Bude Karwo Promosikan Produk Kerajinan Jatim

29 October 2017 | UMKM
Bude Karwo Promosikan Produk Kerajinan Jatim

Jatim Newsroom - Ketua Umum Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Nina Soekarwo, mempromosikan dan memamerkan produk produk kerajinan Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah/IKM-UKM Jatim kepada Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla.  

Promosi dilakukan pada saat Bude Karwo sapaan akrabnya saat mendampingi Mufidah Jusuf Kalla, melakukan kunjungan keja ke Showroom Deskranasda Prov. Jatim, Jl. Kedungdoro No 86-90 Surabaya, Minggu (29/10).  

Dengan cekatan, Bude Karwo menunjukkan satu persatu produk-produk unggulan dari Deskranasda Jatim. "Ini bagus ibu, punya perajin Jatim. Harganya murah dan biasanya dipakai di restoran restoran ataupun hotel hotel besar," ujarnya menjelaskan alas pincuk bebentuk piring yang terbuat dari rotan.  

Kepada Mufidah Jusu Kalla, Bude Karwo menjelaskan, bahwa Deskranasda Provinsi Jawa Timur memiliki showroom yang merupakan tempat promosi bagi UKM dan IKM di 38 kabupaten/kota yang ada di Jatim. Jumlah anggota UKM anggota showroom Deskranasda Jatim terus bertambah.  

“Tercatat jumlah anggota UKM Showroom sebanyak 800 UKM dengan 16.451 jenis kerajinan yang di pasarkan,"ujarnya menyampaikan penjelasan kepada Ketua Mufidah Jusuf Kalla.  

Menurutnya, terdapat 9 jenis komoditi yang ada di Showroom Deskranasda Jatim. Komoditi tersebut antara lain handicraft, batik, garmen, kulit, bordir, perhiasan, mamin, furniture hingga aroma therapy.  

Beri Apresiasi Produk Jatim  

Dalam kunjungannya, Ibu Mufidah memberi apresiasi perajin dari Jatim yang memiliki produk dan kualitas baik. Terbukti, beberapa produk dibelinya dengan harga murah dan berkualitas baik. Bahkan, ia memborong sejumlah produk kerajinan seperti handicraft, batik, garmen, kerajinan kayu, kerajinan kulit dan perhiasan.  

Pihaknya, juga tertarik dengan produk kerajinan ukir ukiran seperti kapal Kerajaan Majapahit yang dimasukkan ke dalam dari botol. "Ini perlu keahlian dan ketelatenan khusus dalam mengerjakan produk ini. Salut buat perajin Jatim dibawah arahan ibu Gubernur," ungkapnya sambil memuji Bude Karwo yang berada disampingnya.  

Langkah Ketua Deskranas pusat tersebut terhenti di salah satu etalase perhiasan dari Mojokerto dan produk bordir dari UMKM Pasuruan dan Probolinggo. Disini terlihat istri Wapres tersebut memegang salah satu produk tas bordir, dan kerajinan kulit.  

Pada saat melihat produk bordir, Mufidah Jusuf Kalla tertarik dan memegangnya, tas bordir kecil bewarna hijau dan sarung bantal bermotif bunga bewarna putih. Tak hanya itu, ia juga membeli mukena bewarna ungu.  

Menurut Mufidah, salah satu produk dari Deskranasda Jatim ini akan akan dipajang dan displaykan di Deskranas sehingga bisa mencontoh cara membuat motif maupun cara membordir secara halus dan lembut.  

Di gerai batik dan tenun, rombongan Ibu Wapres juga memborong beberapa batik khas dari daerah diantaranya Pacitan yang memiliki corak burung merak. Tulungagung Motif Parang warna pink, Batik Probolinggo bermotif coto'an serta Batik dari Sampang bermotif Sekar Jagat.(red)

Web Statistic