Berikut Jawaban Gubernur Khofifah Atas PU Fraksi Terkait LKPj 2022

  • 8138 view
  • Khofifah Indar Parawansa,dprd jatim,gubernur khofifah

Jatim Newsroom – Usai pandangan umum fraksi – fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim. Berikut jawaban Gubernur Khofifah Indar Parawansa terkait pandangan umum Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) 2022 yang dibacakan di rapat paripurna DPRD Jatim, Jumaf (14/4/2023).

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Dewan, Pimpinan Fraksi, dan segenap Anggota Dewan Yang Terhormat. Secara khusus, ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Panitia Khusus (PANSUS) Pembahas LKPJ, yang menyatakan bahwa LKPJ Gubernur Jawa Timur Akhir Tahun Anggaran 2022 telah memenuhi kaidah yuridis formal sebagaimana diamanatkan  dalam peraturan perundangan, dan telah melanjutkan pembahasannya  sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”kata Gubernur Khofifah.

Menanggapi pertanyaan Yang Terhormat Fraksi PDI Perjuangan  terkait langkah-langkah strategik yang dilakukan untuk memastikan  keberlanjutan kinerja pertumbuhan ekonomi yang baik, dapat Eksekutif  sampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja ekonomi dengan mengoptimalkan sumber daya  yang tersedia, memperkuat sinergi lintas sektor dan mengembangkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi dan sumber daya manusia, melakukan peningkatan nilai tambah agro industri melalui optimalisasi  hilirisasi komoditas agrikultur dan hortikultur.

Pengembangan industri mikro  kecil dan menengah, yang menjadi salah satu sektor penopang dalam kondisi perlambatan ekonomi, kemudian penguatan daya saing manufaktur dan perdagangan melalui peningkatan kerjasama antar daerah, serta mendorong percepatan pertumbuhan industri pariwisata yang memiliki kemampuan tumbuh lebih cepat dengan didukung potensi kawasan strategis pariwisata Jawa Timur.

Selain itu juga, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pihaknya terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di Jatim. Menurutnya karakteristik kemiskinan di Jatim didominasi dengan kantong kemiskinan yang berada di perdesaan bukan di perkotaan.

"Perbedaan kantong kemiskinan ini menuntut strategi dan pendekatan tersendiri. Jika di perkotaan, mata pencaharian penduduk sebagian besar di sektor formal, jasa dan perdagangan sedangkan penduduk di perdesaan, mata pencaharian penduduk miskinnya sebagian besar adalah petani dan sebagian besar adalah buruh tani," ujar Khofifah menjawab pertanyaan sembilan fraksi di DPRD Jatim.

Khofifah menambahkan efektifitas program penanggulangan kemiskinan bisa dilihat dari capaian penurunan kemiskinan Jawa Timur. Pada tahun 2021 kemiskinan Jawa Timur sebesar 10,59 persen dan menjadi 10,49 persen pada tahun 2022.

"Penurunan kemiskinan pada tahun 2022 memang terhambat akibat adanya kebijakan kenaikan harga BBM yang berdampak pada kenaikan harga komoditi, baik makanan dan non makanan sehingga berdampak pada bertambahnya penduduk dengan pengeluaran di bawah garis kemiskinan. Jadi sejauh ini bisa dikatakan bahwa efektifitas program penanggulangan kemiskinan masih efektif dalam menurunkan angka kemiskinan di Jatim," katanya.

Meski demikian, lanjut Khofifah, memang perlu terus dilakukan perbaikan terkait pendasaran program serta waktu penyaluran dan besaran bantuan yang diberikan sehingga lebih efektif dalam menanggulangi kemiskinan di Jatim."Upaya pengentasan kemiskinan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa yang dilakukan telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kebangkitan ekonomi Jatim," pungkanya. (pca/hjr)



Berita Terkait
Sesuai Pidato Presiden Jokowi, Gubernur Khofifah: Jatim Siap Terapkan Hilirisasi Sektor Industri
Sesuai Pidato Presiden Jokowi, Gubernur Khofifah: Jatim Siap Terapkan Hilirisasi Sektor Industri

24 Agustus 2023
#Khofifah Indar Parawansa,dprd jatim,gubernur khofifah,gubernur jatim

Selengkapnya
Bacakan LKPj 2022 di DPRD. Gubernur Khofifah : Capaian Kinerja Pemprov Jatim 97.70 Persen
Bacakan LKPj 2022 di DPRD. Gubernur Khofifah : Capaian Kinerja Pemprov Jatim 97.70 Persen

03 April 2023
#Khofifah Indar Parawansa,dprd jatim,gubernur khofifah

Selengkapnya