FIKK Unesa Gelar Program Pengabdian Masyarakat

  • 3012 view
  • unesa

Jatim Newsroom - Universitas Negeri Surabaya Kembali mengadakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 Oktober 2023 di Aula SMPN 17 Surabaya, di Jalan Tenggilis Mejoyo. Peserta dari kegiatan ini sebanyak 63 orang yang merupakan guru-guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) seluruh SMP se Surabaya.

Ketua Kegiatan PKM , Awang Firmansyah, M.Kes, Rabu (25/10/2023) mengatakan, pada kegiatan kali ini tim PKM UNESA bekerjasama dengan tim MGMP PJOK SMP Surabaya. Menariknya, Kepala Dinas Pendidikan Yusuf Masruh turut hadir dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung selama sehari dengan tema “Pelatihan Pencegahan Cedera Olahraga pada Guru PJOK”. Beliau berpesan agar peserta harus menyimak dengan seksama karena materi ini sangat penting untuk diterapkan dalam lapangan.

Dijelaskan Awang, latar belakang kegiatan ini adalah terbatasnya informasi mengenai tatalaksana ketika terjadi cedera dilapangan pada peserta didik. Dengan begitu diperlukan peningkatan pemahaman mengenai apa itu cedera olahraga, bagaimana bila menemukan peserta didik yang mengalami cedera dan mencegah terjadinya cedera olahraga. Acara dibagi menjadi tiga topik yang dibawakan oleh Awang Firmansyah, M.Kes, dr. I Made Wijaya, Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.

Menurutnya, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini terlihat dari berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi berlangsung. Sehingga membuat kegiatan ini lebih aktif.

“Terima kasih atas kegiatan kali ini, semoga bisa berkegiatan lagi di tahun berikutnya” tutur Iska seorang ketua MGMP Guru PJOK SMP Surabaya.

“Semoga dengan adanya kegiatan kali ini dapat meniingkatkan pemahaman para guru bila menghadapi cedera olahraga pada peserta didik dilapangan dan tau harus melakukan apa,“ kata ketua kegiatan PKM Awang Firmansyah,M.Kes.

Setelah penutupan kegiatan, para peserta dibagikan alat sederhana yaitu ice bag dan miniband untuk bekal Ketika berada di sekolah nantinya.(her/s) 



Berita Terkait
Atlet Unesa Sumbang Tiga Medali Kontingen Indonesia SEA Games 2023 Kamboja
Atlet Unesa Sumbang Tiga Medali Kontingen Indonesia SEA Games 2023 Kamboja

12 Mei 2023
#atlet Unesa Tim Indonesia SEA Games 2023

Selengkapnya
Relawan UNESA Lakukan Misi Kemanusiaan di Masalembu
Relawan UNESA Lakukan Misi Kemanusiaan di Masalembu

13 Desember 2021
##UNESA

Selengkapnya