Hari Pahlawan, Dinsos Jatim Gelar Teatrikal Kepahlawanan

  • 592 view
  • #HARI PAHLAWAN

Jatim Newsroom - Memperingati Hari Pahlawan, banyak kreativitas yang dilakukan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dalam membuat drama teatrikal yang selanjutnya direkam dijadikan video dokumenter.
 
Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr Alwi mengatakan, kalau kegiatan ini diikuti sebanyak 45 orang yang berasal dari jajaran Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan mereka benar benar menghayati serta nampak jiwa patriotisme.
 
Lebih lanjut, Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Restu Novi Widiani mengatakan, kegiatan Hari Kepahlawanan tidak lepas dari Dinas Sosial yang didalamnya memiliki seksi kepahlawanan. 
 
"Jadi tidak bisa, kalau tidak ada apa apa, selanjutnya inisiasinya semangat kepahlawanan itu tidak boleh luntur dan tetap diperingati agar tidak meninggalkan sejarahnya," ujarnya, Selasa(9/11/2021).
 
Selanjutnya Novi juga mengatakan, semangat perjuangan harus milik dari perintis kemerdekaan, perjuangan juga harus diwariskan ke generasi muda dalam memperjuangkan di masa kini dan kedepan.
 
"Menjembatani masa lalu dengan masa sekarang. Ya intinya jangan lupa sejarah dan kepahlawanan sekarang tidak pahlawan yang berjuang dengan tombak," tandasnya.
 
Tetapi, lanjut Novi,  perjuangan kedepan bisa jadi  melawan kemiskinan, melawan bencana, melawan kebodohan dan perjuangan untuk bisa digitalisasi atau lebih dalam transformasi digital.
 
Dalam teatrikal tersebut, Kepala Dinsos Jatim mendorong kursi roda salah satu perintis kemerdekaan. Selanjutnya perintis kemerdekaan tersebut mengingat kembali masa perjuangan terdahulu.
 
Dimana masa perjuangan dengan merobek bendera Belanda warna biru menjadi bendera merah putih yang merupakan bendera Bangsa Indonesia dengan semangat dari tokoh Pahlawan Bung Tomo.
 
Kemudian diwujudkan dalam aksi teatrikal yang berlangsung di halaman gedung A Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. "Video ini nantinya akan disebarkan tepat pada Hari Pahlawan tanggal 10 November," katanya. (her/n)



Berita Terkait
Peringati Hari Pahlawan, Sebagai Pemacu Perjuangan
Peringati Hari Pahlawan, Sebagai Pemacu Perjuangan

12 Desember 2021
##HARI PAHLAWAN

Selengkapnya
Gubernur Jawa Timur Pimpin Upacara Bendera Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya
Gubernur Jawa Timur Pimpin Upacara Bendera Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya

12 Desember 2021
##HARI PAHLAWAN

Selengkapnya