Pemprov Jatim Ramah Tamah Bersama Keluarga Pahlawan Nasional di Hari Pahlawan 2022

  • 20216 view
  • wagub

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur beramah tamah bersama Keluarga Pahlawan Nasional, Janda Perintis Kemerdekaan dan Legiun Veteran Republik Indonesia dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022 yang berlangsung di kantor Gubernur Jatim, Kamis (10/11/2022).

Saat acara, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, mewakili Gubernur mengatakan, 10 November adalah hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Para Pahlawan telah berjuang dan mengorbankan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Upaya menjaga keutuhan dan kedaulatan Bangsa Indonesia harus terus kita pupuk sedalam-dalamnya, seperti semangat membara para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita," ujarnya.

Lebih lanjut Emil Elistianto Dardak mengatakan, saat ini bangsa Indonesia menghadapi ancaman  nyata yaitu krisis ekonomi global atau resesi ekonomi. Menghadapi hal ini, semangat para Pahlawan harus diteladani, salah satunya dengan strategi “IKI jawabane”. Yaitu mengembangkan kembali Inisiatif melakukan hal-hal baru yang solutif, melakukan Kolaboratif, bekerjasama dengan berbagai elemen untuk perubahan nyata, dan menumbuhkan Inovasi kreatif dalam menyelesaikan permasalahan.

"Saya sampaikan terimakasih kepada 12 orang ahli waris keluarga pahlawan, 4 orang Janda Perintis Kemerdekaan dan 5 orang  perwakilan Legiun Veteran Republik Indonesia yang telah hadir pada hari ini. Perjuangan para Pahlawan memberikan kontribusi yang sangat besar, sehingga kita semua dapat menikmati era kemerdekaan dan terbebas dari penjajah," terangnya.

Wagub Emil juga berpesan kepada seluruh ahli waris keluarga Pahlawan untuk terus melanjutkan perjuangan para Pahlawan dengan menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggan sebagai bangsa Indonesia.

Sementara itu Kepala Dinas Jatim, Alwi, mengatakan, Hari Pahlawan diperingati setiap tahunnya untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

"Semangat para pejuang yang begitu besar patut diteladani di masa sekarang, bukan untuk berperang melainkan semangat untuk menghadapi ancaman dan tantangan krisis ekonomi global," ujarnya. 

Sebagai informasi, di Hari Pahlawan Nasional ke-77, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur memberikan souvenir dan sembako sebagai bentuk penghormatan atas jasa para leluhur kepada Ahli Waris Keluarga Pahlawan, Janda Perintis Kemerdekaan dan Janda Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ungkapan syukur dan penghormatan kita terhadap para Pahlawan yang telah rela berkorban dalam mewujudkan Kemerdekaan Republik Indonesia.(her/s)



Berita Terkait
Pemprov Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jawa Timur di Tahun Politik
Pemprov Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jawa Timur di Tahun Politik

02 November 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wagub Emil

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Sampaikan Jawaban Terhadap PU Fraksi DPRD Jatim Terkait R APBD 2024
Gubernur Khofifah Sampaikan Jawaban Terhadap PU Fraksi DPRD Jatim Terkait R APBD 2024

31 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Emil Elestianto Dardak,Gubernur Jawa Timur,dprd jatim,gubernur khofifah,emil dardak,wagub jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Apresiasi dan Sambut Baik Gotong Royong Akademik Menjaga Sungai Brantas
Wagub Emil Apresiasi dan Sambut Baik Gotong Royong Akademik Menjaga Sungai Brantas

20 Oktober 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wagub Emil,emil dardak,wagub jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Lepas Fun Bike Hari Jadi Jatim ke-78
Wagub Emil Lepas Fun Bike Hari Jadi Jatim ke-78

17 Oktober 2023
#Wagub Emil

Selengkapnya
Wagub Emil Pimpin Ziarah Tabur Bunga Makam Gubernur RP Moh Noer di Sampang
Wagub Emil Pimpin Ziarah Tabur Bunga Makam Gubernur RP Moh Noer di Sampang

13 Oktober 2023
#Wagub Emil Pimpin Ziarah Makam RP Moh Noer.

Selengkapnya