Ekspor dan Impor Jatim Didominasi Perdagangan Barang dan Jasa Antarnegara

  • 136469 view
  • ekspor,impor,BPS Jatim

Jatim Newsroom – Baik ekspor maupun impor di Jawa Timur lebih didominasi perdagangan barang dan jasa antarnegara. Kondisi ini menggambarkan bahwa Jawa Timur masih membutuhkan barang barang dari luar negeri seperti untuk bahan baku sektor industri, mesin mesin, dan peralatan untuk industri. 

Kemudian yang menjadi andalan barang impor dari Jawa Timur antara lain mesin mesin/pesawat mekanik, besi dan baja, plastik dan barang dari plastik, pupuk, dan gandum-ganduman. 

Hal ini tercatat dalam Laporan Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Timur Triwulanan menurut Pengeluaran tahun 2017-2021 yang dipublikasikan di laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Juli 2022. 

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan mengatakan bahwa nilai impor luar negeri Jawa Timur tergolong tinggi, hampir seimbang jika dibandingkan dengan nilai ekspor. Namun, akibat adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020, aktivitas impor luar negeri Jawa Timur banyak mengalami kontraksi. 

Jika di tahun-tahun sebelum 2020, terjadi kontraksi paling banyak 2 triwulan setiap tahunnya, maka pada tahun 2020, justru kontraksi laju pertumbuhan impor luar negeri terjadi hingga 3 triwulan, yaitu triwulan I, II, dan III. Kemudian di tahun 2021, impor luar negeri Jawa Timur mulai membaik, bahwa kontraksi terjadi hanya pada triwulan III, yaitu sebesar 4,10 persen. (idc/n)



Berita Terkait
BPS Jatim Catat Data Manufaktur hingga Ekspor Impor di September 2023
BPS Jatim Catat Data Manufaktur hingga Ekspor Impor di September 2023

23 Oktober 2023
#ekspor,impor,BPS Jatim,data manufaktur

Selengkapnya
BPS Jatim Catat Statistik Ekspor Impor 2022
BPS Jatim Catat Statistik Ekspor Impor 2022

14 Agustus 2023
#ekspor,impor,BPS Jatim

Selengkapnya