Jelang Lebaran, Gubernur Khofifah Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo

  • 14737 view
  • Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau arus mudik lebaran di Pelabuhan Jangkar Kab. Situbondo, Rabu (27/4/2022). 

Setiba disana, Gubernur Khofifah bersama rombongan langsung menuju Kapal Dharma Kartika yang siap berlayar ke Pulau Raas dan Kalianget Kab Sumenep dengan kapasitas maksimum mengangkut 220 orang penumpang. 

Di kapal itu, Gubernur Khofifah melakukan pengecekan, menyapa para pemudik, dan memastikan bahwa semua dalam kondisi prima untuk mewujudkan mudik yang aman, sehat, lancar dan selamat. 

"Kami sengaja turun ke Pelabuhan Jangkar ini untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan mudik lebaran. Kita berharap seperti apa yang Bapak Kapolri sampaikan, mudik tahun ini diharapkan aman dan sehat. Kalau saya menambahkan, aman sehat lancar dan selamat," kata Gubernur Khofifah. 

Lebih lanjut, guna mewujudkan mudik aman sehat lancar dan selamat, Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim telah melakukan koordinasi terkait persiapan mudik lebaran kali ini. Dikatakan Khofifah, di seluruh Jawa Timur terdapat 169 pos pengamanan (pos pam), 49 pos pelayanan (pos yan), dan ada 23 pos terpadu di rest area.

"Jadi ada pos pam, pos yan, pos terpadu kita sudah melakukan rakor lintas sektor, terakhir tiga hari lalu di Batu Ada pak pangdam, ada  Kapolda juga Pangko Armada 2," ungkapnya.

Selain itu, untuk menjaga situasi tetap sehat bagi semua, sekaligus langkah antisipasi penyebaran Covid-19, maka akan dilakukan random swab check bagi pemudik di pos-pos terpadu yang telah disediakan Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim. 

Ia mengatakan puskesmas dan rumah sakit terdekat sudah siap untuk melayani ketika didapati pemudik yang terkonfirmasi positif dan bergejala baik ringan, sedang ataupun berat. 

"Kalau misalnya ada swab antigen kemudian reaktif maka di swab PCR, kalau misalnya terkonfirmasi positif dan tidak bergejala maka diminta dirujuk ke Puskesmas terdekat  atau karantina terdekat tapi kalau bergejala sedang atau berat  maka dirujuk ke rumah sakit terdekat," urainya.

Ia juga mengatakan bahwa seluruh Kabupaten Kota di Jawa Timur pun telah siap siaga menghadapi arus mudik dan arus balik di Jawa Timur. Hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Bupati Walikota dan Forkopimdanya.

"Supaya terkonfirmasi bahwa pelayanan kita seterpadu mungkin semaksimal mungkin dengan konektivitas sebaik mungkin," imbuhnya.

Sementara untuk keamanan layanan arus mudik dan balik di Pelabuhan Jangkar Kab. Situbondo Gubernur Khofifah bisa memastikannya. Pasalnya pada tahun ini Pelabuhan Jangkar sudah dilengkapi dengan movable bridge. Begitu juga dengan armada kapal yang telah dilakukan cek kelaikan berlayar dari Kesyahbandaran. 

"Saya rasa kawan-kawan bisa membedakan antara pelabuhan jangkar tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, ini sudah dengan movable bridge yang kita injak ini, dengan begitu kendaraan aman, armada kapal juga tentu semua sudah di dalam proses cek oleh Kesyahbandaran," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Khofifah berkesempatan untuk bersapa dan berswafoto dengan sejumlah penumpang di Kapal Dharma Kartika. Ia bertanya kepada beberapa penumpang kemana mereka akan pergi.

"Mau mudik kemana Bu?" Tanyanya.

"Mau ke Raas Bu," jawab salah satu penumpang Kapal Dharma Kartika.

Sementara itu Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan pihaknya menyiapkan layanan vaksinasi booster di pelabuhan Jangkar. Karena vaksin booster adalah syarat utama diperbolehkan mudik lebaran tahun ini.

"Kita sudah memfasilitasi berbagai hal yang diperlukan termasuk bagi mereka yang belum booster dan lain sebagainya kita sudah sediakan petugas di pelabuhan," kata Bupati Karna.

Di sisi lain, Kadishub Jatim Nyono memastikan bahwa keselamatan penumpang menjadi hal utama pada mudik lebaran kali ini termasuk di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Menurutnya Kesyahbandaran setempat telah melakukan cek kelaikan berlayar untuk armada yang melayani arus mudik dan arus balik di Pelabuhan Jangkar.

"Untuk keselamatan kapal sudah di cek oleh Syahbandar dan dinyatakan laik untuk berlayar, jadi penumpang sudah merasa tenang karena semua sudah dicek oleh petugas Syahbandar," ucapnya.

Hadir pula Bupati Situbondo Karna Suswandi, Dandim 0823 Letkol Inf Neggy Kuntagina, Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya. Sementara dari Jajaran OPD Jatim nampak mendampingi Gubernur Khofifah Ka. Dishub Prov. Jatim Nyono, Kalaksa BPBD Jatim Budi Santoso. (non)



Berita Terkait
Sambut KTT G-20, Gubernur Khofifah Siap Percantik Anjungan Jatim di TMII
Sambut KTT G-20, Gubernur Khofifah Siap Percantik Anjungan Jatim di TMII

20 Juli 2022
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur

Selengkapnya
Gubernur Khofifah : Alhamdulillah Penurunan Kemiskinan di Jatim Tertinggi Secara Nasional (YoY)
Gubernur Khofifah : Alhamdulillah Penurunan Kemiskinan di Jatim Tertinggi Secara Nasional (YoY)

19 Juli 2022
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,BPS Jatim

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Pantau Langsung Jalannya Skrining Kesehatan Kedatangan Kloter Pertama Jamaah Haji
Gubernur Khofifah Pantau Langsung Jalannya Skrining Kesehatan Kedatangan Kloter Pertama Jamaah Haji

19 Juli 2022
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Jemaah Haji Kloter pertama

Selengkapnya
Adinda Cresheilla Raih 3rd Runner Up Miss Supranational 2022
Adinda Cresheilla Raih 3rd Runner Up Miss Supranational 2022

19 Juli 2022
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Miss Supranational 2022

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Bagikan Oleh-oleh Kurma Ruthob Makkah untuk Peserta Latsar CPNS Golongan II
Gubernur Khofifah Bagikan Oleh-oleh Kurma Ruthob Makkah untuk Peserta Latsar CPNS Golongan II

19 Juli 2022
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Latsar CPNS

Selengkapnya