Di Harlah PCI Muslimat NU Hong Kong - Macao, Gubernur Khofifah Tekankan Kewaspadaan Penipuan dan Pemerasan pada PMI

  • 210330 view
  • Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,PMI Jatim

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menghadiri Harlah Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU Hong Kong-Macao ke-5 dan Pelantikan Pimpinan Anak Cabang Istimewa (PACI) Muslimat NU se-Hong Kong-Macao di Islamic Kasim Tuet Memorial Collage Hong Kong, Minggu (14/5) waktu setempat.

Kepada para pengurus anggota Muslimat NU yang hadir, Gubernur Khofifah berpesan agar selalu berhati-hati atas berbagai ancaman penipuan atau pemerasan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Gubernur Khofifah meminta agar mereka tidak mudah tergoda oleh pihak-pihak yang menawarkan sesuatu hal yang tidak wajar. Seperti meminjam uang dengan janji-janji tertentu.

“Beberapa waktu lalu ada kasus penipuan atau pemerasan yang dilakukan seseorang kepada para PMI kita baik di Hong Kong ataupun di Macao. Pelakunya sudah ditangkap. Kasus ini jadi pembelajaran bagi kita agar jangan mudah tergoda bujuk rayu yang menawarkan janji-janji manis,” katanya.

Untuk itu, Khofifah yang juga Ketua Umum  PP Muslimat NU ini mendoakan agar para PMI yang ada di Hong Kong senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran dan perlindungan dalam bekerja mencari nafkah untuk keluarganya.

“Kita semua berharap panjenengan semua diparingi kekuatan, diparingi ketahanan ekonomi, sosial, psikologis, dan keagamaan dalam menjalankan pekerjaan selama di Hong Kong ini. Mudah-mudahan Allah paringi kesejahteraan, keberkahan, kerahmatan dan kebahagiaan lahir batin untuk njenengan dan juga keluarga yang ada di tanah air,” katanya.

Gubernur Khofifah juga berpesan agar jaringan Muslimat NU terus dikuatkan baik di wilayah Hong Kong maupun Macao. Ini agar Muslimat NU terus memberikan peran dan kontribusi aktif dalam penguatan keagamaan, sosial  dan juga kemasyarakatan  bagi warga Indonesia yang ada di Hong Kong maupun Macao.

“Semoga Allah berikan keberkahan, keselamatan, rizki yang melimpah, dan kebahagiaan lahir batin bagi keluarga besar NU yang ada di seluruh penjuru dunia. Siapa disini yang berjuang di NU baik Fatayat, Muslimat, IPPNU, Pagar Nusa, maka ia akan diaku sebagai santrinya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari,” katanya.

“Seperti yang tertuang dalam QS. Az Zumar ayat 73, bahwa orang-orang yang bertakwa kepada Allah, diantar ke surganya Allah secara berombongan. Panjenengan mau ikut rombongannya siapa? Ketika Hadratussyaikh dan para pendiri NU lainnya masuk surganya Allah,  semoga kita semua masuk dalam rombongan beliau. Aamiin,” katanya.

Sementara itu, Konsul Muda Penerangan, Sosial, Budaya KJRI Hong Kong Yogi Aryani, mengatakan bahwa Konsul Jenderal RI di Hong Kong terus melakukan pembinaan dan perlindungan bagi WNI khususnya PMI yang ada di Hong Kong dan Macao.

Untuk itu, Konsul Jenderal RI di Hong Kong akan selalu memberikan dukungan kepada komunitas di Hong Kong dan Macao yang bersifat positif dan mendukung persatuan dan kesatuan

“Kami sekali lagi menyampaikan dukungan dari Konsul Jenderal RI di Hong Kong kepada PCI Muslimat NU di Hong Kong-Macao. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang datang ke Hong Kong dan Macao untuk bekerja di sektor domestik. Dan sebagian besar perempuan. Jadi kegiatan Muslimat NU ini sangat positif,” katanya.

Sebelumnya  Ketua PCI Muslimat NU Hongkong, Hj. Fatimah Angelia merasa sangat bahagia dan terharu karena bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu (mother’s day) pada 14 Mei ini, Gubernur Khofifah berkenan datang langsung ke Hong Kong untuk menghadiri Harlah PCI Muslimat NU Hong Kong-Macao ke-5 dan Pelantikan Pimpinan Anak Cabang Istinewa (PACI) Muslimat NU se-Hong Kong-Macao.

“Terimakasih sekali ibu berkenan hadir kesini. Kami sangat senang sekali. Semoga ibu selalu sehat,” katanya.

Sebagai informasi, susunan Pimpinan Anak Cabang Istimewa (PACI) Muslimat NU Hong Kong - Macao masa khidmat 2023-2026 ini diantaranya PACI MNU Tsuen Wan dengan Ketua: Rohmahtun Nikmah, PACI MNU Mei Foo dengan Ketua: Sulastri, PACI MNU Tsim Sha Tsui dengan Ketua: Sunaimah Wahyuning, PACI MNU Wan Chai dengan Ketua: Mariatul kiptiyah Almasykur, PACI MNU Causeway Bay dengan Ketua: Suyanti, PACI MNU Yuen Long dengan  Ketua: Siti Fatimah, PACI MNU Taipo dengan Ketua: Siti Fatekha, dan PACI MNU Macao dengan Ketua: Luzatul.

Turut hadir Konsul Muda Penerangan, Sosial, Budaya KJRI Hong Kong Yogi Ariani dan   Ketua PCI Muslimat NU Hong Kong Hj. Fatimah.(red)



Berita Terkait
Gubernur Khofifah Tawarkan Pelatihan Ekonomi Digital pada PMI Asal Jatim di Hong Kong
Gubernur Khofifah Tawarkan Pelatihan Ekonomi Digital pada PMI Asal Jatim di Hong Kong

15 Mei 2023
#Khofifah Indar Parawansa,Gubernur Jawa Timur,PMI Jatim

Selengkapnya