Gubernur Khofifah optimis Jatim Fest 2023 Beri Penguatan dan Dorong UMKM Naik Kelas

  • 22002 view
  • Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, optimis gelaran Jatim Fest 2023 akan memberikan penguatan dan mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Tak hanya itu, ia juga optimis gelaran ini akan mampu mendongkrak ekonomi melalui berbagai macam keunggulan produk UMKM.

"Sinergitas antara pelaku usaha, BUMD, BUMN dan pemerintah memberikan penguatan serta peningkatan atau naik kelasnya UMKM kita harapkan bisa lebih cepat, lebih cepat dan lebih cepat lagi baik secara digital ekosistemnya maupun dari skill," kata Gubernur Khofifah usai meninjau langsung Jatim Fest yang dihelat di Jatim Expo Surabaya, Sabtu (7/10/2023).

Yang menggembirakan dalam tiga hari sejak pembukaan pada Rabu (4/10), gelaran Jatim Fest telah dikunjungi 17.931 orang dengan total transaksi mencapai Rp. 7.277.188.000.

Rinciannya, hari pertama transaksi Rp. 1.705.907.000 dengan pengunjung sebanyak 3.748 orang. Di susul hari kedua, mencatatkan transaksi sebesar Rp. 2.668.167.000 dengan jumlah pengunjung 6.797 orang. Dan hari ketiga, mencatatkan transaksi senilai Rp. 2.903.114.000 dengan pengunjung sebanyak 6.846.

"Alhamdulillah, dalam tiga hari sudah mencapai lebih dari Rp 7 Miliar. Ini menjadi bukti bahwa acara ini mampu menjadi penggerak perekonomian bagi UMKM," kata Gubernur Khofifah.

"Melihat tren ini, kami optimis angka transaksi dan pengunjung pun akan terus meningkat hingga acara penutupan yang akan dilakukan pada 8 Oktober 2023 sore," imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam mewujudkan UMKM naik kelas, pihaknya mendorong pelaku usaha cepat beradaptasi dengan digital ekosistem. Sebab, semakin hari berbagai cara pemasaran produk diperlukan utamanya  melalui digital marketing.

Selain itu, mereka harus memahami bagaimana mempromosikan produknya agar orang yang memberikan respon atas produk relatif lebih komprehensif.

Tidak sekadar digital ekosistem yang menjadi bagian penting, tetapi pertemuan antar para pelaku usaha dalam event seperti ini juga penting. Artinya, tidak hanya pertemuan secara virtual tetapi orang akan melihat produk-produk dari BUMN, BUMD, Pemerintah dan private sektor dan saling bertukar pikiran memberi nilai tambah.

"Ini akan menjadi pertemuan interaktif yang mudah-mudahan bisa memberikan nilai tambah sehingga UMKM kita cepat naik kelas," tegasnya.

Lebih lanjut, Khofifah menegaskan, bahwa Jatim Fest memberikan dampak besar bagi sektor perekonomian khususnya UMKM Jatim. Sebab, masyarakat akan melihat secara langsung bagaimana kualitas dan daya saing produk UMKM melalui gelaran ini.

"Inilah fasilitasi yang diberikan oleh Pemprov Jatim sebagai ajang promosi produk unggulan UMKM. Mengingat kontribusi UMKM Jatim saat ini telah mencapai   58,36% PDRB Tahun 2022," ungkapnya.

Berdasarkan data yang ada, PDRB Jatim pada triwulan (TW) II tahun 2023 berkontribusi sebesar 14,45 persen pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan berkontribusi sebesar 25,23% PDRB Pulau Jawa.

"Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jatim pada TW II tumbuh secara impresif sebesar 2,66% (q-to-q) dan tertinggi di Pulau Jawa," katanya.

Khofifah mengatakan, kinerja ekonomi Jatim dari _supply side_ ditopang oleh tiga sektor lapangan usaha. Salah satunya adalah Sektor Perdagangan yang berkontribusi sebesar 19,13 persen dalam pembentukan PDRB Jatim dan serapan 19,07 persen tenaga kerja atau 4,27 juta orang.

Ia berharap, terselenggaranya event ini mengungkit potensi-potensi unggulan tiap daerah sehingga mendapatkan perluasan akses pasar dan UMKM Jatim bisa bangkit.

"Saya optimis acara ini mampu menjadi alternatif pemulihan ekonomi dan membuat Jatim semakin melaju. Selamat menyemarakkan dan ikuti event dagang terbesar se-Jatim ini," ungkapnya.

Untuk itu, Khofifah pun kembali mengajak seluruh masyarakat Jatim untuk mengunjungi Jatim Fest yang masih terselenggara hingga Minggu, 8 Oktober besuk sore.

"Jangan sampai menyesal tidak datang ke acara ini. Mari manfaatkan weekend dengan datang ke event ini," tutupnya.

Adapun sebanyak 88 peserta menempati 190 Stand pameran. Terdiri dari 1 stand Kementerian Pertanian, 28 stand OPD Provinsi Jatim, 10 stand BUMN/BUMD/Lembaga Tinggi Negara, 12 stand Kab/Kota di Jatim, 5 stand BLUD dan 32 stand pihak swasta.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah mengunjungi stand dinas sosial yang menampilkan berbagai produk kerajinan tangan karya  disabilitas di bawah binaan Dinas Sosial Jatim.

Saat menghampiri, Gubernur Khofifah menyapa dan berinteraksi dengan beberapa anak disabilitas intelektual dari UPT rehabilitasi sosial bina grahita, Kabupaten Tuban. Mereka sedang membuat batik ecoprint melalui teknik bounding (dipukul) menggunakan palu karet. Selain teknik bounding, ada juga teknik steam (kukus) batik ecoprint.

Harga kain ecoprint dijual mulai Rp 140.000 - Rp 250.000. Sedangkan kerajinan lain berbentuk tote bag dijual seharga Rp 40.000 - 85.000. Nantinya, hasil penjualan untuk biaya operasional 60 penerima manfaat disabilitas intelektual.

Selanjutnya, ia mengunjungi stand disperindagin Kabupaten Cirebon. Di sana, dirinya melihat dan memilih beragam jenis kain batik yang dijual. Dilanjutkan meninjau stand kain tenun dari Mojoagung, Kabupaten Jombang dan stand batik Madura binaan Pertamina.

Sebagai informasi, tak hanya pameran dagang, Jatim Fest juga menyediakan fasilitas playground area wahana permainan anak, stand kuliner yang bisa dinikmati di tempat, sampai doorprize dengan grand prize paket umrah.

Selain itu, juga ada konser musik dan gelar seni daerah Jatim, talk show kuliner Jatim, sharing session pelaku UKM di Jatim, workshop kerajinan hingga Jatim Bersholawat.

Selain layanan publik juga dipamerkan antara lain furniture, craft, produk kulit, fashion, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, produk kelautan, perikanan, dan pertanian, energi sumber daya mineral, bursa wisata, online, kosmetik dan herbal, industri kesehatan, dan lain-lain.

Sementara, untuk tiket konser musik regular berbayar Rp80.000 dan dapat dibeli secara online melalui aplikasi Blibli. Dengan guest stars antara lain Coldiac, Stars & Rabbit, Bagindas & Fake Dopp. Jadi, ayo datang dan ramaikan Jatim Fest Oktober 2023.(red)



Berita Terkait
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Festival Mangrove Jatim

Selengkapnya
Perbaikan Pipanisasi Empat Desa Terdampak Karhutla Gunung Bromo Rampung
Perbaikan Pipanisasi Empat Desa Terdampak Karhutla Gunung Bromo Rampung

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Gelar Festival Mangrove di Romokalisari Land
Gubernur Khofifah Gelar Festival Mangrove di Romokalisari Land

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Festival Mangrove Jatim

Selengkapnya
Gubernur Jatim Kalungkan Medali Kejuaraan Bulu Tangkis Internasional ‘BNI Indonesia Master-Super 2023’
Gubernur Jatim Kalungkan Medali Kejuaraan Bulu Tangkis Internasional ‘BNI Indonesia Master-Super 2023’

31 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,pbsi jatim,gubernur jatim,Bulu tangkis,PBSI

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Terima Pengurus dan Jajaran ESI Provinsi Jatim
Gubernur Khofifah Terima Pengurus dan Jajaran ESI Provinsi Jatim

31 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah,Kadis Kominfo Jatim,esport,sherlita

Selengkapnya