Tahun 2023, BPSDM Jatim Kembali Buka Program ASN Belajar

  • 32058 view
  • setda,jatim,sekda

Jatim Newsroom – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur kembali menjalankan program rutinan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu program ASN Belajar. Kali ini merupakan webinar seri ke satu di tahun 2023 dengan tema "Memahami Peraturan BKN Nomor 11 tahun 2022 Tentang Pembinaan Kepegawaian Jabatan Fungsional".

Beberapa narasumber yang diundang di Webinar ini antara lain, Deputi Bidang Pembinaan Manajeman Kepegawaian BKN Haryomo Dwi Putranto, Asisten Deputi (Asdep) Perancangan Jabatan Perencanaan dan Pengadaan Aparatur KemenPAN RB Aba Subagja, serta Kepala BKD Provinsi Jawa Timur Indah Wahyuni yang kali ini diwakilkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Pengadaan, Pengolaan Data dan Sistem Informasi BKD Jawa Timur Hasyim Asyhari.

Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai, dalam sambutan pembukanya menyampaikan, di awal tahun 2023 ini, BPSDM Jawa Timur melaksanakan kembali program ASN Belajar, dimana di tahun 2022 lalu telah dilaksanakan program ASN Belajar selama satu tahun penuh yaitu sebanyak 48 seri.

“48 seri ini telah diikuti oleh para ASN di seluruh Indonesia sebanyak 653 ribu para ASN. Sungguh sangat luar biasa ternyata para ASN kita minatnya untuk mengembangkan kompetensi, menambah  ilmu pengetahuan sangat tinggi pada kesempatan ini,” jelasnya, Kamis (19/1/2023).

Melihat atensi yang sangat luar biasa di tahun 2022 lalu, lanjut Aries, para ASN di seluruh Indonesia pada kesempatan tahun 2023 ini, BPSDM Jawa Timur terus mencoba dengan memunculkan program ASN Belajar kembali.

“Dengan seri – seri yang InsyaAllah akan menarik kita semua untuk mengikutinya yang dipandu oleh BPSDM Jawa Timur. Hari ini kita mengikuti seri pertama di tahun 2023 bulan Januari tepatnya tanggal 19 Januari, tentunya kita berharap dari seri pertama ini akan memberikan motivasi para ASN kita untuk terus mengembangkan kompetensinya di dalam tugas dan tanggung jawabnya melaksanakan berbagai hal kegiatan dan juga tugas pokok fungsi sebagai ASN,”terang Aries.

Aries mengatakan, selain para ASN sibuk bekerja dengan tugasnya masing – masing, tentunya mereka sadar bahwa mereka juga butuh pengembangan kompetensi. Menurutnya, BPSDM Jawa Timur melihat kompetensi para ASN sudah sangat luar biasa. Oleh sebab itu, perlu dilakukan review dan peningkatan pada beberapa program yang dilaksanakan seperti program ASN Belajar ini.

“ASN Belajar tentunya tidak hanya untuk sebagai formalitas buat para ASN kita di seluruh Indonesia tapi ini tentunya akan berdampak terhadap indeks profesionalitas ASN dimana pun saudara – saudara bertugas,”kata Aries.

Lebih lanjut dikatakan pula oleh Aries, bahwa berbagai materi yang akan disampaikan mulai dari seri 1 sampai dengan seri 48 nanti di tahun 2023 ini tentunya berdasarkan masukan maupun informasi dari para ASN yang menginginkan pengembangan kompetensi di bidang – bidang tertentu.

“InsyaAllah BPSDM Jawa Timur menyiapkan berbagai formulasi di setiap serinya dengan para narasumber dan tema – tema yang menarik. Kami berharap Bapak Ibu sekalian sobat ASN di seluruh Indonesia betul – betul dapat mengikuti ASN Belajar ini dengan baik bukan hanya karena ingin mendapatkan sertfikat tapi juga memang ingin mengembangkan kompetensinya didalam menjalankan tugas pokok fungsi masing – masing,” tutur Aries.

Aries menambahkan, pada program ASN Belajar ini juga akan diberikan motivasi kepada para ASN di seluruh Indonesia dengan berbagai award yang juga diberikan kepada ASN. “Yaitu, pertama mungkin di setiap seri kita akan memberikan gift dan juga pada seri nanti yang terakhir 48, kami akan memberikan penghargaan bagi ASN yang aktif di ASN Belajar ini dengan mengirim beasiswa pelatihan di luar negeri oleh Ibu Gubernur Jawa Timur,”imbuhnya.

Aries juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para ASN yang mengikuti program ASN Belajar mulai dari seri 1 sampai dengan seri 48 nanti. “Tentunya kita berharap semangat dari para ASN untuk melakukan reformasi birokrasi tematik yang telah di canangkan Kemenpan RB dapat kita laksanakan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama dan Negara ini dapat maju terus dan menyejahterakan masyarakatnya,”ucapnya.

Aries juga mengucapkan terima kasih para narasumber pada seri ke satu program ASN Belajar karena sudah berkenan meluangkan waktunya untuk program ini.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Pengadaan, Pengolaan Data dan Sistem Informasi BKD Jawa Timur, Hasyim Asyhari, sebagai salah satu narasumber dalam webinar kali ini menjelaskan materinya mengenai Pembinaan Kepegawaian Jabatan Fungsional. Ia mengatakan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini sudah ditetapkan sebanyak 638 jabatan pelaksana dan 103 jabatan fungsional.

“Di dalamnya kami juga mengatur bagaimana karirnya jabatan pelaksana dan arah karirnya jabatan fungsional,” ujar Hasyim.

Hasyim mengungkapkan, terkait dengan karir jabatan fungsional yang diatur oleh Permenpan Nomor 13 tahun 2019 dan di Peraturan BKN nomor 11 tahun 2022, maka Pemprov Jawa Timur berencana merevisi Pergub Nomor 82 tahun 2017 tentang Jabatan Pelaksana dan Jabatan Fungsional di Pemprov Jawa Timur.

“Diharapkan dari revisi Pergub ini nantinya akan semakin memberikan ketenangan maupun profesionalisme dan memberikan kepastian jaminan karir jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya. (vin/s)



Berita Terkait
UPT Koperasi dan UKM Jatim Beri Pelatihan Digital Marketing melalui Website
UPT Koperasi dan UKM Jatim Beri Pelatihan Digital Marketing melalui Website

26 Januari 2023
#setda,jatim,sekda

Selengkapnya
Ekspor Nonmigas Jatim di Desember 2022 sebesar 94,79%
Ekspor Nonmigas Jatim di Desember 2022 sebesar 94,79%

24 Januari 2023
#setda,jatim,sekda ,bpsjatim

Selengkapnya
Sekdaprov Jatim Bahas Ekosistem Open Government
Sekdaprov Jatim Bahas Ekosistem Open Government

19 Januari 2023
#setda,jatim,sekda

Selengkapnya
UPT Koperasi dan UKM Jatim Jelaskan Pemanfaatan Modal Koperasi
UPT Koperasi dan UKM Jatim Jelaskan Pemanfaatan Modal Koperasi

18 Januari 2023
#setda,jatim,sekda

Selengkapnya
UPT Koperasi dan UKM Jatim Adakan Pelatihan Permodalan dan Perhitungan SHU
UPT Koperasi dan UKM Jatim Adakan Pelatihan Permodalan dan Perhitungan SHU

18 Januari 2023
#setda,jatim,sekda

Selengkapnya