Komisi C Minta Bank Jatim Cabang Lumajang Tingkatkan Kucuran Kredit Lunak ke Pelaku UMKM

  • 2122 view
  • #BANK JATIM

Jatim Newsroom - Bank Jatim diminta untuk memaksimalkan perhatian kepada para UMKM yang ada di Jatim guna lebih banyak mendapatkan bantuan modal. Kondisi Bank Jatim yang terus menunjukkan kinerja yang positif, akan lebih positif lagi bila pemberian kredit lunak kepada UMKM lebih ditingkatkan.

Hal ini ditegaskan anggota komisi C DPRD Jatim Kuswanto disela kegiataan komisi C DPRD Jatim dalam rangka optimalisasi kinerja BUMD sebagai penggerak perekonomian dan sumbet PAD tahun 2022 ditengah pandemi covid- 19 dengam Bank Jatim Cabang Lumajang yang berlangsung di kantor Cabang Bank Jatim Lumajang, Jum'at (12/11/21).

Menurut Kuswanto, keberpihakan Bank Jatim ke UMKM sangat di perlukan karena pandemi covid,  UMKM paling  terpukul. Padahal di situasi normal 60 % UMKM menjadi penopang perekonomian jawa timur.

"Ketika kondisi normal, keberadaan UMKM sangat membantu pertumbuhan ekonomi jatim. Jatim selalu diatas pertumbuhan nasional. Saat ini justru mereka perlu bantuan. Bank Jatim harus turun berikan permodalan pada mereka," ungkapnya.

"Seperti di Lumajang ini, banyak UMKM. Tapi kita tidak tahu berapa kredit yang diberikan Bank Jatim Cabang Lumajang ke UMKM yang ada di Lumajang. Ini yang kita pertanyakan," lanjutnya.

Politisi partai Demokrat ini berharap, dalam kondisi seperti saat ini, Bank Jatkm benar benar menunjukkan keberpihakannya ke pada UMKM yang alami keterpurukan. Untuk bisa bangkit lagi. "Utamanya UMKM yang butuh modal tapi  tidak punya jaminan. Ini perlu di pikirkan. Bank Jatim Bisa bekerja sama dengan asuransi kredit, Jamkrida, Askrindo atau yang lainnya agar mereka bisa dapat modal meski tidak ada jaminan," pungkasnya.

Hal yang sama juga dikatakan anggota Komisi C lainnya dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, Akik Zaman. Dirinya berharap, Bank Jatim kembali memperhatikan pinjaman modal ke UMKM Jatim yang alami keterpurukan.

Menurut politisi asli Situbondo ini, memang Bank Jatim merupakan perusahaan yang  dengam tujuan profit. Namun perlu diingat ada misi sosial yang harus tetap dipegang oleh Bank Jatim yakni misi mensejahterahkan masyarakat. "Maka sudah seharusnya ada porsi yang diberikan oleh Bank Jatim untuk kepentingan masyarakat Jatim salah satunya UMKM," ujarnya.

Kata Akik, Bank jatim harus ada porsi yang di berikan khusus untuk kredit usaha kecil masyarakat dengan bunga ringan dan kalau perlu tanpa jaminan. Ini dilakukan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Dulu misi ini pernah ada di Bank Jatim. Tapi kenapa saat ini hilang. Saya berharap Gubernur membuat kebijakan tersebut. Sehingga meski Bank Jatim murni komersial. Tapi sisi sosial sebagai BUMD juga harus ada," pungkasnya. (Pca)



Berita Terkait
Gubernur Khofifah Minta Bank Jatim Berikan Special Kredit Bagi Disabilitas Produktif
Gubernur Khofifah Minta Bank Jatim Berikan Special Kredit Bagi Disabilitas Produktif

14 Desember 2021
##BANK JATIM

Selengkapnya
Komisi C Dorong Bank Jatim Siap Hadapi Persaingan Antar Bank
Komisi C Dorong Bank Jatim Siap Hadapi Persaingan Antar Bank

12 Desember 2021
##BANK JATIM

Selengkapnya