Diskominfo Jatim Rancang Tim Tangkal Berita Hoax

  • 4027 view
  • DISKOMINFO,JATIM

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur (Diskominfo Jatim) merancang tim untuk mengantisipasi penyebaran berita tidak benar atau hoax.

Hal ini dikatakan Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono saat sesi dialog di Radio Suara Surabaya, Senin (20/12/2021).

Dikatakan Hudiyono, bersama Polda, Diskominfo melakukan komunikasi untuk meningkatkan kualitas ekosistem digital di Jatim. “Alhamdulilah pada pertemuan di Polda tadi semua stakeholder dan media hadir untuk membahas tentang berita hoax,” kata Kadis Kominfo Jatim.

Menurutnya, Diskominfo akan bekerjasama dengan sejumlah media untuk selanjutnya membentuk tim yang akan menangani berita-berita tidak benar/hoax yang dapat meresahkan masyarakat.

“Dengan tim ini nantinya jelas penangungjawab dan cara mengantisipasinya. Masyarakat jangan sampai dibingungkan dengan berita-berita tidak benar,” tuturnya.

Salah satu organisasi yang mendukung langkah Pemprov ini adalah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Humas Polrestabes Surabaya, Humas Polda Jatim, dan seluruh Diskominfo kabupaten/kota.

Sementara Ketua BPC Perhumas Surabaya, Suko Widodo, menambahkan, Jawa Timur akan memulai langkah ini dengan menggandeng Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Dewan Pers dan Perhumas untuk mendiskusikan bersama Polda Jatim.

“Jika nantinya Polda dibenturkan dengan Hox dan undang-undang ITE maka akan terjadi problem besar, akan terjadi pertempuran di antara kita, dan kita tidak tahu siapa yang salah, karea itu kami bersama Diskominfo Jatim, menginisasi untuk membangun dunia baru yang lebih etis untuk dunia konten digital,” ungkapnya. (hjr/s)



Berita Terkait
Rapat Kerja Pansus LKPj, Kominfo Jatim: Ada 15 Layanan Publik Gratis Secara Online Selama 2021
Rapat Kerja Pansus LKPj, Kominfo Jatim: Ada 15 Layanan Publik Gratis Secara Online Selama 2021

18 April 2022
#rapatkerja,diskominfo,jatim,layananpublik,LKPj

Selengkapnya
Mengenal Sistem Single Sign On
Mengenal Sistem Single Sign On

30 Desember 2021
#WAGUB,DISKOMINFO,JATIM,SSO

Selengkapnya