Gubernur Jawa Timur Pimpin Upacara Bendera Hari Pahlawan 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya

  • 861 view
  • #HARI PAHLAWAN

Jatim Newsroom - Memperingi Hari Pahlawan Ke 76 Tanggal 10 November 2021, Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa bertindak selaku Pembina Upacara Bendera Hari Pahlawan yang digelar di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (10/11/21).

Seluruh kegiatan upacara ini dilaksanakan tetap dengan pemberlakuan Protokol Kesehatan Pencegahan Pandemi Covid 19, diikuti peserta upacara dari jajaran TNI - Polri, Wanita TNI - Polri, Taruna Akademi Angkatan Laut dan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Resimen Mahasiswa dan Gerakan Pramuka serta Korps Musik Pemprov. Jatim yang mengiringi jalannya upacara. Upacara juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak dan Plt. Sekdaprov. Jatim Heru Tjahjono.

Undangan Upacara terdiri dari Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain Pangdam. V Brawijaya, Kapolda Jatim, Panglima Armada II, Gubernur AAL dan Panglima Komando Utama lainnya, Kajati Jatim, Ketua Pengadilan Tinggi Jatim, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemprov. Jatim serta undangan lainnya, untuk memeriahkan dan khidmat upacara juga dilakukan persembahan lagu perjuangan dari Paduan Suara dan orkestra.

Peringatan Hari Pahlawan Ke 76 tahun 2021 bertemakan Pahlawanku Inspirasiku. Seluruh pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan, sedangkan tujuannya untuk membangun ingatan bangsa sehingga dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme.

Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa dalam amanatnya mengatakan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November adalah salah satu pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya. Segenap rakyat Indonesia dari berbagai Ras, Suku dan Agama dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk bergerak menyerahkan hidupnya demi membela Negara Indonesia.

Peristiwa 10 November dan berbagai macam peristiwa dalam aksi kepahlawanan lainnya melibatkan pikiran, hati, tindakan, darah, keringat dan air mata dari para pendahulu. Nilai-nilai kepahlawanan dan kebaikan harus dirawat dan dijaga dengan cara menjadikan pendidikan sebagai orientasi untuk memajukan karakter bangsa dengan cara pemuliaan kemanusiaan, budi pekerti dan akhlakul kharimah.

Dalam sebuah nasionalisme harus dilandasi oleh kemanusiaan yang tinggi. Hari Pahlawan 10 November pada saat ini diperingati dengan tema Pahlawanku Inspirasiku karena di Indonesia memiliki banyak Pahlawan dengan kisah pengorbanan dan perjuangan pada masa dahulu, hal itulah yang diharapkan dapat menginspirasi pemuda, remaja, dan masyarakat Indonesia. Menghadapi era masa kini, Gubernur menjelaskan dalam Era Digitalisasi Teknologi yang harus diterapkan adalah kekuatan dan kemampuan menguasai teknologi hal itu dapat digunakan untuk mendorong kita melakukan langkah konkret dalam menghadapi perkembangan digitalisasi teknologi.

Langkah nyata itu telah dihasilkan pada dua perguruan tinggi yaitu Universitas Airlangga yang telah mengembangkan Vaksin Merah Putih  dan Institut Teknologi 10 November (ITS) yang telah mengembangkan kendaraan roda dua bertenaga listrik yang diberi nama Gesits.

Teknologi dan Informasi menjadi bagian kebutuhan kita terutama untuk mewujudkan Big Data, Big Data merupakan data-data yang besar guna mencakup segala aktivitas yang dibutuhkan manusia pada beberapa sektor-sektor kehidupan. Dengan begitu diharapkan di Jawa Timur segera melakukan transformasi digital guna menunjang terwujudnya percepatan kesejahteraan dan suksesnya berbagai program yang telah direncanakan.

"Saya mengajak kepada seluruh elemen strategis di Jawa Timur untuk melakukan transformasi digital guna menunjang terwujudnya percepatan kesejahteraan dan suksesnya berbagai program yang telah direncanakan, oleh karena itu kami mengajak elemen masyarakat di Jawa Timur bersama-sama kembali meneladani para Pahlawan Nasional kita dan mengikutinya" pungkas Gubernur. (nis-untag,pno).



Berita Terkait
Peringati Hari Pahlawan, Sebagai Pemacu Perjuangan
Peringati Hari Pahlawan, Sebagai Pemacu Perjuangan

12 Desember 2021
##HARI PAHLAWAN

Selengkapnya
Hari Pahlawan, Dinsos Jatim Gelar Teatrikal Kepahlawanan
Hari Pahlawan, Dinsos Jatim Gelar Teatrikal Kepahlawanan

12 Desember 2021
##HARI PAHLAWAN

Selengkapnya