Diskominfo Jatim Kolaborasi Bahas Kerjasama Pemanfaatan Data

  • 1614 view
  • Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom -  Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) bersama beberapa Perangkat Daerah berkolaborasi untuk membahas Kerjasama Pemanfaatan Data Sektor Sosial dan Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Informatika (Aptika) Diskominfo Jatim, Achmad Fadhil Chusni di Ruang Argopuro lt. 2, hari ini, Rabu (3/5/2023). 

Achmad Fadhil Chusni mengatakan, untuk pengambilan keputusan strategis, pemerintah perlu didukung dengan data, dan ini telah menjadi perhatian Ibu Gubernur. Platform Open Government diharapkan bisa menfasilitasi integrasi data dari aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat daerah. Sebaiknya data yang diberikan adalah data real time. Beberapa data yang harus diintegrasikan adalah data sektor kesehatan dan data sektor sosial. 

“Untuk mengidentifikasi data sektor kesehatan dan sektor sosial yang merupakan kewenangan pemerintah pusat, dan bagaimana nanti kita mengambil datanya, mungkin bisa dilakukan dengan MoU atau Perjanjian Kerjasam (PKS). Kita akan berdiskusi bagaimana agar kita bisa mengakses data sektor kesehatan dan sektor sosial. Bagusnya kita satukan hal ini nanti di dalam Platform Open Goverment supaya nanti apa yang kita harapkan bisa tercapai. Dan Diskominfo Jatim sebagai Wali Data bisa memanfaatkan dan mengakses data tersebut,” jelas Fadlil. 

Muryanto, dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah mengatakan, untuk memperkaya Platform Open Government, dapat memanfaatkan data-data yang berada di Kementrian maupun Instansi Pusat lainnya. Seperti BKKBN, Lemhannas dll. Ada data yang dimiliki kementrian-kementrian yang tidak dimiliki perangkat daerah. Maka perlu dilakukan kerjasama dengan kementrian dan badan pusat.

“Lemhannas punya posisi akses ke lembaga – lembaga Kementerian untuk mendapatkan data – data. Sedangkan terkait Pemprov dulu kita juga punya pusat data dan diolah, namun data tersebut berhenti karena tidak bisa mengupdate. Dan dengan  kerjasama atau sinergitas kami Support Diskominfo sebagai Wali Data dari Pemprov Jatim  terhadap pelaksanaan pembangunan Satu Data (Sata) Prov Jatim. 

Dari hasil pembahasan yang diikuti oleh Bappeda, Dinas Sosial, BKKBN, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan  (DP3AK), RSUD Haji, serta RSUD Dr. Soedono Madiun dan RS Jiwa Menur, ada beberapa point penting yang disepakati. 

Dinas Sosial menyiapkan bahan kerja sama serta draf Nota Kesepakatan dengan Kementrian Sosial, Data penerima bantuan sosial yang bersumber dari APBD akan disiapkan oleh Dinas Sosial. Sedangkan Dinas Kesehatan akan mengidentifikasi aplikasi mana yang perlu diintegrasikan terutama aplikasi terkait Rumah Sakit dan Puskesmas di seluruh Jatim serta data stunting, kemudian data-data dari Rumah Sakit akan dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Kesehatan menyiapkan bahan kerja sama serta draf Nota Kesepakatan dengan Kementrian Kesehatan. 

Sementara perwakilan BKKBN Prov. Jatim akan memberikan data keluarga beresiko stunting dengan syarat Pemprov Jatim melalui walidata mengajukan surat permohonan pengajuan data dan menandatangani surat perjanjian penggunaan data dan BAST. Dan Bappeda menyediakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. (yan/n).



Berita Terkait
BKD Sosialisasikan Tata Cara Penetapan Predikat Kinerja ASN ke Diskominfo Jatim
BKD Sosialisasikan Tata Cara Penetapan Predikat Kinerja ASN ke Diskominfo Jatim

02 November 2023
#Diskominfo Jatim,ASN,BKD,BKD Jatim,Dinas Kominfo Jatim

Selengkapnya
Jatim Sinergi Lintas Sektor dalam Penanggulangan Bencana pada Kelompok Rentan
Jatim Sinergi Lintas Sektor dalam Penanggulangan Bencana pada Kelompok Rentan

02 November 2023
#Diskominfo Jatim,BPBD Jatim,Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial,GEDSI,penanggulangan bencana,siap siaga

Selengkapnya
Bersama Empat Kabupaten/Kota, Pemprov Jatim Raih Anugerah Media Humas 2023
Bersama Empat Kabupaten/Kota, Pemprov Jatim Raih Anugerah Media Humas 2023

31 Oktober 2023
#jatim,Diskominfo,Diskominfo Jatim,AMH2023

Selengkapnya
Rangkaian Monev 2023, Ketua KI Jawa Timur Kunjungi PPID Dinas Kominfo Jatim
Rangkaian Monev 2023, Ketua KI Jawa Timur Kunjungi PPID Dinas Kominfo Jatim

21 Oktober 2023
#Diskominfo Jatim,KI Jatim,PPID,Dinas Kominfo Jatim,Ketua Komisi Informasi Jawa Timur,Monev,badan publik

Selengkapnya
Era Digital Butuh Produksi Konten Kreatif
Era Digital Butuh Produksi Konten Kreatif

18 Oktober 2023
#Diskominfo Jatim,era digital,produksi konten,konten kreatif

Selengkapnya