Gubernur Jatim Gelar Salat Qiyamul Lail dan Lomba Memasak Antar Kepala OPD

  • 2775 view
  • Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa punya cara tersendiri dalam membangun ukhuwah keakraban dan kekompakan lahir dan batin di jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jawa Timur dengan menggelar Salat Qiyamul Lail berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan lomba memasak berbahan dasar bandeng Gresik, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (20/4/2022) dini hari.

Untuk Qiyamul Lail berjamaah, KH Abdul Hamid selaku Ketua LPTQ Jatim mendapat amanah khusus untuk menjadi imam. Rangkaian salat malam berjamaah tersebut diharapkan menjadi penguat sambung rasa dan sambung batin diantara seluruh jajaran kepala OPD agar kian tersatukan niatnya dalam menjalankan tugas memberi layanan terbaik bagi warga Jatim. Setelah Qiyamul Lail rampung, Gubernur Khofifah mengajak para kepala OPD menuju Gazebo Grahadi untuk menerima tantangan dalam Lomba Masak Berbahan Dasar Bandeng Gresik.

Gubernur Khofifah mengatakan, bandeng tersebut dibelinya dari Gresik dalam kontes dan festival bandeng kawak yang rutin berlangsung tiap Minggu terakhir bulan puasa. Festival tersebut mampu mengangkat dan membangkitkan perekonomian masyarakat setempat. Karena beragam produk mulai dari baju kebutuhan lebaran hingga makanan suguhan idul fitri tersaji dengan lengkap.

Dalam kegiatan itu bak kontes masak betulan, para kepala OPD pun dibagi menjadi tim dan ditantang untuk menyajikan menu terbaik untuk disantap sebagai menu sahur hari ini. Kepala OPD itu pun otomatis alih profesi menjadi koki handal. Para kepala OPD yang laki-laki tak mau kalah dengan yang perempuan dalam mengolah bumbu masakan.

Bandeng Gresik mulai diolah menjadi berbagai menu yang bervariasi. Ada yang berkreasi membuat lodeh bandeng, asem-asem bandeng, bandeng woku, hingga bandeng yang digoreng dengan sambal terasi. Bahkan ada yang memasak bandeng dengan olahan masakan.

Selama lomba berjalan, Gubernur Khofifah bersama Wagub Emil Dardak berkeliling meninjau masakan di tiap-tiap kepala OPD. Kegiatan ini dilakukan untuk berbagi keceriaan di bulan suci ramadhan yang sudah mencapai ujungnya. Selain itu juga dilakukan untuk mempererat keguyuban dengan para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

“Para kepala OPD memasak Ikan Bandeng yang dibelinya Festival Bandeng di Gresik. Lomba ini memang sengaja kita gelar untuk kemudian disantap bersama-sama sebagai menu utama sahur. Tujuannya ya ingin supaya kita semakin guyub, akrab dan kompak,” ungkap orang nomor satu di Jatim.

Untuk menentukan pemenang, Gubernur Khofifah menunjuk tiga juri. Ada tiga kategori penilaian, yakni rasa, penyajian, dan proses memasak. Dari hasil penilaian dewan juri, terpilih enam pemenang dengan berbagai macam kategori. Tim juri tersebut yakni, Wakil Gubernur Jawa Timur,  Emil Elestianto Dardak, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim dan Pakar Komunikasi Universitas, Airlangga Suko Widodo.

Pemenang Kategori Cita Rasa :

 - Juara 1, Karo PBJ dan Karo Adm. Pembangunan,  

- Juara 2, Pancawira Jatim  

- Juara 3, Analis Kebijakan Ahli Utama 

Pemenang Kategori Kreativitas : 

- Juara 1, Kadis Sosial dan Dinas Transmigrasi 

- Juara 2, Kadis ESDM dan Inspektorat  

- Juara 3, Bina Marga dan Cipta Karya. (jal)



Berita Terkait
Gubernur Khofifah Terima Pengurus dan Jajaran ESI Provinsi Jatim
Gubernur Khofifah Terima Pengurus dan Jajaran ESI Provinsi Jatim

31 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah,Kadis Kominfo Jatim,esport,sherlita

Selengkapnya
HUT Jatim ke 78, Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam Presiden RI Pertama Soekarno
HUT Jatim ke 78, Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam Presiden RI Pertama Soekarno

13 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Buka Jambore Jatim 2023
Gubernur Khofifah Buka Jambore Jatim 2023

04 Oktober 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah,Kwarda Pramuka Jatim,Kwarda Jatim,Jambore Daerah Jawa Timur 2023

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Lantik 11 Penjabat Bupati/Walikota
Gubernur Khofifah Lantik 11 Penjabat Bupati/Walikota

25 September 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah,pelantikan

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Sampaikan Rancangan Perubahan APBD Jatim Tahun 2023
Gubernur Khofifah Sampaikan Rancangan Perubahan APBD Jatim Tahun 2023

12 September 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,gubernur khofifah

Selengkapnya