PT YEMI Raih Juara Umum Penghargaan Kompetisi 5R/5S Perusahaan di Jawa Timur Tahun 2023

  • 55145 view
  • disnakertrans

Jatim Newsroom - PT Yamaha Electronics Manufacturing Indonesia (YEMI) meraih Juara Umum dalam Penghargaan Kompetisi 5R/5S Perusahaan di Jawa Timur Tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo pada Direktur PT YEMI,Briljan Gazalba, di Mercure Grand Mirama Surabaya, Selasa (10/10). 

Perusahaan tersebut memgikuti lima kategori area yang dikompetisikan,  dengan hasil tiga medali emas kategori Area Kantor, Produksi dan Lingkungan, dan mendapatkan dua medali perak kategori Area Gudang dan Bengkel Workshop. 

Sebagaimana diketahui singkatan 5R yang dikenal dengan istilah Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan, Rajin. Sedangkan 5S sendiri merupakan seiri (ringkas), seiton (Rapi), seiso Resik), seiketsu (rawat) dan shitsuke (rapi)

Sebelumnya dari hasil rapat pleno dewan juri telah ditetapkan perusahaan peraih penghargaan 5R/5S untuk setiap kategori area.  Kategori area kantor perusahaan yang mengikuti area kantor sejumlah 45 perusahaan, dan yang mendapatkan medali emas 3 perusahaan, perak 9 perusahaan, perunggu 20 perusahaan .

Untuk kategori area produksi perusahaan yang mengikuti area produksi sejumlah 34 perusahaan, dan yang mendapatkan medali emas 7 perusahaan, perak 5 perusahaan, perunggu 12 perusahaan.

 Kategori area gudang/werehouse  perusahaan yang mengikuti area gudang/ werehouse  sejumlah 32 perusahaan, dan yang mendapatkan medali  emas 3 perusahaan, perak 8 perusahaan, perunggu 6 perusahaan.

Kategori area bengkel/workshop perusahaan yang mengikuti area bengkel/ workshop  sejumlah 25 perusahaan, dan yang mendapatkan medali emas 2 perusahaan, perak 4 perusahaan, perunggu 7 perusahaan.

Kategori area lingkungan perusahaan yang mengikuti area lingkungan  sejumlah 27 perusahaan, dan yang mendapatkan medali emas 3 perusahaan, perak 3 perusahaan, perunggu 7 perusahaan. 

Selain itu Disnakertrans Jatim memberikan penghargaan kepada lima kepala dinas yang membidangi ketenagakerjaan atas peran aktif dan pembinaan kepada perusahaan di wilayahnya untuk selalu meningkatan produktivitas dan daya saingnya.

Usai penyerahan penghargaan Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo menyampaikan, berbagai tantangan era globalisasi atau era disrupsi, kemudian ada perkembangan digitalisasi yang kini sudah masuk dalam industri 5.0, maka Disnakertrans Jatim mengajak dunia industri yang sudah 5.0 harus benar benar memanusiakan manusia, dan tidak boleh semua produksi tergantikam dengan alat tanpa memperhatikan manusia yang bekerja di dalamnya. 

"Adanya 5R/5S ini, kita harapkan tidak hanya sekedar efisiensi, maupun produktivitasnya yang menaik. Tetapi prinsip yang tetap dipegang manusia yang ada didalamnya harus mendapatkan perhatian dan perlindungan yang cukup, " katanya. 

Ia menyampaikan juga Disnakertrans Jatim bekerjasama dengan Disnaker Kabupaten/Kota terus akan mendorong dan meningkatkan  kesadaran dalam rangka penerapan 5R/5S. "Saya berharap pada tahun tahun mendatang semakin banyak perusahaan yang bisa mengikuti lomba ini, sehingga setidaknya akan meningkatkan produktivitas dari perusahaan, " katanya. 

Dalam menggelorakan gerakan peningkatan produktivitas Jawa Timur pada tahun tahun mendatang, Himawan mengatakan, pihaknya berharap dunia industri dunia kerja akan terus bersinergi dengan Disnaker Kabupaten/Kota masing masing. "Terlaksananya 5R/5S dengan rapi dan lebih baik, maka semuanya akan meningkatkan usaha itu produktif, dan pekerjanya semakin sejahtera. Kalau perusahaa  sudah memasang medali di kantor, jangan lupa upah pekerjanya dinaikkan, karena pekerja mencapai efisiensi dan produktivitas, " katanya. 

Usai menerima penghargaan juara Umum, Direktur YEMI, Briljan Gazalba menyampaikan, pihaknya juga digital sehingga mencapai tiga konsep yaitu sederhana/simple, cepat dan tidak ruwet, dan menjadi program PT YEMI dari 5S. "Dan akhirnya kegiatan kita ringkas atau seti dan pabrik kami berhasil melakukan kedispilinan baru untuk hidup atau bekerja dengan sederhana. 5S atau 5R adalah satu satunya obat mujarab untuk menuju kreatifitas dan menjadikan hidup atau pekerjaan lebih sederhana dan bahagia serta kerja lebih cepat, " katanya. 

Sebagaimana diketahui, nantinya tiga  perusahaan termasuk juara umum akan diberikan penghargaan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada saat HUT Ke 78 Provinsi Jawa Timur. (her)



Berita Terkait
UPT BLK Singosari Akan Ubah Bangunan Jadi Bernilai PAD
UPT BLK Singosari Akan Ubah Bangunan Jadi Bernilai PAD

02 November 2023
#Disnakertrans Jatim

Selengkapnya
Taiwan Buka Lowongan Sektor Pertanian, Jatim Respon Pengisian Jabatan PMI
Taiwan Buka Lowongan Sektor Pertanian, Jatim Respon Pengisian Jabatan PMI

21 Oktober 2023
#disnakertrans

Selengkapnya
Tak Hanya Latih Keterampilan Las, UPT BLK Surabaya Juga Beri Kesempatan Bekerja di Korsel
Tak Hanya Latih Keterampilan Las, UPT BLK Surabaya Juga Beri Kesempatan Bekerja di Korsel

11 Oktober 2023
#Disnakertrans Jatim,UPT BLK Surabaya

Selengkapnya
Rakor Pencegahan dan Penegakan Hukum TPPO Digelar di Jatim
Rakor Pencegahan dan Penegakan Hukum TPPO Digelar di Jatim

29 September 2023
#Disnakertrans Jatim

Selengkapnya
Diikuti Ribuan Pelamar Kerja, Gubernur Khofifah: Job Fair Jatim 2023 Salah Satu Upaya Turunkan TPT Jatim
Diikuti Ribuan Pelamar Kerja, Gubernur Khofifah: Job Fair Jatim 2023 Salah Satu Upaya Turunkan TPT Jatim

20 September 2023
#Disnakertrans Jatim

Selengkapnya