Pemkot Surabaya Bersama BI Hidupkan Kawasan Tunjungan

  • 5599 view
  • #BI

Jatim Newsroom – Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur bersama Pemkot Surabaya menghidupkan kembali geliat spot wisata di Jalan Tunjungan Surabaya. Realisasi ini diwujudkan dalam event ‘Tunjungan Romansa'. Hal ini dilakukan karena Kota Surabaya dinilai memiliki potensi pasar wisata yang besar.
 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, dalam sambutannya menyampaikan, Jalan Tunjungan ini banyak memiliki destinasi wisata yang dapat ditawarkan. Bahkan menurutnya, Jalan Tunjungan juga memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur dan khususnya Surabaya.
 
"Kami juga melihat kawasan Tunjungan ini adalah kawasan ekonomi. Memang kita mengharapkan ikon tunjungan ini menjadi destinasi wisata seni dan budaya heritage dan juga kawasan ekonomi yang mendukung sekali untuk ekonomi UMKM," kata Budi dalam pembukaan event ‘Tunjungan Romansa di Jln Tunjungan Surabaya Minggu (21/11/21) malam.
 
Budi Hanoto menambahkan, pihaknya pun bersinergi dengan Pemkot Surabaya untuk mengoptimalkan kawasan tunjungan ini menjadi Tunjungan Romansa. Dukungan yang diberikan Bank Indonesia pun diimplementasikan dengan membangun gerai UMKM hingga infrastruktur pendukung untuk destinasi wisata.
 
"Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat di sini. Insya Allah kami beserta Pak Wali Kota terus mendukung, berkolaborasi untuk memajukan kawasan Jalan Tunjungan ini," terang Kepala BI Provinsi Jatim ini.
 
Sementara itu Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengaku bersyukur, mulai hari ini kawasan Jalan Tunjungan menjadi 'Tunjungan Romansa'. Setiap malam di kawasan ini akan ada suguhan kuliner dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya lengkap dengan tampilan hiburan seni dan budaya.
 
"Alhamdulillah, hari ini kita melaunching. Mulai hari ini (Jalan) Tunjungan itu akan menjadi Tunjungan Romansa. Jadi setiap malam akan ada tampilan seni, kita bisa menikmati suasana Tunjungan Romansa," kata Wali Kota Eri saat ditemui seusai acara soft opening Tunjungan Romansa.
 
Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah mensupport pemkot menghidupkan kembali kawasan Jalan Tunjungan. Tentunya hal ini tak lepas dari peran serta dukungan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya yang selalu bahu membahu sehingga membuat PPKM di Surabaya berada di Level 1.
 
"Saya juga bangga betul, saya berterima kasih dengan Forkopimda Kota Surabaya semuanya. Pak Danrem, Pak Kapolrestabes, Pak Kapolres Tanjung Perak, Pak Kajari Surabaya, Pak Kajari Tanjung Perak, semuanya bahu membahu Surabaya sudah level 1,"  tuturnya.
 
Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menambahkan, bahwa Tunjungan Romansa ini menyuguhkan perpaduan konsep lifestyle, modern dan heritage. Karena merupakan kawasan jasa perdagangan, maka di awal soft opening ini pihaknya ingin menghidupkan kembali lokasi tersebut.
 
"Kita lebih ingin mengoptimalkan ini hidup. Artinya, menghidupkan mereka (pelaku usaha) yang belum buka yang belum beroperasional. Nah, UMKM-nya ini adalah sebagai penyeimbang, sementara belum buka kita bisa tempatkan UMKM ada di situ," ungkap Antiek.
 
Antiek juga menyebut, bahwa para pelaku UMKM ini mendapatkan bantuan berupa booth atau rombong dari Bank Indonesia (BI). Namun, boot atau stand yang berjejer di Jalan Tunjungan ini memang disiapkan khusus untuk jenis UMKM kuliner berupa makan dan minuman.
 
"Yang diberikan bantuan dari BI itu ada sekitar 25 booth atau rombong. Jadi untuk (UMKM) makanan dan minuman karena yang di sini memang untuk kuliner. Sedangkan (UMKM) pernak-pernik (aksesoris) sudah ada di Siola," pungkasnya.(ryo/s)
 



Berita Terkait
Pemkab Lamongan Bangun Birokrasi Anti Korupsi Untuk Tarik Investasi
Pemkab Lamongan Bangun Birokrasi Anti Korupsi Untuk Tarik Investasi

13 Desember 2021
##BIROKRASI

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Hadiri Pertemuan Tahunan BI
Gubernur Khofifah Hadiri Pertemuan Tahunan BI

13 Desember 2021
##BI

Selengkapnya
BI : Oktober 2021 Uang Beredar Tumbuh Meningkat
BI : Oktober 2021 Uang Beredar Tumbuh Meningkat

13 Desember 2021
##BI

Selengkapnya
Koarmada II Bersama BI Sosialisasikan Penggunaan QRIS
Koarmada II Bersama BI Sosialisasikan Penggunaan QRIS

12 Desember 2021
##BI

Selengkapnya