Tingkatkan Kinerja, Diskominfo Jatim Gelar Pembinaan Bagi Seluruh Pegawai

  • 3305 view
  • DiskominfoJatim

Jatim Newsroom – Guna meningkatkan kinerja semakin berkualitas, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) memberikan pembinaan bagi seluruh pegawai, yang dilangsungkan di Ruang Anjasmoro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Senin (15/5/2023).

Pembinaan tersebut diikuti seluruh pegawai Dinas Kominfo Jatim, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), PPPK, maupun seluruh stafnya, dengan mendatangkan pembicara seorang motivator dan dosen dari Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Umi Dayati.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai yang hadir atas kinerja baiknya selama ini.

“Alhamdulillah kita berkumpul hari ini, bersama-sama akan belajar membawa Dinas Kominfo menjadi dinas yang kompak, lebih baik, dan lebih CETTAR lagi ke depannya. Maka, kita mengundang Bu Umi sebagai narasumber dalam acara kita hari ini, untuk memaparkan materinya mengenai peningkatan kinerja seluruh ASN, maupun pegawai dan staf di Dinas Kominfo Jatim,” tutur Sherlita.

Lebih lanjut Sherlita menjelaskan, pembinaan ini diadakan agar seluruh pegawai meningkatkan kinerjanya sehingga dapat membawa Dinas Kominfo Jatim menjadi dinas yang dapat diperhitungkan keberadaannya.

“Artinya agar kehadiran Dinas Kominfo Jatim ini selalu ditunggu. Baik ditunggu oleh perangkat daerah lain di Pemprov Jatim, maupun pimpinan kita yakni Gubernur Jawa Timur beserta Wakilnya dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur. Jadi, kita harus belajar bersama dalam kegiatan pembinaan ini, demi peningkatan kualitas kinerja kita,” jelasnya.

Sherlita menilai, Dinas Kominfo Jatim ini adalah dinas yang strategis, karena selalu hadir pada acara apapun di lingkup Pemprov Jatim.

“Selama lima bulan ini, Alhamdulillah banyak perubahan yang terjadi di Kominfo Jatim. Menurut saya perubahannya lebih baik, karena terbukti banyak yang menyampaikan kepada saya, Kominfo sekarang keren banyak karyanya. Maka, Saya atas nama pribadi dan semuanya, mengucapkan terima kasih kepada teman – teman yang sudah berinovasi dan menyumbangkan idenya untuk mengembangkan Kominfo lebih baik lagi,” tukasnya.

Dengan kegiatan pembinaan ini, Sherlita berharap semoga menjadi titik awal perubahan Kominfo agar lebih baik. “Walaupun sebelumnya sudah baik, sekarang kita akan menuju lebih baik lagi. Karena saya tidak sendirian, ada Sekretaris, Kabid, dan Bapak/Ibu sekalian, jadi ayo bersama-sama kita tingkatkan kualitas kinerja kita,” harap Sherlita.

Kepada seluruh pegawai pun, Sherlita berpesan agar saling menjaga dan saling menghormati. “Selain itu, sebagai sebuah keluarga, kita di Dinas Kominfo Jatim ini, harusnya saling sayang. Kalau sudah ada rasa menjadi keluarga, maka semuanya akan lebih mudah sama-sama meningkatkan kinerja kita,” pesannya.

Sementara itu, Prof. Dr. Umi Dayati, seorang motivator yang hadir sebagai pembicara dalam pembinaan ini, menyampaikan beberapa motivasinya kepada seluruh pegawai Dinas Kominfo Jatim agar senantiasa semangat meningkatkan kinerjanya.

“Orang yang berhasil dalam kehidupannya adalah orang yang pandai bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan. 85 persen keberhasilan dan kesuksesan itu berasal dari sikap mental bukan semata-mata kepandaian,” kata Prof. Umi.

Dalam meningkatkan kualitas kinerja, Prof. Umi menyebutkan ada 13 faktor penambah motivasi di dalamnya. Yakni, nutrisi, istirahat, penghargaan, tantangan, persahabatan, kebajikan, keamanan, kekuasaan, kebebasan, lingkungan fisik maupun psikis, ungkapan kreatif, maupun kebermakanaan.

“Motivasi kerja itu dapat ditularkan bukan diajarkan. Agar dapat menularkan, anda harus mengidap motivasi kerja yang baik lebih dahulu, jadilah role model contoh baik bagi yang lainnya, agar motivasi menjadi lebih baik dapat tertular,” pungkasnya.

Usai diadakan pembinaan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyambutan dan perpisahan beberapa pejabat ASN Eselon III dan IV di Dinas Kominfo Jatim yang turut dilantik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu.

Pejabat ASN Eselon III yang di lantik di Diskominfo Jatim ialah, Suharlina Kusumawardani yang sebelumnya menjabat Sekretaris BPBD Jatim, kini mengemban amanah baru menjadi Sekretaris Dinas Kominfo Jatim. Selain itu, Gugi Alifrianto Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Sub. Koord. Pengendalian Infrastruktur TIK di Dinas Kominfo Jatim sekarang naik mengemban tugas bari sebagai Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur TIK.

Sedangkan eselon III yang dipindahkan dari Diskominfo Jatim, ialah Edi Supaji yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfo Jatim selanjutnya mengemban tugas sebagai Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Dan staf Redaksi Bidang Informasi Publik, Unon Septi Wiwoho, mengemban tugas baru menjadi Kasubbag TU di UPT Museum Mpu Tantular Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. (vin/s)



Berita Terkait
Pemprov Jatim Bersiap Penilaian Statistik Sektoral 2023
Pemprov Jatim Bersiap Penilaian Statistik Sektoral 2023

20 Juni 2023
#DiskominfoJatim

Selengkapnya
Study Komparasi Pelaksanan ASO, DPRD Kab Madiun Kunjungi Diskominfo Jatim
Study Komparasi Pelaksanan ASO, DPRD Kab Madiun Kunjungi Diskominfo Jatim

03 April 2023
#diskominfojatim,madiun,ASO,DPRD

Selengkapnya
Pantau Aktivitas Penerima Manfaat, Diskominfo Jatim Kunjungi UPT RSBN Malang
Pantau Aktivitas Penerima Manfaat, Diskominfo Jatim Kunjungi UPT RSBN Malang

02 Februari 2023
#dinsosjatim,diskominfojatim

Selengkapnya
Kepala Diskominfo Jatim Bangun Sinergi dengan Diskominfo Sorong
Kepala Diskominfo Jatim Bangun Sinergi dengan Diskominfo Sorong

26 Januari 2023
#diskominfojatim,diskominfosorong

Selengkapnya
Kunjungi Kominfo Jatim, Jember Dikusi Layanan SP4N LAPOR!, KIM dan PPID
Kunjungi Kominfo Jatim, Jember Dikusi Layanan SP4N LAPOR!, KIM dan PPID

25 Januari 2023
#diskominfojatim

Selengkapnya