Doktor Muda Unair Temukan Vaksin Covid-19 Halal Berbasis Dendritik

  • 42893 view
  • unair

Jatim Newsroom- Pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir meski PPKM telah dicabut, mutasi virus hingga penularan masih terjadi. Sementara itu penelitian terus dilakukan guna menemukan formula yang tepat untuk menghadapi virus ini. Hal ini yang juga dilakukan oleh Dr Arif Nur Muhammad Ansori SSi MSi sosok doktor muda Universitas Airlangga (Unair) yang baru menyelesaikan sidang disertasi terbuka.

Vaksin berbasis imunoterapi dengan sel dendritik dikembangkan dari hasil penelitian disertasi yang telah Arif susun. Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari vaksin ini. “Vaksin ini memiliki berbagai macam kelebihan seperti aspek halal, respon imun lebih cepat, tidak memerlukan adjuvant, tidak adanya penolakan dari tubuh, dan efek samping yang minimal,” terangnya, Surabaya, Jumat (3/2/2023).

Arif mengatakan, vaksin ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan vaksin lainnya. “Jika vaksin yang lain masih memiliki berbagai macam kekurangan seperti efek samping yang berat, adanya respon penolakan tubuh, dan aspek halal yang masih belum terpenuhi,” ungkap Arif.

Awal Mula Penelitian

Penelitian yang dilakukan Arif tersebut bermula saat Covid-19 pertama kali masuk di Indonesia pada Maret 2020. Arif bersama tim dari Professor Nidom Foundation melakukan analisis terhadap virus Covid-19. Penelitian yang dilakukan Arif pada disertasinya berfokus pada protein S atau spike.

Protein yang didapat itu lalu dipetakan melalui metode in silico dan in vitro dimana hasilnya berupa protein terbaik dalam menghasilkan respon imun. Hasil penelitian juga telah melalui proses publikasi jurnal ilmiah pada 2020 dan 2021 lalu yang masuk pada jurnal internasional terindeks Scopus baik Q2 maupun Q1.

Meski demikian, proses penelitian berjalan bukan tanpa kendala. Kesulitan pernah Arif hadapi. Seperti pada aspek pendanaan dan fasilitas pendukung penelitian. Kendati demikian, dukungan penuh dari Professor Nidom Foundation, serta dana penelitian dari Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul (PMDSU) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuatnya dapat menyelesaikan penelitian dengan baik.

Penelitian yang dihasilkan oleh Arif tersebut dapat menjadi dasar konstruksi protein S yang digunakan dalam pembuatan vaksin berbasis imunoterapi dengan sel dendritik. “Hasil penelitian ini dapat menunjang kemandirian Indonesia tanpa menggantungkan diri pada bangsa lain untuk ketersediaan protein S,” jelas doktor muda lulusan program doktor Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR tersebut.

Hasil penelitian berupa vaksin ini akan terus dikembangkan sehingga tidak hanya mengendap di perpustakaan atau bahkan berhenti pada publikasi ilmiah saja. “Harapannya vaksin ini dapat digunakan lebih luas untuk masyarakat Indonesia mengingat akan keunggulan dibanding lainnya seperti aspek halal dan minimnya efek samping yang ditimbulkan,” pungkasnya. (mad/hjr)



Berita Terkait
Gubernur Khofifah Terima Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi dari Unair
Gubernur Khofifah Terima Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi dari Unair

17 Oktober 2023
#unair,gubernur khofifah

Selengkapnya
Program Studi FEB UNAIR Terbaik di Indonesia
Program Studi FEB UNAIR Terbaik di Indonesia

29 Maret 2023
#unair,airlangga

Selengkapnya
Mahasiswa Unair Sabet Tiga Medali The Champion JKC Cup Jawa Timur
Mahasiswa Unair Sabet Tiga Medali The Champion JKC Cup Jawa Timur

28 Maret 2023
#unair,airlangga,The Champion JKC Cup Jawa Timur

Selengkapnya
Penuhi Syarat Golden Ticket, Camaba Bisa Masuk Unair Tanpa Tes
Penuhi Syarat Golden Ticket, Camaba Bisa Masuk Unair Tanpa Tes

03 Februari 2023
#unair

Selengkapnya
Drench Lazuardi Inovasi Pertama di Dunia Karya Guru Besar Unair
Drench Lazuardi Inovasi Pertama di Dunia Karya Guru Besar Unair

02 Februari 2023
#unair

Selengkapnya