Bersama Gerkatin, Dinsos Jatim Gelar Mengaji Isyarat dan Kajian Islam Tuli

  • 5769 view
  • dinsos jatim

Jatim Newsroom-  Puluhan penyandang disabilitas tuli wicara bersama Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Jatim dan UPT Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara Dinsos Jatim. 

Kegiatan bersama itu tergabung dalam kegiatan Mengaji Isyarat dan Kajian Islam Tuli. Baik anak, remaja maupun dewasa yang menyandang disabilitas rungu dan wicara terlihat belajar mengaji bersama di Masjid Al Ikhwan Dinsos Jatim dan mengikuti kegiatan hingga buka bersama dan tarawih bersama, Selasa (11/4/2023). 

Kepala Dinsos Jatim, Alwi  mengapresiasi adanya metode mengaji untuk penyandang disabilitas rungu dan wicara.  "Untuk itu, kami di Dinsos Jatim memfasilitasi apa yang mereka perlukan, termasuk sebelumnya pada setiap bulan sekali rutin mereka juga mengadakan kegiatan ini di masjid ini,” kata Alwi. 

Ia melihat kehadiran mereka yang berkebutuhan khusus bisa berkemampuan mengaji tersebut merupakan hal yang luar biasa. "Artinya mereka yang disabilitas rungu selama sekitar lima bulan berlatih mengaji dan hasilnya seperti saat ini bisa mengaji lancar, maka ya luar biasa," katanya. 

Sedangkan Sekretaris Dinsos Jatim Sukardi beserta Plt Kabid Rehsos Dinsos Jatim, Yusmanu menyampaikan, pada Oktober 2022 lalu kali pertama kegiatan tuli mengaji ini dilaksanakan di Dinsos Jatim. Setelah lima bulan berlangsung, kini hasilnya sangat luar biasa, mereka (penyandang disabilitas tuli) ingin memperlihatkan kemampuannya pada Kepala Dinsos Jatim dengan mengaji bersama seperti saat ini. 

Di sisi lain, Yusmanu mengungkapkan bahwa tidak banyak keluarga yang memberikan kaidah-kaidah agama pada anaknya yang memiliki kebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas tuli. Sehingga, banyak dari penyandang disabilitas tuli kurang mendapatkan ilmu agama. "Untuk itu, adanya kegiatan tuli mengaji ini menambah ilmu dan kaidah agama bagi mereka. Apalagi Kementerian Agama telah mengeluarkan huruf hijaiyah untuk penyandang disabilitas tuli,” ungkapnya

Kebanyakan komunikasi antara orang tua dan anak yang menyandang kebutuhan khusus tersebut hanya berupa verbal saja. Padahal orang tua harus belajar bahasa yang digunakan anaknya yang berkebutuhan khusus tersebut. Adanya kegiatan tuli mengaji yang dimotori oleh Ketua Gerkatin Jatim, Maskurun atau akrab disapa Bu Yuyun akhirnya berhasil mengangkat metode mengaji bagi penyandang disabilitas tuli. Kegiatan tuli mengaji ini dilakukan di dua tempat, di Masjid Al Ikhwan Dinsos Jatim dan UPT Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara Pasuruan Dinsos Jatim.  

Sementara, Ketua Gerkatin Jatim, Maskurun menyampaikan, awalnya terbentuk tuli mengaji pada tahun 2021, tetapi ia sudah mulai di tahun 2019, tepatnya awal munculnya isu-isu covid itu. Di mana, beberapa sekolah saat itu mulai diliburkan.

"Nah, di situ saya mempunyai ide kalau melihat anak-anak tidak sekolah itu, saya kasihan. Akhirnya saya membuka bimbingan belajar khusus untuk teman-teman tuli. Dari situ berkembanglah saya juga punya ide kok hanya belajar saja, lalu ada tambahan tentang agama Islam dan akhirnya saya membuka  bimbingan mengaji isyarat sampai sekarang,” katanya. 

Sejak tahun 2023, kegiatan Tuli Mengaji mendapat dukungan dari Baznas Jatim. Ketua Baznas Jatim, Prof Ali Maschan Moesa menyampaikan, pihaknya sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada para disabilitas rungu wicara yang mau belajar mengaji, terkhusus kepada Maskurun dan para pengajar Alquran menggunakan bahasa isyarat. 

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kesalehan sosial. Karena Nabi diutus untuk mewujudkan rahmatan lil ‘alamin, untuk seluruh makhluk. Itu adalah kesalehan sosial. Di sinilah kelebihan Dinsos dalam konteks implementasi anggaran. Ada nilai akhirat yang sangat luar biasa,” ujarnya.(her/hjr)



Berita Terkait
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial
UPT RSBN Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pilar-Pilar Sosial

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno
Dinsos Jatim Beri Bantuan Penjaga Istana Gebang Bung Karno

02 November 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid
Hadirkan MUI, Dinsos Jatim Beri Pencerahan Pengelolaan Masjid

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku
Dinsos Jatim Gagas Inovasi Ladangku

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya
Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial
Dinsos Jatim Akan Gelar Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial

29 Oktober 2023
#dinsos jatim

Selengkapnya