Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tuntas Tunaikan Tugas

  • 3193 view
  • dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak

Jatim Newsroom - Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak Provinsi Jawa Timur di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep telah tuntas menunaikan tugas.

Sejak 26 Oktober 2023 lalu, Pelayanan spesialistik yang diberikan berupa tindakan operasi katarak, pterigium, bedah sesar, pengangkatan tumor, tindakan gigi dan operasi bedah mulut yang dilakukan oleh para dokter spesialis Bedah, Kandungan, Anak, Anestesi, Bedah mulut dan Neurologi.

Dalam exit conference, Sabtu (28/10/2023), Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Ninis Herlina Kiranasari menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, RS Abuya Kangean, Puskesmas Arjasa, dan seluruh tenaga kesehatan yang bergabung dalam Yankes Bergerak kali ini. 

"Terima kasih atas tenaga dan pengabdian yang sudah diberikan. Terima kasih atas kekompakan dan solidaritas. Semoga menjadi sebuah kenangan terindah. Mudah-mudahan tidak berhenti di sini, tapi di kesempatan berikutnya, di kepulauan lainnya," ujarnya.

dr. Ninis menjelaskan, selain pelayanan upaya kesehatan perorangan (UKP), Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim ini juga memberikan pelayanan upaya kesehatan masyarakat (UKM) melalui pemberdayaan-pemberdayaan terkait stunting, Penyakit TBC dll. 

"Ada juga pendampingan untuk persiapan akreditasi RS dan puskesmas berupa sharing knowledge dan peningkatan kompetensi. Kami dari Dinas Kesehatan provinsi sangat mendukung dan mohon pendampingan yang intens dari Dinkes Sumenep untuk akreditasi RS Abuya supaya mutu pelayanannya semakin menjadi baik," harapnya. 

Tak lupa, Ia juga menggarisbawahi segala hal yang tidak sejalan dengan perencanaan akan menjadi bahan evaluasi agar pelaksanaan selanjutnya lebih baik. 

"Kemudian Pelayanan Kesehatan Bergerak ini juga pembelajaran bagi kita. Kita bisa merasakan sense-nya bagaimana saudara-saudara kita yang ada di kepulauan ini bisa merasakan akses pelayanan kesehatan yang sama dengan kita yang ada di kota," tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subbagian Hukum, Kepegawaian, dan Umum, Dinkes Sumenep, Husaini turut menyampaikan terima kasih kepada tim Yankes Bergerak dan Dinkes Jatim. 

"Terima kasih sudah luar biasa bekerja untuk masyarakat kami. Mudah-mudahan kehadiran panjenengan semua akan membawa warna baru Pulau Kangean. Terima kasih juga atas segala masukan dan bahan evaluasi, akan segera kami tindaklanjuti," tuturnya.

Kepala Subbagian Tata Usaha, RS Abuya Kangean, Fahmi pun menambahkan permohonan maaf atas segala pelayanan dan hidangan yang diberikan selama Pelayanan Kesehatan Bergerak berjalan. "Terhadap segala hal yang kurang berkenan selama di Kepulauan Kangean, atas layanan kami mudah-mudahan tidak membuat Bapak Ibu sekalian jera untuk kembali ke sini," katanya. (idc/hjr)



Berita Terkait
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean

26 Oktober 2023
#dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak

Selengkapnya
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean

26 Oktober 2023
#dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak

Selengkapnya