Kadis Kominfo Jatim : Ramadhan Bisa Jadi Momen Agar Masyarakat Cerdas Sampaikan Informasi

  • 7746 view
  • kadiskominfojatim,komifojatim,kominfoprov,kominfoprovjatim,hudiono,cakhud

Jatim Newsroom – Bulan Ramadhan bisa menjadi momen agar masyarakat lebih cerdas dan bijak dalam menyampaikan informasi.

 “Di bulan puasa, sebaiknya kita ngerem nafsu, ngerem jempol (tangan) mengatur informasi publik, lisan dan tangan harus kita jaga. Ayo mencari berkah melalui jari kita untuk memberikan informasi yang benar,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Dr Hudiyono MSi, saat talkshow dengan tema “Menata Komunikasi Publik Di Bulan Ramadhan1443 H” di radio swasta di Surabaya, Jumat (1/4/2022).

Dikatakannya, peran kominfo sebagai garda terdepan dalam kaitannya informasi publik, mempunyai tugas dalam meningkatkan literasi digital.

“Kita harus gencar di komunikasi publik, gencar informasi publik, karena kecepatan bagian dari percepatan peningkatan kesejahteraan. Jangan sampai masyarakat tidak tahu informasi terkait program dan kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Seperti arahan Gubernur Jatim, kata Hudiyono, pihaknya akan mempermudah informasi publik ke masyarakat melalui satu data, dan kini sudah ada percepatan satu data di Jatim. Selain itu juga melalui penguatan SDM yang ada di Kominfo, melalui kelompok informasi masyarakat (KIM), relawan TIK, Komisi Informasi (KI), dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim.

“Sesuai dengan program yang digagas oleh gubernur, tahun ini Jatim sedang membangun dashboard data atau gudang data. Bagaimana informasi bisa cepat kalau kita nggak punya gudang data. informasi-informasi yang ada di gudang data kita dapatkan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Data yang sudah terstruktur dan bisa dipertanggungjawabkan diinput di sebuah dashboard untuk dipilih, dipilah dan kemudian disampaikan pada publik. Ini adalah strategi penting, bagaimana disampaikan informasi yang sehat,” terangnya. Sedangkan untuk data yang tidak terstruktur, seperti dari media massa umum atau dari media sosial, akan diolah terlebih dahulu, baru kemudian disajikan.(ern/s)



Berita Terkait
Diskominfo Jatim Gelar Rakor Forum Persandian dan Keamanan Informasi
Diskominfo Jatim Gelar Rakor Forum Persandian dan Keamanan Informasi

05 April 2022
#kadiskominfojatim,komifojatim,kominfoprov,kominfoprovjatim,hudiono,cakhud

Selengkapnya