Dinkes Jatim Ingatkan Pemudik Jaga Kondisi

  • 25536 view
  • jatim,dinkesjatim

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim, Dr Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD., KPTI mengingatkan kepada para pemudik untuk menjaga kondisi serta menyiapkan segala sesuatu termasuk bekal untuk di perjalanan.

“Untuk warga yang akan mudik diharapkan untuk mempersiapkan diri termasuk di antaranya menghitung betul jarak kemampuan kita untuk mengendarai sepeda motor, meskipun sudah ada acuannya kalau bisa maksimal 2-3 jam berhenti istirahat,” tutur Dr Erwin, Rabu (27/4/2022).

Ia juga mengimbau agar para pemudik mulai merancang rute perjalananya, dengan mencari informasi urutan rute dan kondisi jalannya. “Cek dulu, apakah ada jalan yang bermasalah seperti macet dan sebagainya,” tambahnya.

Kadinkes juga berpesan agar menyiapkan obat-obatnya secukupnya serta obat yang mendasari, seperti diabetes, kolesterol, hipertensi dan lainnya. “Termasuk obat pusing, mual, muntah, dan masuk angin, jangan lupa juga menbawa nutrisi. Karena berkendara butuh konsentrasi diharapkan nutrisi menjadi bagian penting supaya fokus, jangan sampai buru-buru berangkat, perut kosong sehingga masuk angin di jalan,” ujarnya.

Sesuai dengan hasil rapat bersama dengan beberapa dinas yang bertanggung jawab terhadap arus mudik, Dinas Kesehatan provinsi dan kab/kota akan menyiapkan tim herbal dalam bentuk pijat di masing-masing pos pelayanan kesehatan. Dukungan hal diharapkan dapat membuat relaksasi. “Selain edukasi juga tukang pijat, sehingga diharapkan yang capek-capek bisa istirahat sambil menikmati pijatan dari tim kami,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk penyakit yang timbul pasca lebaran, paling sering terjadi adalah diare. Oleh karena itu Dr Erwin mengimbau agar masyarakat pandai menjaga makanan yang dikonsumsi terutama makanan selama mudik di perjalanan karena dimungkinkan kurang bersih. Ia menyarankan agar pemudik membawa bekal sendiri, kalau pun terpaksa harus beli, maka pilih yang bersih.

“Selama mudik hati-hati makanan karena semua makan tersedia sehingga jangan sampai membuat kita ingin makan seluruh makanan baik yang tidak bernutri atau bergizi, hati-hati yang punya penyakit karena sudah punya hipertensi, diabetes, maka tidak terkontrol, itu juga bisa bisa menjadi pemicu masuk rumah sakit, karena gula darahnya tinggi, tensinya tinggi, kolesterol tinggi, asam urat tinggi. Untuk itu pandailah menjaga makanan teruatama yang memiliki penyakit yang paling mendasar,” pungkasnya. (ern/s)



Berita Terkait
Dinkes Jatim Launching Aplikasi E-TIBI
Dinkes Jatim Launching Aplikasi E-TIBI

31 Mei 2022
#jatim,dinkesjatim

Selengkapnya