Gubernur Khofifah Minta Bank Jatim Berikan Special Kredit Bagi Disabilitas Produktif

  • 2488 view
  • #BANK JATIM

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Bank Jatim memberikan special kredit atau program Corporate Social Responsibilityatau CSR bagi disablitas yang produktif.

Hal itu ia sampaikan saat puncak acara Hari Disabilitas Internasional di Jatim, Rabu (8/12/2021) di Kota Madiun.     

“Kita ingin sama-sama mendorong produktifitas dari karya para disabilitas di Jatim. Kita juga melihat bersama-sama melihat dan menyaksikan mereka yang selama ini sudah mendedikasikan untuk pemberdayaan ekonomi dan peroduktifitas bagi penyandang disabilitas,” terangnya.

Hari Disabilitas Internasional diperingati di Kota Madiun menjadi aglomerasi penguatan beragam elemen di Kota Madiun dan Kabupaten Madiun yang harus berseiring. “Saya berterima kasih kepada semua elemen stretegis di Jatim yang telah menyatukan energi positifnya memberikan apresiasi mendorong pemberdayaan, penguatan  dan pengakuan, penghormatan terhadap disabilitas di seluruh dunia, seluruh Indonesia terutama di Jatim,” katanya.

Menanggapi permintaan Gubernur Khofifah, Dirut Bank Jatim, Busrun Iman mengaku siap bekerja sama dengan Dinas Sosial untuk mensuport para Disabilitas agar senantiasa tetap kreatif, semangat dan produktif. “Ini juga menjadi menjadi komitmen kami untuk ikut serta berperan aktif dalam mendorong percepatan pembangunan di Jatim,” katanya.

Walikota Madiun, Maidi mengaku berterimakasih kegiatan puncak Hari Disabilitas Internasional di Jatim dipusatkan di Kota Madiun. Menurutnya, saat ini keadaan ekonomi pelan-pelan mengalami peningkatan. Pembangunan secara fisik dan non fisik di Kota Madiun terus mengalami peningkatan, dan berkomitmen menjadi kota yang terbersih. ”Kami berharap kegiatan-kegiatan tingkatan Jatim dan nasional sering diadakan atau diselenggarakan di Kota Madiun,” ujar Maidi.

Kepala Dinas Sosial Jatim, Alwi menambahkan, Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas, yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka mengikis stigma terhadap penyandang disabilitas serta memberikan dukungan untuk pemenuhan hak dan meningkatkan kemandirian disabilitas menuju disabilitas yang berdaya dalam berbagai aspek kehidupan.

Tujuan ini selaras dengan tema peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2021, yaitu Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19.

Dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 ini juga diberikan Santunan anak yatim, penyerahan alat bantu mobilitas prostheses, penyerahan simbolis bantuan sosial asistensi sosial penyandang disabilitas, apresiasi penghargaan bagi pengusaha peduli disabilitas dan apresiasi penghargaan bagi pegiat dan praktisi penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bidang Audiologi.

Pada kegiatan ini juga diselenggarakan gelar karya disabilitas yang diisi oleh UPT Disabilitas Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas. (her)



Berita Terkait
Komisi C Minta Bank Jatim Cabang Lumajang Tingkatkan Kucuran Kredit Lunak ke Pelaku UMKM
Komisi C Minta Bank Jatim Cabang Lumajang Tingkatkan Kucuran Kredit Lunak ke Pelaku UMKM

12 Desember 2021
##BANK JATIM

Selengkapnya
Komisi C Dorong Bank Jatim Siap Hadapi Persaingan Antar Bank
Komisi C Dorong Bank Jatim Siap Hadapi Persaingan Antar Bank

12 Desember 2021
##BANK JATIM

Selengkapnya