Jatim Misi Dagang ke Bengkulu, Bangun Ekonomi Inklusif dan Persaudaraan

  • 1788 view
  • Gubernur Jawa Timur,Misi Dagang,investasi,bengkulu

Jatim Newsroom – Misi Dagang dan Investasi antara Jawa Timur dan Bengkulu diharapkan bukan hanya mampu mengembangkan hubungan ekonomi dan membangun pertumbuhan yang inklusif, tapi juga memberi makna besar bagi persaudaraan, persatuan, dan kesatuan yang bisa merekatkan seluruh bumi nusantara. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Bengkulu, Senin (3/7/2023). “Presiden pertama RI, Bung Karno dari Jawa Timur. Ibu Negara pertama, Ibu Fatmawati dari Bengkulu. Maka, mudah-mudahan pertemuan ini benar-benar memberi makna yang besar bagi kedua provinsi,” tegasnya. 

Nilai Transaksi sementara dari misi dagang dan investasi antara Jatim dan Bengkulu dari pukul 08.00 WIB - pukul 13.30 WIB hari ini sebesar Rp174 miliar. Gubernur Khofifah pun mengatakan, total transaksi pembelian dan penjualan selama setahun antara Jatim dan Bengkulu di tahun lalu adalah sebesar Rp168 miliar. 

“Nanti kita akan terus berproses sampai jam 5 sore, setelah itu trader dan buyer masih akan melanjutkan,” kata Gubernur Jawa Timur. 

Gubernur Khofifah menjelaskan transaksi tertinggi dalam misi dagang dan investasi kali ini ada pada komoditas pakan ikan dan udang. “Sebelumnya kami ke Sumbar, itu juga tertinggi. Artinya kebutuhan pakan ikan dan udang makin banyak dan yang akan melakukan budidaya semakin meluas. Berarti ada tenaga kerja yang makin banyak terserap dan pertumbuhan ekonomi di kedua provinsi terus membaik,” terangnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, mengatakan kegiatan misi dagang dan investasi ini diharapkan menjadi sebuah instrumen kerja sama untuk menguatkan ketahanan ekonomi di daerah masing-masing. 

“Diharapkan potensi kita cukup, SDM kita mampu, infrastruktur juga bisa kita perbaiki. Jadi kita tidak ada lagi ketergantungan dengan negara-negara luar kecuali hal-hal yang sangat prinsip. Ini instrumen yang sangat handal untuk membangkitkan masa-masa yang akan datang,” tutur Sekda Bengkulu. (idc/s)



Berita Terkait
145 Pelaku Usaha Ikuti Misi Dagang Jatim-Bengkulu
145 Pelaku Usaha Ikuti Misi Dagang Jatim-Bengkulu

04 Juli 2023
#Gubernur Jawa Timur,Misi Dagang,investasi,bengkulu

Selengkapnya