Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial

  • 49190 view
  • dinsos jatim

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jatim akan menggelar kegiatan “Sapa Pilar-Pilar Kesejahteraan Sosial” di lima Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil).

Kepala Dinsos Jatim, Dra Restu Novi Widiani MM, mengatakan, acara tersebut merupakan ungkapan terima kasih Gubernur Khofifah kepada pilar-pilar sosial.

“Selama lima tahun ini ada capaian-capaian Dinsos Jatim yang sangat menggembirakan. Pertama, kontribusi Dinsos Jatim dalam penurunan kemiskinan. Kedua, penanganan bencana, kami sudah banyak terbantu dengan adanya Tagana. Ketiga, penjangkauan penanganan masalah sosial sehingga mereka tidak terlantar di jalan dan bisa memanusiakan manusia, hingga kini berapa ribu orang yang telah ditolong oleh TKSK. Untuk mengucapkan terima kasih kepada pilar-pilar sosial, ibu Gubernur akan menyapa mereka di lima titik Bakorwil,” jelasnya.

Dia menambahkan, event ini juga menjadi ajang untuk membahagiakan hati para pilar sosial, sekaligus ajang persembahan kreasi mereka dengan para penerima manfaat atau klien yang telah mereka bantu.

“Nanti pilar sosial juga akan mengeluarkan deklarasi bahwa mereka mendukung tagline ‘Jatim Terus Melaju.’ Masih banyak PR kami, seperti menurunkan stunting, menurunkan kemiskinan, dan menangani kebencanaan. Untuk itu, kami harus bersatu untuk menuntaskan permasalahan-permasalahan tersebut,” pungkasnya.

Direncanakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan November 2023 dengan dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, serta melibatkan pilar-pilar kesejahteraan sosial se-Jatim. Dalam event yang pertama kali dilaksanakan ini, Gubernur Khofifah akan memberikan apresiasi kepada pilar-pilar sosial. Yakni, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, Pelopor Perdamaian, dan Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos).

Guna mempersiapkan Sapa Pilar-Pilar Kesejahteraan Sosial dengan baik, Dinsos Jatim menggelar rapat dengan mengundang Kepala UPT/Balai di lingkungan Dinsos Jatim. Pertemuan yang berlangsung pada Jumat (27/10/2023) di Aula Gedung A Kantor Dinsos Jatim Jl. Gayung Kebonsari No. 56b Surabaya ini juga menghadirkan perwakilan dari event organizer Cita Entertainment.

Sekretaris Dinsos Jatim, Yusmanu SST, yang memimpin rapat memaparkan rencana kegiatan secara detail. Mulai dari tanggal, lokasi, jumlah peserta, serta hal-hal lain yang perlu dipersiapkan Kepala UPT/Balai.

Dari rancangan awal yang diungkapkan, titik pertama Sapa Pilar-Pilar Kesejahteraan Sosial akan dilaksanakan di Kantor Bakorwil Pamekasan, Minggu (12/11/2023), dengan diikuti pilar-pilar kesejahteraan sosial dari Bakorwil Pamekasan. Keesokan harinya, Senin (13/11/2023) siang, acara tersebut akan digelar di Alun-Alun Jombang untuk pilar sosial di wilayah Bakorwil Bojonegoro, lalu malam harinya bergeser ke titik ketiga, yaitu Alun-Alun Caruban Madiun dengan diikuti pilar sosial wilayah Bakorwil Madiun.

Kemudian, untuk pilar sosial di wilayah Bakorwil Jember akan mengikuti Sapa Pilar-Pilar Kesejahteraan Sosial di Padepokan Arum Sabil Jember pada Kamis (16/11/2023). Sementara untuk pilar sosial di daerah Bakorwil Malang akan menghadiri Sapa Pilar-Pilar Kesejahteraan Sosial di Graha Cakrawala Malang pada Minggu (19/11/2023).(her/s) 



Berita Terkait
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
HUT Pemprov Jatim, Dinsos Jatim Tambah Kuota Pendonor Darah
HUT Pemprov Jatim, Dinsos Jatim Tambah Kuota Pendonor Darah

21 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya