Era Digital Butuh Produksi Konten Kreatif

  • 5005 view
  • Diskominfo Jatim,era digital,produksi konten,konten kreatif

Jatim Newsroom - Produksi konten kreatif menjadi hal yang penting di era digital. Konten yang baik adalah yang bisa menarik audiens untuk mengikuti informasi dalam konten tersebut.

Hal ini mengemuka dalam Bimbingan Teknis tentang Produksi Konten Digital Kreatif yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim), di Malang Creative Center, Kota Malang, Selasa (17/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri lebih kurang 100 orang yang terdiri dari pengelola media sosial dan perwakilan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur.

"Misalnya saja menjadikan informasi yang berbasis data diolah secara kreatif melalui infografis atau videografis. Paduan data, visual dan audio bisa menjadi senjata untuk membuat konten kreatif dan kekinian ataupun personal branding di media sosial," ujar Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim, Assyari.

Kabid Assyari pun menggarisbawahi era digital seharusnya berada di genggaman untuk dikendalikan. "Bukan kita yang sebaliknya dikendalikan. Menjaga ruang digital itu berusaha untuk ikut terlibat dan menggerakkan orang-orang untuk bisa memproduksi kebaikan dan konten positif di setiap aktivitas digital kita," terangnya.

Apalagi, lanjut Assyari, di tahun 2024 akan ada pesta demokrasi yang perlu diantisipasi. "Di Pemilu 2024, berita hoaks dan disinformasi lain juga tentu semakin banyak dan tugas kita bersama untuk mengedukasi masyarakat melalui konten-konten digital yang positif namun dikemas secara kreatif," tegasnya.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber. Pertama, Founder Good News From Indonesia (GNFI), Akhyari Hananto menjelaskan materi bertajuk "Proses Kreatif Produksi Konten Kreatif". Kedua, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya, Eben Haezer menyampaikan materi bertajuk "Media dan Komunikasi Massa berbasis Konten Kreatif". Ketiga Dosen Komunikasi UNESA, Putri Aisyiyah Rachma Dewi memaparkan tentang "Komunikasi Persuasif dalam Konten Media Sosial". (idc/s)



Berita Terkait
Indeks SPBE Capai 3,62, Pemprov Jatim Terus Geliatkan Pelayanan Publik yang Cepat, Efisien, Berbasis Digital
Indeks SPBE Capai 3,62, Pemprov Jatim Terus Geliatkan Pelayanan Publik yang Cepat, Efisien, Berbasis Digital

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Apresiasi Gudang Biomassa PT Ajinomoto dan Dorong Percepatan Transisi Energi
Gubernur Khofifah Apresiasi Gudang Biomassa PT Ajinomoto dan Dorong Percepatan Transisi Energi

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Kendalikan Inflasi, Gubernur Khofifah Terus Gelar Pasar Murah di Berbagai Daerah
Kendalikan Inflasi, Gubernur Khofifah Terus Gelar Pasar Murah di Berbagai Daerah

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Sepanjang 2021-2023, Angka Kecelakaan Kerja di Jatim Menurun
Sepanjang 2021-2023, Angka Kecelakaan Kerja di Jatim Menurun

15 Januari 2024
#gubernurjawatimur,khofifahindarparawansa,

Selengkapnya
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove
Gubernur Khofifah Apresiasi Upaya Hilirisasi Petani Mangrove

03 November 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,Festival Mangrove Jatim

Selengkapnya