Mantapkan Fungsi, PPID Jatim Gelar FGD

30 March 2017 | PPID
Mantapkan Fungsi, PPID Jatim Gelar FGD

Jatim Newsroom - Sebanyak 48 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengikuti Forum Group Discussion (FGD) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang digelar Diskominfo  Jatim, Kamis (9/3). Pertemuan ini membahas seputar pemantapan tugas dan fungsi PPID.
    Sesuai dengan ketentuan, tugas PPID bisa ditelusuri dari Peraturan Pemerintah (PP) No. 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU KIP. PPID bertugas dan bertanggung jawab dalam banyak hal mulai dari mengelola semua informasi dari semua satuan kerja di Badan Publik, hingga mengatur cara pelayanan informasi yang baik, cepat, sederhana, dan benar.
    Ketua PPID Provinsi Jatim, Eddy Santoso, mengatakan, jika ada permohonan informasi pun PPID yang menjadi garda terdepan menanganinya agar tak menimbulkan sengketa informasi publik.
     Dikatakannya, tugas PPID berkaitan pula dengan tanggung jawab yuridis. "Tengoklah pasal 14 PP No 61 Tahun 2010. Di sana PPID bertanggung jawab menetapkan klasifikasi informasi: rahasia atau tidak. Juga melakukan uji konsekuensi sebelum menetapkan status suatu informasi yang diminta," ujarnya.    
    Jika salah menetapkan, kata Eddy, PPID akan terjepit dalam kepentingan melindungi atasan dengan kepentingan melayani hak masyarakat atas informasi.
    Dia menambahakan, PPID perannya harus lebih proaktif seiring dengan perkembangan zaman , juga harus terus meningkatkan pelanyanannya kepada masyarakat dalam memberikan informasi. "Karena pemohon informasi itu dari segala lapisan," kata Eddy.(shi)

Web Statistic