UMKM

Tutul, Desa Pengrajin Tasbih dan Acsesories
Tutul, Desa Pengrajin Tasbih dan Acsesories

Jika berkunjung ke kabupaten Jember. Tak ada salahnya mampir ke Desa Tutul Kecamatan Balung. Desa ini hampir seluruh warganya berprofesi sebagai pengrajin acsesories berbahan kayu dan batu. Karenanya desa ini telah menjadi Desa percontohan berkat keahlian warganya membuat kerajinan hingga mampu meningkatkan ekonomi mereka.

Perajin Kayu Bojonegoro Manfaatkan TI
Perajin Kayu Bojonegoro Manfaatkan TI

Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Bojonegoro dikenal dengan produk kerajinan kayunya. Pemasaran produk berkualitas tinggi ini kian meluas sejak dipasarkan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Kelapa Kopyor Sumenep Bersaing
Kelapa Kopyor Sumenep Bersaing

Kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur Pulau Madura merupakan wilayah yang unik karena terdiri dari wilayah daratan dengan pulau yang tersebar. Kabupaten yang dikenal dengan Pantai Lombangnya ini juga mempunyai keunggulan hasil perkebunan berupa Kelapa Kopyor.

Kampung Sepatu Mojokerto,  Desainnya Berkelas Juara
Kampung Sepatu Mojokerto, Desainnya Berkelas Juara

Kota Mojokerto dikenal sebagai salah satu produsen sepatudi Jawa  Timur. Walaupun produk sepatu diproduksi oleh UMKM sekelas industri rumahan (home industry), namun secara kualitas diakui hingga tingkat Asia.

Dupa Malang Memasok Bali
Dupa Malang Memasok Bali

Mungkin beum banyak yang tahu di Kabupaten Malangterdapat belasan industri rumah tangga yang memproduksi dupa. Industri ini tepatnya berada di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir. Yang menarik, industriini mempunyai omzet penjualanRp 300 juta per bulan. Padahal masih dikelola secara tradisional dengan peralatan manual.

Kerajinan Tangan Madiun Pasarkan Lewat Internet
Kerajinan Tangan Madiun Pasarkan Lewat Internet

Bisnis kerajinan tangan memiliki prospek kian bagus seiring dengan kreativitas pelakunya memanfaatkan dunia maya untuk memperluas jangkauan pasar. Beberapa orang yang sudah lama menekuni bisnis ini mengatakan bahwa hasil kerajinannya berkembang cukup pesat dari hari ke hari.

First Previous
Web Statistic