Diskop-UKM Jatim Adakan Pelatihan Motivasi dalam Koperasi

  • 1788 view
  • Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Koperasi dan UKM Jatim menggelar pelatihan online tentang motivasi dalam koperasi, Rabu (8/2/2023). 

Di awal paparannya sebagai narasumber, Widyaiswara Ahli Pertama di Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Tiara Dinar Aulia mengatakan, “Selama ini banyak koperasi yang merasa berada di zona aman saja. Padahal jika semua punya motivasi, maka koperasi dan anggotanya bisa terus berkembang.”

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi Diskop-UKM Jatim, Tiara menekankan pentingnya memiliki pemimpin visioner dalam koperasi. Dalam pemberian motivasi, Ia merincikan terdapat empat elemen kompetensi. 

Pertama, menyiapkan tindakan motivasi. Tiara mengambil kiblat teori psikologi Maslow yang menyebutkan bahwa kebutuhan manusia mengandung unsur bertingkat. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan dari yang paling mendasar hingga terus naik ke yang lebih tinggi.

Kedua, menerapkan motivasi. Setelah mengetahui persiapan dalam memotivasi, kita bisa menerapkan motivasi yang ada.  Namun tingkat keberhasilan pemberian motivasi bisa berbeda-beda tergantung individunya. Oleh sebab itu, perlu juga untuk memahami berbagai karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, sampai karakteristik lingkungan/situasi kerja.

Ketiga, mengevaluasi penerapan motivasi. Evaluasi pemberian motivasi dapat dilaksanakan dengan menganalisis kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kegiatan memotivasi sumber daya manusia dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Dari hasil pemberian motivasi kemudian dapat direkomendasikan hal yang terkait dengan pemenuhan motif-motif individu dengan memperhatikan kepentingan KSP, sehingga bisa mendukung kinerja individu maupun organisasi.

Terakhir yaitu melaporkan hasil kegiatan pemberian motivasi. Hasil pelaporan ini bisa dilaporkan dengan menggunakan form laporan evaluasi atau form laporan hasil kegiatan berkala. Secara umum, pemberian motivasi dan laporan adalah tanggung jawab manajer. Oleh karena itu, setelah melakukan pengamatan, manajer bisa melaporkan kepada pengurus atau general manager dengan tidak lupa mencantumkan rekomendasi. (idc/n)



Berita Terkait
Diskop UKM Jatim Upayakan Perbaikan Tata Kelola Data
Diskop UKM Jatim Upayakan Perbaikan Tata Kelola Data

26 Oktober 2023
#Diskop UKM Jatim,tata kelola data koperasi

Selengkapnya
Pemprov Jatim Terus Optimalkan Program Kredit Sejahtera
Pemprov Jatim Terus Optimalkan Program Kredit Sejahtera

21 Oktober 2023
#Diskop UKM Jatim,Program Kredit Sejahtera,Prokesra

Selengkapnya
Diskop UKM Jatim Adakan Kompetisi OPOP Award 2023
Diskop UKM Jatim Adakan Kompetisi OPOP Award 2023

17 Oktober 2023
#Diskop UKM Jatim,Pesantren,OPOP

Selengkapnya
Jatim Tingkatkan Pengembangan Aplikasi Sapa Bansos
Jatim Tingkatkan Pengembangan Aplikasi Sapa Bansos

02 Oktober 2023
#Diskop UKM Jatim,Diskominfo Jatim,bappeda jatim,dinsos jatim

Selengkapnya
Diskop UKM Jatim Ajarkan Strategi Praktis Amankan Merek Bisnis
Diskop UKM Jatim Ajarkan Strategi Praktis Amankan Merek Bisnis

22 September 2023
#Diskop UKM Jatim,wirausaha,merek bisnis

Selengkapnya