Asisten I Sekda Prov Jatim Serahkan Hadiah Paritrana Award 2021 pada Bupati Jember

  • 479 view
  • SEKDA,JATIM

Jatim Newsroom - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Jatim, Benny Sampirwanto menyerahkan secara simbolis hadiah Paritrana Award Jawa Timur 2021 berupa satu unit sepedah motor kepada Bupati Kabupaten Jember.

Peyerahan hadiah dilangsungkan di Pendopo Kabupaten Jember, Senin (27/12/2021). "Penghargaan ini sangat prestisius sebagai tolok ukur keberhasilan daerah dalam menyelenggarakan program BPJS Ketenagakerjaan," ungkap Benny Sampirwanto.

Dikatakannya, penilaian dilakukan mulai Januari hingga Desember 2021, dari 38 kabupaten/kota diambil tiga terbaik kategori pemerintah kabupaten/ kota, Peringkat 1 Pemerintah Kabupaten Jember, Peringkat 2 Pemerintah Kota Probolinggo, dan Peringkat 3 Pemerintah Kota Mojokerto.

Kabupaten Jember nantinya akan diikutkan pada Paritrana Award tingkat nasional. "Semoga nantinya Jember bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional," katanya.

Sementara Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, penghargaan ini hanya symbol saja, karena sudah kewajiban Pemkab untuk memperhatikan kesejahteraan buruh dan petani agar mendapatkan jaminan sosialnya.  "Sesuai undang-undang Pemkab Jember memberikan jaminan kesejahteraan bagi masyarakat kurang mampu, ini yang dinilai oleh BPJS ketenagakerjaan sehigga kami juara dan siap maju ditingkat nasional," ucapnya.

Saat ini menurut bupati masih banyak pekerja di Jember yang belum tergabung BPJS ketenagakerjaan, diharapkan dengan dibukanya peluang investasi maka bisa meningkatkan pendapatan di sektor pajak.

"Kita akan tingkatkan peluang investasi nantinya akan meningkatkan pendapatan sektor pajak, dana itu nantinya bisa digunakan untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa gabung di BPJS Ketenagakerjaan," harapnya.

Deputi Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur, Arie Fianto Syofian menambahkan,
ini merupakan suatu apresiasi luar biasa bagaimana Kabupaten Jember telah menerjemahkan kategori-kategori yang ada di dalam penilaian Paritrana Award Jawa Timur 2021.

Data BPS menyebutkan di Jember ada sebanyak 845 ribu tenaga kerja dari jumlah itu,  baru 200 ribu yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

"Tentunya ini menjadi PR kita bersama dalam hal ini kami mohon dukungan kepada bapak bupati untuk memastikan bahwa tenaga kerja yang ada di wilayah Kabupaten Jember baik kategori penerima upah dan kategori bukan penerima upah termasuk di dalamnya jasa konstruksi itu akan menjadi peserta aktif BPJS

Lebih lanjut dikatakannya, ini menjadi PR  bersama dan BPJB mohon dukungan kepada Bapak Bupati untuk memastikan bahwa tenaga kerja yang ada di wilayah Kabupaten Jember baik kategori penerima upah kategori bukan penerima upah termasuk di dalamnya jasa konstruksi, akan menjadi peserta aktif BPJS, karena kepesertaan BPJS akan menjamin bahwa keluarga yang ditinggalkan jika terjadi musibah saat bekerja.

"BPJS akan menjamin bahwa keluarga yang ditinggalkan menerima dana santunan sehingga tidak munculnya potensi kemiskinan baru," ujarnya. (hjr)



Berita Terkait
Pj Sekdaprov Jatim : Penyelenggara Pemerintahan Harus Bersandar Landasan Hukum yang Absah
Pj Sekdaprov Jatim : Penyelenggara Pemerintahan Harus Bersandar Landasan Hukum yang Absah

23 Maret 2022
#sekda,jatim,setda,

Selengkapnya
Teken MoU Perpanjang Pinjam Eks Gedung APDN Kawi Malang, Plh. Sekdaprov Heru: Untuk Maksimalkan Peningkatan SDM Aparatur di Jatim
Teken MoU Perpanjang Pinjam Eks Gedung APDN Kawi Malang, Plh. Sekdaprov Heru: Untuk Maksimalkan Peningkatan SDM Aparatur di Jatim

30 Desember 2021
#SEKDA,JATIM

Selengkapnya