Jatim Provinsi Terbaik Kedua Penghargaan KIP

17 December 2015 | PPID
Jatim Provinsi Terbaik Kedua Penghargaan KIP

Jatim Newsroom .
Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2015 kategori Provinsi terbaik kedua tingkat nasional. Penghargaan diberikan langsung olehPresiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, Selasa (15/12).
Penghargaan Badan Publik tingkat provinsi terbaik pertama diraih oleh Provinsi DI Aceh, dan terbaik ketiga diraih oleh Provinsi Kalimantan Timur.
Saat penyerahan penghargaan, Presiden Jokowi, mengatakan Indonesia saat ini berada di era dimana pola komunikasi antara pemerintah dan rakyat berubah. Rakyat menginginkan transparansi, keterbukaaninformasi, yang interaktif, dialogis dan pemerintah yang responsif.
"Karena itu pemerintah di semua tingkat, pusat dan daerah, institusi, universitas, semua badan publikkementerian dan yang lainnya harus segera berubah ke arah pemerintah yang lebih terbuka dan good goverment," ujar Presiden Jokowi seperti dilansir dari humas sekretarian Kabinet.
Dikatakan Presiden, hanya dengan good goverment rakyat bisa didorong agar mau terlibat dalampembangunan. Hanya dengan mengadopsi pemerintahan yang terbuka maka akan terbangun legitimasidan kepercayaan publik. Caranya, kata Presiden, harus ada perubahan karakter, cara pandang danreformasi pola kerja agar semua bisa tercapai.
    Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengumumkan instansi pemerintah yang telah Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2015, yaitu:
 
a. Kategori badan publik kementerian:
1. Kementerian Keuangan; 
2. Kementerian PUPR; dan
3.Kementerian Perindustrian. 
 
b. Kategori badan publik lembaga negara: 
1. Arsip Nasional RI;
2. BadanKependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN);  dan
3. Lembaga Antariksa dan PenerbanganNasional (LAPAN) 
 
c. Kategori Badan publik non struktural: 
1.  Pusat Pelaporan dan Analisis TransaksiKeuangan (PPATK);
2. Komisi Pemilihan Umum (KPU); dan
3. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
d. Kategori badan publik BUMN: 
1. PT Taspen; 
2. PT Bio Farma, dan
3. PT PLN. 
 
e. Kategori pemerintahan provinsi: 
1. DI Aceh; 
2. Jawa Timur; dan
3.  Kalimantan Timur. 
 
f. Kategori Universitas: 
1.  UniversitasBrawijaya;
 2. Universitas Gadjah Mada; dan
3. Universitas Padjajaran.(sti)

Web Statistic