Sekdaprov Adhy Karyono Harapkan Kepala OPD Terus Optimalkan Pengembangan Kinerja

  • 2213 view
  • sekdaprovjatim,AdhyKaryono

Jatim Newsroom - Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Jawa Timur Adhy Karyono berharap Kepala OPD beserta jajarannya terus meningkatkan dan mengoptimalkan pengembangan kinerja di lingkungan provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menginstruksikan kepada jajaran Pemprov Jatim untuk memberikan pelayanan publik yang prima, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pada masyarakat.

"Sudah beberapa hari ini banyak sekali yang didapat di sini oleh seluruh pejabat di tingkat pratama dan juga sekretaris yang membawa kewenangan di birokrasi Jatim," ujar Adhy saat menutup kegiatan Refreshment Manajemen Pemerintahan Tahun 2023 di lingkungan Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di Grand Mercure Hotel Malang, Jumat (13/1/2023).

Sebagai informasi, Refreshment Manajemen Pemerintahan Tahun 2023 yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 11-13 Januari 2023 tersebut menghadirkan beberapa narasumber berkompeten.

Diantaranya yakni, Praktisi Teknologi Informasi Ainun Najib, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Erwan Agus Purwanto, Mantan Menteri BUMN RI dan Mantan Direktur PLN Dahlan Iskan, Akademisi dan Praktisi Bisnis Prof Rhenald Kasali dan lain sebagainya. Menariknya, pembelajaran bagi Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim ini dikemas dengan diskusi dan tanya jawab.

"Dari beberapa narasumber kita mendapat hasil dan manfaat luar biasa. Karena yang dihadirkan bukan sembarangan, hampir semuanya orang terkenal dengan berbagai macam legacynya," ujar Adhy.

"Ini semangat yang baik untuk mengawali tahun 2023," imbuhnya.

Sekdaprov Adhy berharap, pengalaman dan ilmu yang diberikan oleh Narasumber dapat membantu jajaran Pemprov Jatim untuk dapat diimpelementasikan dalam praktek dilingkungan pejabat OPD. Sehingga, hal ini semakin dapat mengimplementasikan visi misi Gubernur-Wagub Jatim untuk mewujudkan Nawa Bhakti Satya.

"Kita berusaha menyamakan dan mengutamakan niat baik. Menyatukan pikiran bagaimana secara ikhlas berkontribusi pada masyarakat Jawa Timur," kata Adhy.

Selain itu dirinya berharap, pada forum ini masing-masing pimpinan instansi di lingkup Pemprov Jatim dapat menyatukan visi dan misi menjadi sebuah aksi, sesuai dengan yang instruksi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim sesuai dengan kontrak kinerja yang diinginkan yakni dapat meningkat secara optimal.

"Kemudian koordinasi kerjasama baik internal OPD maupun eksternal serta stakeholder terkait. Masih banyak tantangan kita mengenai menjaga kolaborasi dengan baik," tandasnya.

Forum yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim tersebut, dikatakan Sekda Adhy, secara langsung memberikan power personality yang diharapkan pula dapat menambah kepercayaan diri masing-masing Kepala OPD. Tidak hanya pada forum lokal dan nasional melainkan pula pada forum internasional.

"Bahwa pejabat Jatim adalah pejabat kelas dunia," imbuhnya.

Menanggapi tantangan Pemprov Jatim kedepan, dirinya tak memungkiri jika hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh global dan teknogi. Dimana menurutnya, didalamnya juga termasuk dalam tantangan di sektor budaya yang berpengaruh pada kebiasaan.

"Salah satu yang harus diubah, yakni kita harus menuju kepemimpinan strategis utamanya digital leadership. Serta berpikir strategis, membaca data akurat, sehingga menjadikan sebuah informasi yang menjadi acuan untuk memutuskan kebijakan sesuai dengan data yang akurat. Itu bekal kita," tekannya.

Sekdaprov Adhy juga menekankan, untuk mencapai hal tersebut diperlukan semangat belajar yang baik dari individu maupun pejabat di lingkup Pemprov Jatim agar kinerja tersebut dapat terukur dan berkembang.

"Belajar tentu bisa ditentukan dari bidang manapun agar bisa berkembang dengan baik, sehingga dapat memenuhi tuntutan masyarakat," pesannya. (non)



Berita Terkait
Kemenkes RI Bersedia Hibahkan Bangunan Seluas 15.065 m2 kepada Dinkes Jatim
Kemenkes RI Bersedia Hibahkan Bangunan Seluas 15.065 m2 kepada Dinkes Jatim

10 Januari 2023
#sekdaprovjatim,AdhyKaryono

Selengkapnya