Ajak Delegasi EAROPH ke Jatim Fair, Wagub Emil: Mereka Kagum dengan Keunikan Motif Batik Jawa Timur

  • 2582 view
  • Wakil Gubernur Jawa Timur,Emil Elestianto Dardak,EAROPH

Jatim Newsroom – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang juga Presiden Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH)  berkesempatan mengajak Mantan Presiden EAROPH Yolanda Reyes serta delegasi dari beberapa negara Asia melihat pameran kerajinan tangan UMKM Provinsi Jatim dalam gelaran Jatim Fair di Grand City Mall, pada Jumat, (7/10/2022) malam.

Saat melihat dan mengunjungi beberapa stand yang tersedia, Wagub Emil mengatakan beberapa delegasi termasuk Presiden EAROPH kagum dengan motif batik asal Jawa Timur.  "Mereka kagum dengan motif batik Jatim. Bahkan nantinya mereka akan memperkenalkan batik-batik ke masing-masing negaranya," ujarnya.

Bangga batik Jatim dipuji oleh beberapa negara, Emil optimis kegiatan Jatim Fair semakin menumbuhkan perekonomian masyarakat, utamanya pasca pandemi Covid-19.  "Ini kesempatan untuk mereka bisa melihat berbagai produk-produk dan potensi-potensi ekonomi yang ada di Jawa Timur," ungkapnya.

Lebih lanjut, Wagub Emil mengucapkan terima rumah kasih kepada seluruh delegasi EAROPH dari berbagai negara yang sudah berkunjung ke Surabaya. Selain itu, secara khusus dirinya juga mengapresiasi kinerja para Liaison officer (LO) yang mendampingi para delegasi dengan baik.

"Saya berterima kasih kepada seluruh delegasi dari beberapa negara, terutama para LO yang dilakukan anak-anak muda. Para LO tadi juga membantu menawarkan produk yang dijual pelaku UMKM dan beberapa tamu membeli dengan uang dollar," ucapnya.

Sementara itu, Mantan Presiden EAROPH Yolanda Reyes memuji gelaran Jatim Fair di Surabaya. Menurutnya, acara tersebut sangat memukau karena ajang ini bisa mempromosikan produk khas Jatim dan membuatnya dikenali. "Utamanya untuk orang-orang seperti kami yang hadir dari bermacam belahan dunia baik Asia, Australia, dan lainnya," katanya.

Dari sekian banyak produk yang ditampilkan,  Yolanda kagum dengan motif batik yang dinilai banyak sekali kemiripan dengan Filipina. "Saya mencoba mencari perbedaan dari karya-karya yang ada di sini dengan kerajinan dari Filipina, karena Filipina dan Indonesia ini punya banyak kemiripan. Mulai dari bahan dan yang digunakan bahkan bentuk kerajinannya," ujarnya.

Tapi, lanjut Yolanda, yang paling istimewa dan tidak bisa ditemukan di Filipina adalah desainnya. “Saya lihat banyak desain pakaiannya sangat memukau. Kami juga punya Batik di Filipina, tapi desain batik Indonesia ini semuanya sangat khas," ungkapnya.

Atas terselenggaranya kegiatan Jatim Fair, Yolanda yang merupakan warga negara Filipina mengucapkan selamat dan pameran yang terselenggara mulai 7-13 Oktober 2022 bisa dipromosikan ke negaranya maupun negara-negara Asia dan Australia. "Saya ingin memberikan selamat pada Provinsi Jawa Timur yang berinisiatif menyelenggarakan acara ini. Saya harap akan ada lebih banyak lagi pameran seperti ini di Jatim," ucapnya.

Adapun kedatangan beberapa delegasi dari beberapa negara Asia dan Australia itu untuk mengunjungi Kota Surabaya yang ditunjuk menjadi tuan rumah EAROPH pada 5-7 Oktober 2022. Salah satu rangkaian agenda itu adalah diskusi ASEAN Mayor Forum yang akan menghadirkan para kepala daerah dari negara-negara ASEAN di Asia Tenggara. Selain itu, kongres tersebut juga menghadirkan berbagai pakar dan praktisi bidang perencanaan dan permukiman dari negara-negara Asia dan Australia.
(non)



Berita Terkait
Di Hadapan Delegasi EAROPH 2022, Wagub Emil Dardak Pamerkan Progress JIIPE Gresik
Di Hadapan Delegasi EAROPH 2022, Wagub Emil Dardak Pamerkan Progress JIIPE Gresik

10 Oktober 2022
#Wakil Gubernur Jawa Timur,Emil Elestianto Dardak,EAROPH,JIIPE

Selengkapnya
Tutup EAROPH 2022, Wagub Emil Rangkum Diskusi Terkait Mitigasi Bencana dan Pembangunan Berkelanjutan
Tutup EAROPH 2022, Wagub Emil Rangkum Diskusi Terkait Mitigasi Bencana dan Pembangunan Berkelanjutan

10 Oktober 2022
#Wakil Gubernur Jawa Timur,Emil Elestianto Dardak,EAROPH

Selengkapnya
Wagub Emil Dardak, Resmi Dilantik Jadi Presiden EAROPH Periode 2022-2024
Wagub Emil Dardak, Resmi Dilantik Jadi Presiden EAROPH Periode 2022-2024

10 Oktober 2022
#Wakil Gubernur Jawa Timur,Emil Elestianto Dardak,EAROPH

Selengkapnya