Penghargaan Jawi Wetan 2023, Gubernur Khofifah Apresiasi Perjuangan Tiga Pilar Desa

  • 7973 view
  • Kampung terpadu merah putih

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi setinggi-tingginya atas  peran tiga pilar desa yaitu Kepala Desa atau Lurah, Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara pembina desa (Babinsa) dalam pembinaan masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada malam penghargaan"Anugerah Patriot Jawi Wetan", di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu(21/9/2023). " Tiga pilar desa lebih dari seorang pejuang tapi patriot, kalau patriot diatas pejuang, panjenengan tidak hanya sekedar patriot desa, patriot kabupaten dan kota, serta patriot Jawa Timur, tapi patriot bangsa dan negara,' ungkapnya.

Gubernur Khofifah juga  mengapresiasi penyelenggaraan penghargaan "Patriot Jawi Wetan" yang diberikan kepada tiga  desa dan  diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Polda Jawa Timur, Kodam V Brawijaya dan mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang juga pimpinan media Disway. " Anugerah Patriot Jawi Wetan insiasi yang sangat luar biasa oleh Kapolda, Pangdam dan kami ikut bersama juga,"ujarnya.    

Dalam kesempatan tersebut  Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermanto, Pangdam V Brawijaya, Farid Makruf, anggota DPR RI Indah Kurnia, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan  Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono meluncurkan kampung terpadu.  "Hari ini diluncurkan Kampung Terpadu Merah Putih, nah saya menyampaikan apresiasi atas inisiatif tiga pilar,"ungkap Khofifah.

Ia menegaskan semua lini dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah atau Kepala Desa,merajut kebersamaan dalam keberagaman melalui Kampung Terpadu Merah Putih.

"Terkait dengan inovasi layanan publik, komunikasi publik,inovasi sosial dan 10 item yang kemudian oleh tim bisa dijadikan referensi dari seluruh ikhtiar kita untuk merajut kebersamaan dalam keberagaman melalui Kampung Terpadu Merah Putih," papar Gubernur Jatim. 

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Hermanto juga berpesan agar tiga pilar juga harus memiliki data berkaitan dengan pemetaan masalah di wilayahnya. Selain itu, ia berharap tiga pilar juga harus melakukan aksi reduksi masalah itu sendiri dan kemudian punya Sign of crisis, supaya kepekaan bisa menjawab masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.

Sedangkan, Pangdam V Brawijaya mengungkapkan penyelenggaraan penghargaan Patriot Jawi Wetan berkat kolaborasi kepala Dinas Pariwisata, Aster Kodam V Brawijaya dan Kabidhumas Polda Jatim. "Mereka inilah yang kemudian menggagas program  Patriot Jawi Wetan," ujar Pangdam V Brawijaya.(mad/hjr)

 

#Kampung terpadu merah putih



Berita Terkait
Penghargaan Jawi Wetan 2023, Gubernur Khofifah Apresiasi Perjuangan Tiga Pilar Desa
Penghargaan Jawi Wetan 2023, Gubernur Khofifah Apresiasi Perjuangan Tiga Pilar Desa

21 September 2023
#Kampung terpadu merah putih

Selengkapnya