Keyakinan Konsumen terhadap Perekonomian Jatim Juni 2022 Menguat

  • 273 view
  • jatim

Jatim Newsroom -Keyakinan Konsumen terhadap Perekonomian Jawa Timur pada Juni 2022 Menguat

Jatim Newsroom -  Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia kepada responden rumah tangga di Jawa Timur mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap perekonomian Jawa Timur terus meningkat pada Juni 2022, dan tetap berada pada level optimis (»100). 

Budi Hanoto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim, Selasa (12/7/2022) mengatakan, hal ini tercermin dari indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2022 sebesar 132,86, lebih tinggi dibandingkan dengan 129,35 pada Mei 2022. Peningkatan keyakinan konsumen didorong persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi kondisi ekonomi ke depan yang membaik.

Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat İni yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini meningkat dan tetap berada pada level optimis, yakni sebesar 1 16,79 pada Juni 20221 lebih tinggi dari 1 14,13 pada Mei 2022. Peningkatan İKE didorong oleh kenaikan pada seluruh komponen pembentuknya yakni penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja serta konsumsi barang tahan lama (durab/e goods). 

Sebanyak responden mengalami peningkatan penghasilan dibandingkan dengan enam bulan yang lalu. Sejalan dengan hal tersebutı 31 , responden menyatakan ketersediaan lapangan kerja saat ini meningkat. Selanjutnya, 28.62% responden menyatakan terdapat peningkatan konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan (Desember 2022) menguat, tercermin dari indeks Ekspektasi Konsumen (EK) sebesar 148,93, lebih tinggi dibandingkan Mei 2022 yang sebesar 144,58. Berdasarkan komponen pembentuk EK, peningkatan keyakinan responden terhadap kondisi ekonomi ke depan didorong oleh ekspektasi kegiatan usaha, penghasilan, dan ketersediaan lapangan kerja yang terjaga pada level optimis. Sebanyak 62,54 0/0 responden menyatakan kegiatan usaha ke depan akan membaik. 

Sejalan dengan hal tersebut, 56,02 % responden memprakirakan penghasilan 6 bulan mendatang lebih tinggi. Perkiraan kenaikan penghasilan tersebut didukung oleh ekspektasi peningkatan omset dan tambahan pendapatan di luar gaji/upah. Selanjutnya, 54,1496 responden menyatakan prakiraan ketersediaan lapangan kerja lebih tinggi dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang mulai membaik.

Hasil survei kondisi keuangan konsumen berdasarkan jenis penggunaan menunjukan mayoritas penghasilan responden pada Juni 2022 digunakan untuk kebutuhan konsumsi pembayaran cicilan/pinjaman (1 1 ,63 0/0), dan tabungan (14,14%). Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi pada Juni 2022 tercatat lebih rendah dari bulan sebelumnya, dimana pada posisi Mei 2022 sebesar 78,32. Sementara rata-rata rasio pembayaran cicilan/pinjaman sebesar meningkat dibandingkan Mei 2022 yang sebesar 9,25 0/0. Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang disimpan sebagai tabungan juga tercatat lebih tinggi dari Mei 2022 yang sebesar 12,43%. (jal/hjr)



Berita Terkait
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Festival Mangrove Jatim

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Gelar Festival Mangrove di Romokalisari Land
Gubernur Khofifah Gelar Festival Mangrove di Romokalisari Land

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Festival Mangrove Jatim

Selengkapnya
Oktober 2023, Inflasi Jatim 3,25%
Oktober 2023, Inflasi Jatim 3,25%

02 November 2023
#inflasi,BPS Jatim

Selengkapnya
BKD Sosialisasikan Tata Cara Penetapan Predikat Kinerja ASN ke Diskominfo Jatim
BKD Sosialisasikan Tata Cara Penetapan Predikat Kinerja ASN ke Diskominfo Jatim

02 November 2023
#Diskominfo Jatim,ASN,BKD,BKD Jatim,Dinas Kominfo Jatim

Selengkapnya
Sekdaprov Jatim Hadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Jajaran TNI
Sekdaprov Jatim Hadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Jajaran TNI

02 November 2023
#Sekdaprov Jatim,Adhy Karyono

Selengkapnya