Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean

  • 5554 view
  • dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak

Jatim Newsroom – Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur telah tiba di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Kamis (26/10/2023), setelah diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dari Gedung Negara Grahadi Surabaya. 

Sebanyak 91 tenaga kesehatan (nakes) akan mengabdi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep hingga hari Minggu, 29 Oktober 2023 nanti. Lokasi pelayanan dipusatkan di Rumah Sakit Abuya Kangean, Puskesmas Arjasa, dan Kantor Kecamatan Arjasa.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Ninis Herlina Kiranasari mengatakan penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bergerak adalah wujud dari kehadiran pemerintah terhadap pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah kepulauan. 

“Akhirnya kita tiba. 720 kasus sudah menanti kita, sudah memerlukan pelayanan atau tindakan medis. Selamat bertugas. Mudah-mudahan kegiatan ini mendapat kemudahan, kelancaran, ridho, dan tercatat sebagai ibadah untuk kita semua,” jelasnya. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Sumenep, Slamet Boedihardjo, berharap Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur ini mampu memberikan pelayanan terbaik. Apalagi, lanjutnya, kegiatan ini merupakan bentuk kehadiran Pemprov Jatim dan Pemkab Sumenep kepada masyarakat. 

“Masyarakat sangat mendambakan karena sangat sulit bertemu dengan Bapak/Ibu sekalian yang memiliki kompetensi dan kualifikasi. Sebaliknya, Bapak/Ibu sekalian juga bisa mengaplikasikan ilmu kepada masyarakat. Semoga kita semua dalam mengerjakan tugas ini senantiasa dalam keadaan sehat,” tuturnya. 

Sebagai informasi, Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur telah diadakan sejak 2019. Kini, tercatat masyarakat yang telah mendapatkan layanan sebanyak 8.642 orang yang tersebar di beberapa pulau di Jawa Timur.

Pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain sesuai permasalahan kondisi setempat serta kesehatan spesialistik. Seperti bedah, obgyn/kandungan, mata, dan gigi. Juga pelayanan kesehatan tradisional dengan akupresur dan akupuntur, serta peningkatan kompetensi tenaga kesehatan rumah sakit dan pengelola program puskesmas.

Adapun nakes yang digerakkan dalam pelayanan ini berasal dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, RS Mata Masyarakat Provinsi Jatim, RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya, RSUD M. Noer Pamekasan, RSUD M. Anwar Sumenep, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dan Profesi Nakestrad.

Selain itu, didukung Tim Kesehatan pulau Kangean antara lain RSUD Kangean, Puskesmas Arjasa, dan Puskesmas Kangayan. Adapun tim yang terlibat antara lain Dokter Spesialis Mata, Bedah, Anestesi, Obgyn, Bedah Mulut, Gigi, lalu Dokter Umum & Gigi. Selain dokter, juga ada perawat, bidan, petugas farmasi, serta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) bedah, mata, dan anestesi. (idc/s)



Berita Terkait
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tuntas Tunaikan Tugas
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tuntas Tunaikan Tugas

31 Oktober 2023
#dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak

Selengkapnya
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean
Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Tiba di Pulau Kangean

26 Oktober 2023
#dinas kesehatan,Kangean,Sumenep,kesehatan,Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak

Selengkapnya