Bromo ini ternyata masih memiliki banyak tugas atau PR yang harus diselesaikan dari berbagai sektor yang berbeda.

Ia mencatat tidak kurang dari 7 hal yang memang harus segera dicari solusinya agar dapat memberikan dampak positif bagi warga sekitar.
Ia mengatakan, masalah pertama yang harus diatasi adalah jaringan internet. Ia mengaku saat memasuki wilayah ini ia sempat kehilangan sinyal akan tetapi kemudian muncul kembali.

Hal ini menunjukkan bahwa jaringan internet belum merata di wilayah Kecamatan Lumbang Kab. Probolinggo. Padahal menurutnya saat ini hal tersebut sudah menjadi kebutuhan yang bisa mendorong masyarakat memiliki pengetahuan, pendidikan dan perekenomian lebih baik. Karena bagi penjual bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan dan para siswa juga bisa mengakses banyak ilmu dan pengetahuan melalui jaringan internet yang tersedia.

"Bukan untuk senang-senang tapi untuk membantu kalau ada UMKM mau jualan, di Cikal anak-anak mau sekolah itu bisa mengakses jadi walaupun sporadis ada yang masih sinyalnya Blank Spot tapi ada yang ini nanti tentu kita saya akan kontak kepala Telkomsel untuk nitip mengecek ini masalahnya apa," jelasnya.

Kemudian, lanjut Wagub Emil, masyarakat Dusun Tenggir Desa Lumbang adalah mayoritas petani tetapi banyak diantara mereka yang bisa mendapatkan akses pupuk bersubsidi. Sementara pupuk adalah kebutuhan pokok bagi petani.

"Masalah rdkk masalah pupuk nanti coba kita cek ke dinas pertanian situasi di sini," ujarnya.

Lalu, di sela-sela dialog interaktif dengan masyarakat tiba-tiba aliran listrik padam. Hal ini menjadi atensi khusus Wagub Jatim terlebih saat dikonfirmasi ke warga ternyata hal seperti ini sering terjadi .

"Tadi sempat mati lampu, nah ini nanti juga akan saya sampaikan ke Pak Lasiran atau Bupati setempat bagaimana pasokan listrik disini," tukasnya.

Tidak berhenti di masalah pasokan listrik, Wagub Emil juga menemukan permasalahan di sektor pendidikan. Ia menyebut bahwa sekolah SMK di wilayah Kecamatan Lumbang ini pun Gedungnya masih meminjam. Kemudian jurusan SMKnya juga tidak sesuai dengan potensi dan kearifan lokal di desa ini.

Tak hanya itu, ia juga menyebut, banyak anak-anak usia sekolah yang tidak menuntaskan pendidikannya sampai ke jenjang SMA-SMK. Hal ini tentu menjadi persoalan yang harus segera diatasi.

Wagub Emil juga memastikan bahwa ia dan Gubernur Khofifah bersama Dinas Pendidikan Jatim juga tengah berupaya menyediakan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau untuk semua. Ia juga menyampaikan Ibu Gubernur dan Dinas Pendidikan sedang terus membangun sebuah sistem pendidikan yang lebih baik di Jawa Timur.

"Nanti saya langsung sampaikan ke gubernur sampaikan juga Kepala Dinas Pendidikan supaya bisa ada tempat yang baik untuk SMK, jadinya biar nggak numpang," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ia juga menyoroti kondisi Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa milik Desa Lumbang ini. Ia berharap Bumdes disini bisa menjadi sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya.

"Bumdesnya seperti apa, nanti akan kita dorong supaya bisa lebih baik, kita punya klinik BumDes yang nanti Bu Kades dan Pak camat bisa berkonsultasi bagaimana membuat Bumdesnya berkembang lebih baik dan maju," tuturnya.

Selain itu, Wagub Emil juga menyinggung pemanfaatan lahan hutan dimana Desa Lumbang ini berada di daerah kawasan hutan. Ia mengatakan jika hubungan masyarakat Dusun Tenggir Desa Lumbang ini sudah memiliki hubungan yang baik dengan LMDH di wilayah ini.

"Nanti saya cek, setelah ini Kepala Dinas Kehutanan pengajuannya kecamatan lumbang Desa lubang Sudah sampai mana ya supaya bisa lancar," ucapnya.

Terakhir ia menyebut masalah terkait stunting. Ia berpesan bahwa stunting masih menjadi hal yang harus diselesaikan bersama karena stunting ini antisipasinya justru sejak fase remaja putri sampai pada masa ibu hamil.

"Oleh karena itu pemerintah ini mencoba memiliki dukungan kepada ibu-ibu hamil jangan sampai kekurangan darah ya, jangan sampai nutrisinya kurang dan kalau sudah nutrisinya baik adalah ya bagaimana kemudian ini bisa maksimal," tegasnya.

Wagub Emil berharap silaturahmi yang dilakukan dengan cukup sederhana bersama warga Dusun Tenggir Desa Lumbang Kecamatan Lumbang Kab. Probolinggo ini bisa menjadi titik awal membuat Desa Lumbang dan masyarakatnya lebih baik dari berbagai aspek kehidupan.

Silaturahmi bersama warga Dusun Tenggir Desa Lumbang Kecamatan Lumbang Kab. Probolinggo ini ditutup dengan pembagian paket sembako kepada masyarakat yang hadir.

"Sekali lagi terima kasih dan kami akan juga bahas dengan Bupati mengenai hal-hal yang tadi," tutupnya. (red)



Berita Terkait
Wagub Emil Bahas Keuangan Daerah dalam Dialog Tingkat Tinggi UCLG-UNCDF
Wagub Emil Bahas Keuangan Daerah dalam Dialog Tingkat Tinggi UCLG-UNCDF

09 Oktober 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wakil Gubernur Jatim

Selengkapnya
Wagub Jatim: Sosok Pemimpin Muda Ideal adalah Berani, Konsisten, Peduli
Wagub Jatim: Sosok Pemimpin Muda Ideal adalah Berani, Konsisten, Peduli

06 Oktober 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wakil Gubernur Jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Dampingi Wapres Resmikan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Ponpes Al-Anwar Bangkalan
Wagub Emil Dampingi Wapres Resmikan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Ponpes Al-Anwar Bangkalan

04 September 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wakil Gubernur Jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Sebut Eksistensi Pepabri Jadi Pilar Penting Bangun Nasionalisme
Wagub Emil Sebut Eksistensi Pepabri Jadi Pilar Penting Bangun Nasionalisme

07 Agustus 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wakil Gubernur Jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Pimpin Perumusan Strategi Transformasi Digital Bersama Kepala Daerah Negara ASEAN
Wagub Emil Pimpin Perumusan Strategi Transformasi Digital Bersama Kepala Daerah Negara ASEAN

03 Agustus 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wakil Gubernur Jatim

Selengkapnya