DPU Bina Marga Jatim Lakukan Pemeliharaan Jembatan ruas Mojokerto

  • 16194 view
  • DPUBinaMarga

Jatim Newsroom - DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur, melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT. PJJ) Mojokerto, telah berhasil melaksanakan kegiatan pemeliharaan jembatan yang terletak di ruas jalan Bts. Kota Batu (Jbt.Cangar II – Pacet).

Kegiatan pemeliharaan jembatan tersebut dilakukan oleh tim teknis Mojokerto yang telah melakukan persiapan matang sebelum memulai proses pemeliharaan. Mereka membawa semua peralatan dan alat yang diperlukan untuk menjaga dan merawat jembatan Lemah bang agar tetap dalam kondisi yang siap melayani pengguna jalan.

Mengutip laman resmi DPU Bina Marga Jatim, Rabu (1/11/2023), Sugianto, selaku pengamat kegiatan pemeliharaan, menjelaskan, tujuan utama dari pemeliharaan jembatan ini adalah untuk mempertahankan kondisi jembatan dan struktur jembatan di wilayah UPT. PJJ Mojokerto agar selalu dalam kondisi siap melayani pengguna jalan. Langkah-langkah pemeliharaan ini ditujukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi pengendara yang melintasi jembatan Lemah bang.

Proses pemeliharaan dimulai dengan pembersihan jembatan dari kotoran dan debu yang menempel pada permukaan jembatan. Tim teknis menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan jembatan secara menyeluruh. Selain itu, mereka juga melakukan pemeriksaan struktur jembatan, termasuk pemeriksaan khusus. Apabila ditemukan kerusakan atau keausan pada jembatan, tim teknis melakukan perbaikan dengan mengganti bagian yang rusak. Pengecatan ulang juga dilakukan pada beberapa bagian jembatan yang terlihat pudar atau terkelupas untuk melindungi struktur jembatan dari kerusakan akibat cuaca dan korosi.

Sugianto, juga memastikan bahwa semua tindakan yang diambil oleh tim teknis sesuai dengan standar keamanan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Jika terdapat masalah atau kekurangan, ia memberikan masukan kepada tim teknis agar perbaikan dapat dilakukan secara maksimal.

 

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPT PJJ Mojokerto, Andy Suseno, yang turut mendampingi kegiatan pemeliharaan ini, menyampaikan bahwa pemeliharaan ini dilaksanakan dengan teliti dan hati-hati. Tim teknis Mojokerto berusaha memastikan bahwa jembatan Lemah bang dapat berfungsi dengan baik dan aman bagi pengguna jalan. Dengan adanya perawatan rutin seperti ini, diharapkan jembatan Lemah bang dapat bertahan dalam kondisi yang baik dan siap melayani pengguna jalan dalam waktu yang lama.(red)



Berita Terkait
DPU Bina Marga Jatim Ikuti Rapat Forum Lalu Lintas Situbondo
DPU Bina Marga Jatim Ikuti Rapat Forum Lalu Lintas Situbondo

26 Oktober 2023
#DPUBinaMarga

Selengkapnya
DPU Bina Marga Jatim Ajak 21 PPK Belajar Perkerasan Aspal dengan CMM
DPU Bina Marga Jatim Ajak 21 PPK Belajar Perkerasan Aspal dengan CMM

26 Oktober 2023
#DPUBinaMarga

Selengkapnya
Bersyukur Raih BM Awards 2023, UPT PJJ Mojokerto Gelar Maulidan dan Tumpengan
Bersyukur Raih BM Awards 2023, UPT PJJ Mojokerto Gelar Maulidan dan Tumpengan

17 Oktober 2023
#DPUBinaMarga

Selengkapnya