Upaya Preventif, Pelayanan Kesehatan Tradisional Diberikan pada Masyarakat Kangean Sumenep

  • 3979 view
  • dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur

Jatim Newsroom – Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep juga memberikan pelayanan kesehatan tradisional, akupresur dan akupunktur. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Ninis Herlina Kiranasari menerangkan pelayanan kesehatan tradisional ini merupakan upaya pelayanan preventif dan promotif. 

“Pelayanan kesehatan tradisional ini pada prinsipnya adalah pelayanan untuk pencegahan. Jadi preventif promotif yang menunjang keluhan-keluhan atau penyakit penyerta lainnya. Bukan tindakan yang bisa memberikan penyembuhan langsung tapi sifatnya supporting,” jelasnya. 

Ia pun memberikan contoh untuk pasien hipertensi. “Misal pasien hipertensi sudah mendapat terapi konvensional dengan obat yang rutin dari dokter, tetapi ada penunjang yang akan mendukung aliran darah menjadi lebih lancer atau hambatan aliran bisa diperkecil dengan akupresur dan akupuntur. Bisa juga ditambahi dengan herbal misal dengan tanaman obat keluarga, dan lain-lain,” terang dr. Ninis. 

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 91 tenaga kesehatan (nakes) mengabdi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep dari tanggal 26 hingga 29 Oktober 2023. Lokasi pelayanan dipusatkan di Rumah Sakit Abuya Kangean, Puskesmas Arjasa, dan Kantor Kecamatan Arjasa.

Ada sebanyak 720 kasus yang memerlukan pelayanan atau tindakan medis dengan rincian: 411 kasus kesehatan mata, 209 kasus tindakan bedah, 65 kasus kesehatan gigi, dan 35 kasus kesehatan kandungan. 

Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur telah diadakan sejak 2019. Kini, tercatat masyarakat yang telah mendapatkan layanan sebanyak 8.642 orang yang tersebar di beberapa pulau di Jawa Timur.

Pelayanan kesehatan yang diberikan, antara lain sesuai permasalahan kondisi setempat serta kesehatan spesialistik. Seperti bedah, obgyn/kandungan, mata, dan gigi. Juga pelayanan kesehatan tradisional dengan akupresur dan akupuntur, serta peningkatan kompetensi tenaga kesehatan rumah sakit dan pengelola program puskesmas.

Adapun nakes yang digerakkan dalam pelayanan ini berasal dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, RS Mata Masyarakat Provinsi Jatim, RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya, RSUD M. Noer Pamekasan, RSUD M. Anwar Sumenep, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dan Profesi Nakestrad.

Selain itu didukung Tim Kesehatan pulau Kangean antara lain RSUD Kangean, Puskesmas Arjasa, dan Puskesmas Kangayan. Adapun tim yang terlibat antara lain Dokter Spesialis Mata, Bedah, Anestesi, Obgyn, Bedah Mulut, Gigi, lalu Dokter Umum & Gigi. Selain dokter, juga ada perawat, bidan, petugas farmasi, serta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) bedah, mata, dan anestesi. (idc/s)



Berita Terkait
Dinkes : Fasilitas Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim di Pulau Kangean Aman
Dinkes : Fasilitas Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim di Pulau Kangean Aman

31 Oktober 2023
#dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur

Selengkapnya