UPTD Puskesmas Janti dan dokter mata RSU Saiful Anwar Beri Penyuluhan Kesehatan di RSBN Malang

  • 841 view
  • edukasi

Jatim Newsroom - RSBN kedatangan tim dari UPTD Puskesmas Janti dan dokter mata dari RSU Saiful Anwar dalam rangka memberikan penyuluhan kesehatan kepada para Penerima Manfaat, Rabu (29/12/2021). Dalam penyuluhan tersebut materi yang diberikan adalah pengetahuan atau edukasi tentang penyakit scabies dan cara penanggulangannya, PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), serta tentang penyakit mata konjungtivitis.

Pada materi pertama tentang penyakit scabies yang diberikan oleh salah satu nara sumber dari puskesmas Janti yaitu Chairunisa Roosmandasari, S.Trkes. Dijelaskannya, Scabies atau yang lebih akrab disapa dengan kudis merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh masuknya tungau kecil ke dalam lapisan kulit luar.

Scabies dapat menular dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia. Tungau dapat disebarkan melalui sentuhan langsung dengan pengidap, atau secara tidak langsung melalui baju, handuk, bantal, air, atau barang-barang pribadi lainnya yang telah terkontaminasi.

Penanganan atau pencegahan scabies yaitu harus selalu menjaga kebersihan diri dengan baik dengan rajin mandi dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik. Kebersihan diri yang terjaga dengan baik akan menghindari kamu dari penyakit yang disebabkan oleh kuman, virus, bakteri, dan parasit. Sementara itu pada materi kedua yang dipaparkan  tim dari universitas negeri malang Jentaria tampubolon menjelaskan tentang tujuan utama dari PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat serta  Manfaat PHBS. "Yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu pada materi terakhir dari dokter mata RSU Saiful Anwar oleh dr. Tifany kusuma menjelaskan tentang konjungtivitis atau mata merah adalah iritasi atau peradangan pada konjungtiva yang menutupi bagian putih bola mata. Kondisi ini dapat disebabkan alergi atau infeksi bakteri atau virus.

Ka. UPT RSBN Malang Firdaus Sulistijawan berharap dengan adanya penyuluhan edukasi ini menambah wawasan kepada para PM netra sehingga mereka bisa lebih kuat dalam memproteksi dirinya sendiri dan selalu menjaga kesehatan,dan juga selalu menjaga kebersihan di dalam wisma dan lingkungan sekitar. (her/n)



Berita Terkait
Tim Museum Penerangan Kenalkan Museum yang Inklusif, Informatif, Komunikatif, dan Bersistem Digital
Tim Museum Penerangan Kenalkan Museum yang Inklusif, Informatif, Komunikatif, dan Bersistem Digital

26 Oktober 2023
#komunikasi dan informatika,Kementerian Kominfo RI,Dinas Kominfo Jatim,Museum Penerangan,wisata edukasi

Selengkapnya
Kepala DP3AK Jatim : Remaja Perlu Mendapatkan Edukasi Kespro
Kepala DP3AK Jatim : Remaja Perlu Mendapatkan Edukasi Kespro

18 April 2022
#DP3AK,jatim,edukasi,kespro

Selengkapnya
Pelajar di Banyuwangi Terus Didorong Berinovasi
Pelajar di Banyuwangi Terus Didorong Berinovasi

31 Desember 2021
#edukasi

Selengkapnya