Pemprov Jatim Dukung Penerbangan Perintis Surabaya-Jember

  • 17187 view
  • wagub

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim akan sepenuhnya mendukung peningkatan konektivitas penerbangan komersil di bandar udara (bandara) yang akan membuka rute penerbangan perintis di tahun 2023. Salah satunya, rute yang menghubungkan penerbangan Surabaya-Jember.

"Hari ini kami melakukan rapat koordinasi bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Perhubungan terkait penerbangan udara. Mendagri dan Menhub berharap agar Jatim bisa menjadi katalis untuk mendorong akses penerbangan udara ke bandara yang saat ini belum melayani penerbangan komersil," ungkap Plt. Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di Ruang Mataram Gedung Karya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Secara khusus, Plt. Gubernur Jatim itu berharap agar rute Surabaya-Jember dapat meningkatkan  jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jember dan Banyuwangi lewat perjalanan yang lebih mudah dah singkat.

"Ini menjadi ruang untuk mengoptinalkan penerbangan rute Surabaya - Jember. Penerbangan ini memungkinkan konektivitas Surabaya-Jember-Banyuwangi, dan menambah akses penerbangan ke Banyuwangi," katanya.

Emil menganggap ini sebagai upaya untuk menghidupkan akses Surabaya - Banyuwangi  melalui jalur Jember. Setelah penerbangan ini optimal untuk penumpang domestik, peningkatan akses ini akan berimbas pada interest wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Jember dan Banyuwangi.

"Ini akan sangat membangkitkan potensi pariwisata, difokuskan untuk domestic passenger dahulu, dan step by step digencarkan untuk wisatawan asing," harapnya.

"Oleh karena itu kami dari Pemprov Jatim akan berupaya menunjang minat masyarakat untuk transit dari bandara besar ke bandara kecil. Memberikan kemudahan connecting flight untuk mengunjungi Banyuwangi lewat Jember," imbuhnya.

Ia pun mengusulkan jargon seperti "Weekend in Banyuwangi" untuk diterapkan maskapai penerbangan. Upaya promosi layanan transportasi ini dapat meningkatkan minat masyarakat Jawa Timur dalam menggunakan penerbangan lanjutan ke Jember dan Banyuwangi. Terutama warga Surabaya, Sidoarjo, dan Malang raya.

"Kita promosikan Weekend in Banyuwangi, misalnya. orang Surabaya, Malang, dan sekitarnya bisa lebih mudah berjalan-jalan ke Banyuwangi. Karena itu, Pemprov, Pemkab, harus berperan semua," tukasnya.

Tak berhenti di situ, Ia menyatakan bahwa Pemprov Jatim akan bersinergi dengan pemerintah-pemerintah kabupaten untuk penerapan program Block Seat sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Ia berkoordinasi langsung dengan Bupati Jember Hendy Siswanto untuk mengimbau penggunaan transportasi udara untuk keperluan dinas ke wilayah Jember.

Program Block Seat sendiri adalah pemesanan tiket pesawat dalam jumlah tertentu untuk urusan tertentu, dalam hal ini, urusan dinas.

"Menteri Perhubungan berharap bisa ada program block seat. Dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Bupati Jember yang menyampaikan komitmennya," jelasnya.

"Pemerintah Provinsi Jatim akan mengeluarkan himbauan bagi ASN di Jatim agar mengutamakan transportasi udara apabila melakukan perjalanan dinas, terutama ke daerah yang terjangkau oleh penerbamgan perintis, salah satunya saat ini Jember," lanjutnya.

Di kesempatan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dengan stakeholder untuk mewujudkan akses transportasi yang mudah di seluruh Indonesia. Tak terkecuali, akses transportasi udara.

"Kolaborasi dengan semua stakeholder untuk mewujudkan akses transportasi di seluruh Indonesia sangatlah diperlukan. Keberlangsungan konektivitas transportasi udara dan dukungan Pemerintah Daerah ini tidak dapat dipisahkan," pungkasnya. (red)



Berita Terkait
Pemprov Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jawa Timur di Tahun Politik
Pemprov Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jawa Timur di Tahun Politik

02 November 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wagub Emil

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Sampaikan Jawaban Terhadap PU Fraksi DPRD Jatim Terkait R APBD 2024
Gubernur Khofifah Sampaikan Jawaban Terhadap PU Fraksi DPRD Jatim Terkait R APBD 2024

31 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Emil Elestianto Dardak,Gubernur Jawa Timur,dprd jatim,gubernur khofifah,emil dardak,wagub jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Apresiasi dan Sambut Baik Gotong Royong Akademik Menjaga Sungai Brantas
Wagub Emil Apresiasi dan Sambut Baik Gotong Royong Akademik Menjaga Sungai Brantas

20 Oktober 2023
#Emil Elestianto Dardak,Wagub Emil,emil dardak,wagub jatim

Selengkapnya
Wagub Emil Lepas Fun Bike Hari Jadi Jatim ke-78
Wagub Emil Lepas Fun Bike Hari Jadi Jatim ke-78

17 Oktober 2023
#Wagub Emil

Selengkapnya
Wagub Emil Pimpin Ziarah Tabur Bunga Makam Gubernur RP Moh Noer di Sampang
Wagub Emil Pimpin Ziarah Tabur Bunga Makam Gubernur RP Moh Noer di Sampang

13 Oktober 2023
#Wagub Emil Pimpin Ziarah Makam RP Moh Noer.

Selengkapnya