Jatim Dukung Penuh Pembangunan Palapa Ring Terintegrasi

  • 1047 view
  • Infrastruktur, Palapa Ring

Jatim Newsroom – Jawa Timur mendukung penuh pembangunan infrastruktur telekomunikasi oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Palapa Rring Terintegrasi, untuk  mengikis gap layanan telekomunikasi antar wilayah di Indonesia dan demi memperkuat jaringan backbone (tulang punggung) yang sudah ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto, yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam Sosialisasi Rencana Jalur Palapa Ring Integrasi, di Surabaya, Senin (31/10/2022).

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI ini, Benny menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan wilayah yang paling luas di antara semua provinsi yang ada di pulau Jawa. Pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur telah mencapai 5,74 persen pada kuartal II Tahun 2022. 

"Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur ini merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Jawa. Jawa Timur merupakan pintu gerbang perekonomian wilayah timur Indonesia. Bahkan, Kementerian Perhubungan telah membangun dan mengembangkan sejumlah infrastruktur transportasi untuk menunjang segala potensi yang ada di Bumi Majapahit ini," ungkapnya. 

Saat ini, lanjut Benny, fokus pembangunan infrastruktur yang  sedang berjalan di Jawa Timur adalah pembangunan infrastruktur fisik, energi, transportasi  dalam rangka meningkatkan konektivitas darat, laut, dan udara. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga melakukan peningkatan fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan  kelayakan hidup masyarakat Jawa Timur.

“Tak hanya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, namun Pemprov Jawa Timur juga berharap pembangunan infrastruktur dan fasilitas ini dapat memberi dampak besar pada pertumbuhan ekonomi di masa depan, termasuk berdampak positif bagi wilayah-wilayah atau provinsi di sekitarnya,” imbuhnya dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono ini. 

Ia pun menggarisbawahi pentingnya kerja sama dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten-kota di Indonesia. Semua pencapaian dan dampak positif ini tidak akan kita raih tanpa itu semua. Semoga dengan percepatan digitalisasi di seluruh wilayah Indonesia ini akan menjadi penyemangat, sehingga program-program pemerintah dapat berjalan dengan lebih cepat dan hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.



Berita Terkait
Palapa Ring Integrasi, Tunaikan Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada
Palapa Ring Integrasi, Tunaikan Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada

02 November 2022
#Infrastruktur, Palapa Ring, Kominfo RI

Selengkapnya