Tiket KA Eksekutif Dan Bisnis Libur Natal Masih Tersedia

04 December 2015 | Berita & Pengumuman

Jatim Newsroom - Pemesanan tiket Kereta Api (KA) eksekutif dan bisnis di Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya ke segala jurusan untuk untuk libur Natal dan tahun baru 2016 masih tersedia tetapi terbatas. Sementara untuk beberapa KA kelas ekonomi jarak jauh ke segala jurusan sudah habis terjual hingga H+4 tahun baru.

Humas PT Kereta Api Daerah Oprasi (Daop) 8 Surabaya Lukman di kantornya, Jumat (4/12) mengatakan, bagi masyarakat yang ingin liburan menggunakan moda transportasi KA secepatnya memanfaatkan sisa tiket KA eksekutif dan bisnis tersebut

Tiket kelas KA eksekutif dan bisnis untuk liburan Natal yang diperkirakan jatuh pada Kamis (25/12) sebenarnya sudah bisa dipesan sejak 90 hari sebelum pemberangkatan.  Untuk KA ekonomi komersial jarak jauh yang sudah habis tiketnya mulai 20 Desember 2015 sampai dengan 4 Januari 2916 adalah; KA ekonomi Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasa Senen, KA ekonomi Komersial Pasundan relasi Surabaya GubengKiaracondong Bandung,  KA ekonomi kormesial Gaya Baru Malam relasi Surabaya Gubeng- Jakarta Pasar Senen.

Menurut Lukman,  PT KAI menetapkan masa angkutan Natal 2015 dan tahun baru 2016 selama 17 hari, yakni mulai 20 Desember 2015 sampai dengan. 5 Januari 2016. pada masa angkutan Natal dan tahun baru 2016 diprediksi jumlah penumpang akan meningkat khususnya pada hari-hari tertentu seperti pada 24 Desember 2015 libur Maulid Nabi Muhammad SAW ditambah libur Natal dilanjut libur Sabtu dan Minggu.

Pada puncak angkutan Natal dan tahun baru PT KAI akan menggunakan tarif batas atas. Rata-rata KA eksekutif dan bisnis pada Sabtu, Minggu dan hari-hari libur nasional seperti Lebaran, Natal dan tahun Baru menggunakan tarif batas atas tetapi tidak seperti pada masa angkutan Lebaran.

Sedangkan untuk KA kelas ekonomi lokal tidak ada kenaikan, seperti KA Penataran jurusan Surabaya-Blitar lewat Malang. KA Penataran ini tarifnya tetap Rp 5.500 per orang. Sementara untuk KA Komuter jurusan Surabaya – Sidoarjo berakhir di Stasiun Porong tarifnya tetap Rp 4.000 per orang. Untuk KA ekonomi ini tiket bisa dipesan di stasiun-stasiun yang dilewati sebelum jam pemberangkatan.

Kepada para calon penumpang, diimbau untuk membeli tiket KA jauh hari sebelum keberangkatan di tempat penjualan resmi yang telah ditentukan. Sangat tidak dianjurkan untuk membeli tiket lewat calo karena ketidaksesuaian nama di tiket dengan nama pada kartu identitas penumpang akan ditolak masuk stasiun/rangkaian KA.

Kepada para penumpang yang merokok, di area stasiun telah disediakan area khusus untuk merokok. Dilarang merokok di luar area tersebut dan juga di atas KA selama perjalanan. Jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal baik di stasiun maupun di atas KA.

Tips untuk bepergian dengan KA adalah; jangan membawa barang yang berlebihan atau memakai perhiasan mencolok.Tetap waspada, walaupun sudah ada petugas yang berjaga di stasiun maupun di atas KA, karena kejahatan selalu ada. Bagi pengguna jalan raya agar berhati-hati pada saat melewati pintu perlintasan KA, berhentilah sejenak, tengok kanan-kiri dan pastikan tidak ada KA yang melintas berarti aman untuk melintas.(ryo)

 

JIPP JATIM
GPR
LPSE
TRANSPARANSI
BPS Jatim
Web Statistic